Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Burung Cipoh Jantan Dan Betina

Membedakan cipoh jantan dan betina memang tidak gampang. Dibutuhkan sedikit kejelian dan pengalaman serta pengetahuan seputar tips membedakan kelabuin burung untuk sanggup memilih secara sempurna mana yang jantan dan betina. Walau demikian, dengan latihan serta melihat eksklusif gambar Burung Cipoh akan membuat anda terbiasa dan sanggup membedakannya pada dikala melihat burung tersebut, contohnya di sangkar ombyokan.

Membedakan cipoh jantan dan betina memang tidak simpel Teknik Membedakan Burung Cipoh Jantan dan Betina

Namun sebelum itu, anda perlu tahu juga bahwa terdapat beberapa jenis Burung Cipoh. Setidaknya dikenal 4 jenis Burung Cipoh yang ada. Dan, dua di antaranya berada di Indonesia. Yang ada di Indonesia diantaranya adalah, Cipoh Jantung dan Cipoh Kacat. Kedua burung ini mempunyai sedikit perbedaan dalam hal warna dan ukuran. Burung Cipoh kacat populer lebih besar dibandingkan dengan Burung Cipoh jantung yang 1 cm lebih pendek. Kedua jenis burung tersebut banyak ditemukan terutama di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali.

Ciri cipoh jantan dan betina
Jika melihat warna Burung Cipoh Jantung, biasanya lebih petang dibandingkan dengan Burung Cipoh Kacat. Dan diberikut yaitu ciri-ciri burung jantan dan betina.

- Burung jantan biasanya mempunyai buntut yang lebih panjang dibandingkan dengan burung betina.
- Untuk menarikdanunik perhatian pasangannya, biasanya burung jantan juga dibekali dengan bunyi yang lebih nyaring dan tegas. Selain itu, suaranya terkadang juga lebih bervariasi dan lebih gacor dibandingkan dengan versi betina remaja (simak: suara cipoh).
- Baik Cipoh Jantung maupun Cipoh Kacat, kedua jenis burung tersebut mempunyai warna bulu yang lebih tegas dan lebih petang pada penajantan dibandingkan dengan burung betinanya.
- Sebaliknya, untuk mengetahui mengenali Burung Cipoh betina, kita spesialuntuk sanggup melihat dari ciri-ciri fisiknya seperti, warna bulunya yang lebih pudar dibandingkan dengan burung jantan, mempunyai ukuran dada yang lebih kecil, begitu juga dengan buntutnya yang lebih pendek dan tubuh secara keseluruhan lebih mungil.
- Teknik lain untuk membedakannya yaitu dengan melihat lidahnya pada dikala berkicau. Pada dikala burung tersebut membuka mulut, apabila warnanya lebih petang atau kehitam-hitaman, maka sanggup dipastikan bahwa itu yaitu Cipo Jantan (dewasa).

Demikianlah sedikit ulasan seputar tips dan cara membedakan cipoh jantan dan betina, agar sanggup bermanfaa buat sobat erat kicau mania.

Post a Comment for "Cara Membedakan Burung Cipoh Jantan Dan Betina"