Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap Dengan Gambar

Jenis ciblek kali ini menjadi pembahasan yang cukup menarikdanunik, mengingat banyaknya teman bersahabat kicaumania yang mungkin masih awam seputar burung ciblek, terutama terkena ragam ciblek yang terkenal di Indonesia.

 kali ini menjadi pembahasan yang cukup menarikdanunik Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap dengan Gambar

Burung Ciblek atau Burung Prenjak mempunyai beberapa jenis, dan beberapa orang mengkategorikannya menurut habitat atau menurut ciri-cirinya. Burung ini mempunyai bunyi yang unik dan cenderung monoton sehingga banyak dijadikan sebagai master (simak: suara ciblek). Sedangkan apabila dilatih dan dirawat, burung jenis ini juga sanggup menghasilkan berguaka bunyi yang terdengar cukup nyaring, bervariasi, monoton, dan jernih (ngebren).

Perawatan dan penangkaran ciblek banyak yang menganggapnya gampang, alasannya yakni burung ini pakannya praktis didapatkan dan tidak praktis stres. Namun yang menjadi susah kalau dijumpai banyak sekali macam masalah, misalnya: ciblek terjangkit penyakit bubul, katarak, kaki bengkak, dan lain sebagainya (baca juga: ternak ciblek).

Habitat burung ini cukup bervariasi mulai dari hutan, terkadang juga hidup di kebun atau di sawah. Makanan utamanya yakni serangga dan binatang-binatang kecil. Burung ini mempunyai kebiasaan membuat masukang di daerah yang tidak terlalu tinggi dan tidak lebih dari dua meter dari atas tanah. Sarangnya berbentuk bundar terbuat dari rumput-rumput kering.

Ada beberapa nama yang didiberikan untuk burung kecil ini diantaranya adalah,
  1. Ciblek Sawah
  2. Ciblek Gunung
  3. Ciblek Putih
  4. Ciblek Pari
  5. Ciblek Tambak
  6. Ciblek Kebun
  7. Ciblek Kristal
  8. Ciblek Semi
Namun secara khusus, Burung Ciblek dikategorikan menjadi dua atau tiga kelompok saja Misalnya,
  1. Ciblek Gunung
  2. Ciblek Sawah
  3. Ciblek Tambak
Masing-masing kategori burung tersebut mempunyai beberapa ciri-ciri umum yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, diberikut yakni beberapa perbedaannya.

Ciri Ciblek Gunung
 kali ini menjadi pembahasan yang cukup menarikdanunik Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap dengan Gambar
  1. Perawakannya kecil, tampak lincah dan mempunyai semangat bertarung yang tinggi. Tipe burung ini sangat liar dan mempunyai mental yang tangguh sehingga cocok dijadikan sebagai burung lomba.
  2. Warna bulu burung ini cenderung kecoklatan dengan warna hitam di bab ujung buntut dan mempunyai paruh dengan warna yang juga hitam.
  3. Bulu Ciblek Gunung tampak mengkilat dan membersihkan.

Ciri Ciblek Sawah
 kali ini menjadi pembahasan yang cukup menarikdanunik Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap dengan Gambar
  1. Sedikit tidak sama dengan Ciblek Gunung, burung ini mempunyai ciri-ciri paling kentara terlihat pada buntutnya yang sangat panjang, bahkan terkadang lebih panjang dari ukuran tubuhnya.
  2. Warna bulunya tidak terlalu mengkilat dan di bab dada terdapat warna putih.
  3. Ciblek Sawah cenderung dijadikan sebagai burung master dan bukan untuk di master. Selain itu, untuk lebih praktis mengenali burung ini, biasanya dilihat dari warna paruhnya yang cenderung lebih terang dibandingkan dengan ciblek lainnya.

Ciri Ciblek Tambak
 kali ini menjadi pembahasan yang cukup menarikdanunik Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap dengan Gambar
  1. Ciblek tambak mempunyai warna paling petang diantara Ciblek-ciblek yang lain, namun juga mempunyai warna putih yang cukup terang dipadukan dengan warna kuning.
  2. Ciri utama dari Ciblek Tambak yakni paruhnya yang hitam pekat
  3. Memiliki buntut hitam berujung putih, serta 
  4. Dibagian bawah paruh dan dada berwarna putih, kemudian 
  5. Pada bab perut berwarna kuning.

Demikian share untuk hari ini terkena jenis ciblek, dan dalam merawat ciblek, perhatikan juga sangkarnya, silahkan baca artikel tentang sangkar ciblek.

Post a Comment for "Berbagai Macam Jenis Burung Ciblek Lengkap Dengan Gambar"