Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Musang Luwak Atau Musang Peliharaan

Bagaimana cara ternak musang? Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan, nampaknya bisnis budidaya musang semakin menggiurkan bagi para pencinta binatang atau para peternak. Karena jikalau memelihara musang mereka akan mendapat dua laba besar, yaitu dapat untuk dijual kepada penghobi atau untuk memproduksi kopi luwak.

Memulai beternak musang itu gampang, tapi bagi anda yang berniat spesialuntuk untuk penghasil kopi luwak sebaiknya menentukan musang yang sesuai, lantaran tidak tiruana jenis musang terkenal dengan penghasil kopi luwak berkarakter, sebagaimana yang sudah dijelaskan pada artikel jenis-jenis musang di Indonesia.

Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan Teknik Ternak Musang Luwak atau Musang Peliharaan

Untuk menghasilkan kopi luwak dimasukankan menentukan musang jenis pandan, bulan, binturung atau akar.

Baiklah eksklusif saja kami akan mempersembahkan tips cara ternak musang luwak atau peliharaan. Tulisan ini menurut pengalaman dan pengamatan master Adityo Kresno Nugeroho dari grup MLI (musang lovers Indonesia) semoga panduan ini dapat menjadi pola para breeder musang seluruh alam semesta. haha ko lebay ya?

Teknik Beternak Musang Akar, Pandan Bagi Pemula


Bacalah secara perlahan-lahan cara di bawah ini, alias step by step:

1. Memilih Indukan Jantan dan Betina yang Berkualitas


Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan Teknik Ternak Musang Luwak atau Musang Peliharaan

Hal yg paling utama dalam breeding atau ternak musang ialah menyiapkan calon indukan berkarakter. Indukan yang baik untuk breeding ialah indukan yang sudah mempunyai remaja dan sehat tanpa berpenyakit. Umur yang baik untuk memulai budidaya ialah kira-kira diatas 1 tahun.

Tapi alangkah baiknya jikalau umur si betina jauh lebih bau tanah dibandingkan indukan jantan. Hal ini dikarenakan ketika dalam proses breeding yang akan banyak ambil tugas ialah si betina, mulai dari mengandung, melahirkan, sampai merawat si baby musang. Dan pastinya birahi mereka sudah tidak dapat dibendung lagi jikalau usia musang sudah satu tahun. Itulah mengapa kita harus jeli menentukan indukannya. Baca, ciri-ciri musang siap kawin

Baiklah saya kasih contoh, contohnya hobinatang mempunyai Jantan berumur 1 tahun 9 bulan, maka saya harus menentukan betina yang berumur 2,5 tahun. Untuk membedakan jantan dan betina silahkan baca, perbedaan musang jantan dan betina

2. Mengawali Ternak Musang dengan Memperkenalkan antara Jantan dan Betina


Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan Teknik Ternak Musang Luwak atau Musang Peliharaan

Sesudah mempunyai calon indukan yang sudah memenuhi kriteria untuk breeding maka langkah selanjutnya kita dapat memulai dengan proses perkenalan.

Pada proses pengenalan ini si Jantan dan Betina harus ditempatkan di satu sangkar atau daerah yang terpisah. Kita tempatkan Jantan & Betina di sangkar yg tidak sama kemudian kita posisikan mereka dengan cara menaruh sangkar yang bersebelahan.

Hal ini kita lakukan supaya si Jantan dan Betina dapat mengenal satu sama lain. Berapa lama proses pengenalan ini dapat berhasil?? Semua tergantung pada musang kalian masing-masing, tapi alangkah baiknya jikalau kita lakukan selama mungkin dan tidakboleh terlalu terburu. Semakin lama kita menaruh secara berdampingan maka akan semakin berpengaruh PDKT antara jantan dan betina dan akan semakin cinta. Ciee

melaluiataubersamaini begitu, mereka dapat saling mengenal. Tapi pada dasarnya ialah kita bikin senyaman mungkin untuk si Jantan dan Betina. Supaya malam pertamanya lebih ikhlas. Iya gak?

misal: Saya memperkenalkan antara Jantan & Betina ±5bulan. Selama waktu tersebut si Jantan sudah mendekati si Betina, namun si Betina masih menjauh dan defense kepada si Jantan.

Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan Teknik Ternak Musang Luwak atau Musang Peliharaan

Kemudian lama kelabuaan si Betina mulai terbiasa dengan si Jantan, kemudian betina mulai memdiberi respon kepada Jantan, dan pada kesudahannya pulas mulai bersebelahan walaupun dikandang yang tidak sama.

3. Teknik Mengawinkan Musang


Jika tahap pengenalan sudah dirasa cukup, kita dapat mulai menyatukan antara musang jantan betina di satu sangkar yang sama. melaluiataubersamaini tujuan supaya ia mau kawin. Dalam situasi ini si jantan dan betina belum tentu mereka eksklusif kawin, jadi biarkan saja proses perkawinan berjalan dengan sendirinya.

Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan Teknik Ternak Musang Luwak atau Musang Peliharaan

Mungkin sesekali dapat dipantau apakah mereka sudah membentuk pose kuda-kudaan atau belum. Jika terlihat indukan jantan dan betina sudah mulai saling tumpang tindih, berarti ada respon yg baik. Lalu bagaimana cara mengawinkannya?

Tekniknya ialah memantau dan memantau. Artinya kita harus terus memantau proses perkawinannya.

Umumnya proses perkawinan biasa terjadi ±1 bulan lebih. Nah, pada masa proses tersebut, kita harus memantaunya, apakah antara jantan atau betina ada yang stress atau tidak. Jika salah satu ada yg mengalami stress biasanya mereka akan berkelahi. Apabila musang anda mengalami ibarat itu, maka kita ukur lampau apakah perkelahiannya fatal atau tidak.

Jika fatal dimasukankan supaya eksklusif dipisahkan namun jikalau perkelahian tersebut tidak fatal mungkin dapat diteruskan.

Selain itu, kita juga perlu menciptakankan tutup di sekeliling kandangnya, supaya musang yang sedang dikawinkan merasa privasi. Mau bagaimana pun ia juga makhluk hidup yang mempunyai rasa aib ketika kawin di depan umum.

4. Melihat Hasil Ternak Musang Kita, Positif atau Negatif


Sesudah proses perkawinan berjalan ±1 bulan atau lebih, langkah ternak musang diberikutnya ialah melihat hasilnya. Apakah aktual atau negatif.

Di sini saya akan banyak sekali beberapa ciri-ciri musang yang aktual hamil dan yang negatif:

Indukan Betina yang Positif Hamil

  • Betina menolak dikimpoy (di anu) oleh si Jantan (hal ini disebabkan lantaran betina sudah merasa dihamili)
  • Betina memilki acara yg menurun (lebih malas, kurang aktif, dan lebih banyak pulas)
  • Betina lebih sensitive dari biasanya
  • Perut penggalan bawah si Betina agak turun dan membesar (bukan kesamping)
  • Puting susu mempunyai perubahan menjadi lebih besar
  • Jika masa kehamilan sudah besar bulu yang ada disekitar puting susu akan rontok dan akan membentuk bulatan melingkari puting susu tersebut.


Ciri-ciri indukan betina yang tidak hamil:

  • Keadaannya sama ibarat tiruanla dan tidak ada gejala di atas.
  • Masih mau dikimpoy (karena merasa belum berhasil dihamili)

5. Jantan dan Betina Dipisahkan


Teknik budidaya binatang peliharaan musang diberikutnya ialah memisahkan antara jantan dan betina jikalau si Betina sudah aktual hamil sesuai ciri-ciri di atas. Hal ini dilakukan supaya si Betina mempunyai persiapan untuk melahirkan.

Berapa lama masa kehamilan musang betina?

Lamanya musang mengandung dapat kita hitung dari kapan ia terakhir kali kimpoy dengan si jantan. Namun hal ini keseenteng kurang diketahui kapan terakhir kali dikimpoy. Menurut pengalaman aku, masa kehamilan musang kurang lebih selama 3 bulan. Lama masa kehamilan ini dapat tidak sama di setiap jenis musang.

6. Sikap Kita ketika Musang Melahirkan Anaknya


Sejak musang menjadi terkenal sebagai binatang peliharaan Teknik Ternak Musang Luwak atau Musang Peliharaan

Proses melahirkan sama dengan hewan-hewan lainnya. Yang harus kita lakukan ialah melihat dan mereview, apakah sehabis melahirkan si Induk mau merawat anak-anaknya atau tidak. Karena ada beberapa kejadian si Induk tidak mau merawat sang anak, ia tidak mau menyusui si anak. Jika sang induk tidak mau merawat sang anak, maka pemiliknya lah yang harus eksklusif merawat. Namun jikalau sang induk mau merawat bayinya maka biarkan saja induknya yg merawat.

Sesudah musang melahirkan, apa yang harus kita lakukan?

Sesudah sang induk melahirkan, sebaiknya si induk sering didiberi masakan yang bernutrisi dan bergizi. Karena ia sedang menyusui anak-anaknya.

Dilarang memegang baby musang ketika pertama lahir, lantaran sang induk masih sangat sensitive dan ada beberapa kejadian jikalau baby tersebut sudah terkena tangan insan sang induk sudah tidak mau lagi merawat baby tersebut. Nah, ngeri kan??

Baca juga: Teknik Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Masih Bayi

Mungkin itu saja sedikit sharing pengalaman dari kami, semoga artikel cara ternak musang peliharaan dan luwak ini dapat memmenolong kawan-temam untuk memulai misi, yaitu "START BREEDING" Jangan pernah takut mencoba, dan tidakboleh pernah takut bertanya. Di sini kita tidak ada yg sempurna, alias sama-sama belajar. Apa yg kita miliki kita bagi kepada sesama supaya tujuan kita tercapai. Salam wangi! Stop hunting start breeding. [dari Adityo Kresno Nugeroho dengan banyak perubahan kata serta bahasa]

Post a Comment for "Cara Ternak Musang Luwak Atau Musang Peliharaan"