Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Murai Kerikil Yang Dorong Ekor

Umumnya burung Murai Batu (MB) niscaya melewati masa mabung (baca: cara merawat murai watu mabung), masa ini akan membuat burung mengalami kerontokan bulu. Akan tetapi dalam masa mabung, ada sebuah periode dimana burung akan mempunyai ujung yang terdorong (baca: cara mengatasi murai watu gagal mabung).

Periode ini biasa disebut dorong ujung, dalam melewati periode ini seujung burung haruslah mendapat perawatan khusus. Untuk apa? Agar burung terhidar dari kerusakan ujung, ujung nyerit, dan kerusakan pada bulu ujung. Lalu, bagaimanakah perawatan Murai Batu yang dorong ujung? diberikut yaitu pembahasannya.

 masa ini akan membuat burung mengalami kerontokan bulu Teknik Merawat Murai Batu yang Dorong Ekor

Perawatan untuk Murai Batu yang Dorong Ekor
Dalam merawat Murai yang sedang dorong ujung, Anda harus melaksanakan segala macam bentuk perawatan yang khusus. Pasalnya, kalau Anda salah dalam melaksanakan perawatan maka Anda dapat kehilangan keindahan dari ujung Murai. Lalu, apa dan bagaimana cara perawatannya?

Untuk mengetahuinya, diberikut ini yaitu contoh perawatan Murai Batu yang dorong ujung:

1. Anda dapat diberikan 4-5 ujung jangkrik setiap pagi dan sore hari.
2. Anda dapat mempersembahkan kroto setiap 3 kali seminggu.
3. Untuk duduk kasus mandi, Anda dapat memakai cepuk atau daerah mandi kecil. Selain itu, hindari proses mandi dengan memakai keramba, tujuannya untuk menghindari kerusakan pada bulu ujung Murai.
4. Sedangkan untuk proses jemur, Anda dapat melakukannya dengan 2-3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk durasi waktunya, Anda dapat melaksanakan penjemuran ini selama 15 menit setiap penjemuran.
5. Anda dapat membersihkankan kandang burung setiap pagi dan sore hari, tujuannya untuk menjaga kesehatan burung.
6. Gunakanlah full kredong untuk kandang Murai Batu yang dorong ujung, tujuannya semoga burung lebih nyaman dan tenang.
7. Sebaiknya pisahkan antara burung yang sedang dorong ujung dengan burung yang sedang sehat, tujuannya semoga burung ini tidak terganggu dengan kawan-kawan koloninya.
8. Untuk menjaga kesehatan Murai, Anda dapat mempersembahkan multivitamin.
9. Untuk menunjang skill murai, Anda dapat melaksanakan pemasteran yang sempurna untuk Murai Anda.

Teknik merawat Murai Batu yang dorong ujung dapat Anda lakukan sesuai dengan bahan diatas. Akan tetapi dalam merawat Murai ini, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi dari Murai ini. Pasalnya, burung yang sedang mengalami mabung atau pun dorong ujung biasanya membutuhkan asupan protein yang lebih banyak dari biasanya.

Post a Comment for "Cara Merawat Murai Kerikil Yang Dorong Ekor"