Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Burung Parkit Harian Lengkap

Burung Parkit ialah burung berukuran sedang yang termasuk ke dalam burung kicau, contohnya menyerupai Burung Nuri dan Burung Lovebird. Burung ini menyukai masakan berupa biji-bijian. Baik itu beras merah, jagung muda, sayuran menyerupai kol, brokoli, wortel dan buah-buahan menyerupai pisang, pepaya dan lain-lain. Namun perlu anda ketahui bahwa dihentikan mempersembahkan Burung Parkit buah coklat dan buah alpukat dan terong, lantaran bersifat racun bagi burung tersebut.

Burung Parkit ialah burung berukuran sedang yang termasuk ke dalam burung kicau Teknik Merawat Burung Parkit Harian Lengkap

Burung yang termasuk ke dalam keluarga melopsittacus undulatus ini mempunyai berguaka ragam bulu dan jenis. Terlebih lantaran adanya kawin silang yang selama ini sering dilakukan oleh para peternak. Diantara beberapa Burung Parkit yang populer adalah, Burung Parkit lokal, Burung Parkit Australia, dan juga Burung Parkit Holland dari belanda, Burung Parkit Albino, dll (baca: jenis parkit).

Teknik cepatdangampang Merawat Parkit

A. Pemilihan Burung yang Baik
Kita akan memulai dari menentukan burung yang baik, yaitu, dengan memperhatikan beberapa hal diberikut ini, diantaranya adalah: Pilihlah burung yang kuat, terlihat sehat dan tidak cacat. Pastikan juga apakah burung tersebut lincah atau tidak. Kemudian, burung sebaiknya dipilih yang jinak dan mempunyai nafsu makan yang bagus (baca: cara menjinakkan parkit).

B. Sangkar atau Kandang yang Ideal
Sangkar yang ideal untuk Burung Parkit berukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 60 cm.
Sangkar atau sangkar sanggup terbuat dari jeruji maupun dari kawat. Dan pastikan sangkar di kepingan bawah praktis untuk dimembersihkankan. Di dalam sangkar anda harus menempatkan beberapa hal diantaranya adalah: daerah untuk nangkring, minuman dan daerah makan, serta mainan.

Beberapa jenis sangkar yang terbuat dari logam menyerupai kuningan dan seng biasanya bersifat racun untuk burung tersebut. Dan usahakan untuk menentukan sangkar yang tidak berkarat atau terkelupas catnya (baca: kandang parkit).

Usahakan jeruji atau kawat tidak terlalu renggang sehingga sanggup mengakibatkan kepala burung terjepit diantara celah-celah jeruji tersebut.

C. Letakkan Kandang di Tempat yang Aman
Pastikan anda menempatkan sangkar atau sangkar di daerah yang aman, jauh dari pemangsa dan jauh dari hewan-hewan yang sanggup mengakibatkan burung tersebut kaget. Beberapa binatang yang harus dihindari diantaranya ialah tikus, anjing, atau binatang peliharaan lainnya menyerupai kucing dan lain-lain.

D. Perawatan Kandang
Merawat sangkar harus dilakukan setiap hari mulai dari mengganti air secara rutin dan memmembersihkankan alas. Pemdiberian ganjal sangkar sebaiknya memakai kain handuk yang sanggup menyerap air atau kertas biasa. Hindari penerapan koran atau kertas kertas yang sudah dicetak memakai tinta lantaran sanggup mengakibatkan beberapa persoalan atau penyakit.

E. Pemdiberian Makan Secara Rutin
Berikan Burung Parkit masakan dan minuman secara rutin, dan hindarilah burung dari kelaparan. Pemdiberian masakan berupa biji-bijian, buah-buahan maupun sayuran sanggup diselang-seling selama 1 ahad (baca: makanan parkit).

Berikut ialah daftar masakan yang disukai oleh Burung Parkit.
1. Buah apel
2. buah plum
3. buah pir
4. buah ceri
5. buah pisang
6. buah pepaya
7. Beras merah
8. jewawut
9. Milet merah dan putih
10. kol
11. brokoli
12. bayam
13. wortel
14. jagung muda
15. dll

F. Perawatan dan Kesehatan
Apabila Burung terlihat bermasalah, anda sanggup membawanya ke dokter hewan. Biasanya apabila Burung Parkit sakit, sering kali mereka tidak menawarkan tanda-tanda apapun (baca: ternak parkit).

G. Hindarkan Burung Parkit dari Stres
Agar Burung Parkit sanggup bertahan hidup sampai 6 atau 8 tahun. Dan bahkan ada yang berusia sampai 10 tahun, anda harus pandai-pandai membuat burung ini bahagia hindarilah mereka dari stres dengan menyediakan mainan di dalam kandang. Agar parkit tidak stres atau mungkin terlanjur stres, maka segera diberikan obat alami terbaik, salah satunya yaitu OrBird.

Beberapa jenis mainan yang disukai oleh Burung Parkit di antaranya adalah: lonceng, cermin dan juga tangga-tanggaan.

H. Menemani Burung
Burung Parkit sangat suka bersosialisasi. Oleh lantaran itu, anda sanggup mempersembahkan mitra untuk Burung Parkit berupa, Burung Parkit lainnya. Atau, sanggup jadi anda yang akan menjadi mitra akrabnya.
Luangkanlah waktu contohnya 60 menit atau lebih untuk bergaul dengan Burung Parkit setiap hari. Anda sanggup melatihnya bertengger di jari-jemari anda atau mengajaknya bermain. Sebagai salah satu burung yang cerdas, Burung ini sanggup dilatih untuk melaksanakan banyak hal dengan mempersembahkan isyarat tertentu menurut suara.

Sekian sedikit tips dan cara merawat parkit harian, biar parkit makin jos, sehat, dan tampil prima (simak juga: suara parkit).

Post a Comment for "Cara Merawat Burung Parkit Harian Lengkap"