Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pilihan Burung Cucak Rowo

Memelihara burung kicau ibarat Cucak Rowo membutuhkan perawatan ekstra. Dan para breeder atau peternak dan pemilik burung (penghobi) juga diharuskan mengetahui sifat serta kuliner kesukaan burung tersebut.

melaluiataubersamaini mempersembahkan kuliner yang sempurna kepada burung, dibutuhkan burung sanggup tetap sehat, mempunyai bulu yang baik, bunyi juga dibutuhkan sanggup ropel dan gacor. Ngeropel ialah istilah untuk menggambarkan burung Cucak Rawa yang mengeluarkan bunyi seri atau beruntun, misalnya, kicau berturut-turut yang panjang dan melengking.(lihat: tips supaya cucak rowo ropel)

Memelihara burung kicau ibarat Cucak Rowo membutuhkan perawatan ekstra Makanan Pilihan Burung Cucak Rowo

Selain itu, pemdiberian makan ibarat extra food (EF) juga sanggup mempengaruhi kondisi burung, baik itu birahinya dan mood-nya. melaluiataubersamaini kata lain, pemdiberian makan harus divariasikan, diubahsuaikan dengan kondisi dan waktu serta kebutuhan dari burung yang bersangkutan.

Pakan Burung Cucak Rowo

A. Voer
Untuk kuliner utama, Cucakrowo sanggup didiberikan voer yang kadar proteinnya antara 10% (persen) sampai 20%. Seperti burung-burung lainnya, voer yang berkarakter sanggup memmenolong metabolisme burung serta memmenolong melancarkan sistem pencernaannya. Selain mengandung banyak nutrisi, voer berkarakter juga biasanya sudah dilengkapi dengan vitamin.

B. Extra Food (EF)
Makanan extra yang sarat protein, gizi, mineral dan vitamin sanggup bersumber dari binatang-binatang kecil ibarat serangga dan lain-lain. Diantara beberapa binatang-binatang kecil yang disukai oleh cucak rawa dan cocok didiberikan untuk meningkatkan birahi, menjaga supaya burung tetap sehat serta menciptakannya tetap fit diantaranya adalah:

1. Jangkrik
2. Kroto
3. Ulat hongkong
4. Ulat Bambu
5. Kelabang
6. Belalang
7. Orong-orong
8. Siput sawah yang kecil.

Selain dari hewan-hewan kecil, Cucak Rowo juga menyukai buah-buahan, diantaranya adalah:
1. Pisang, khususnya pisang kepok
2. Buah apel
3. Buah Pir
4. Tomat
5. Pepaya

Pemdiberian makan berupa buah-buahan dimaksudkan untuk melancarkan pencernaan dan sebagai sumber vitamin.
Pemdiberian Makanan Extra
Setiap peternak mempersembahkan kuliner ekstra dengan metode yang tidak sama-beda. Namun ada beberapa pemikiran umum yang sanggup diikuti, diantaranya adalah:

a. Anda sanggup mempersembahkan 5 ujung jangkrik di pagi hari sehabis dimandikan. Kemudian anda juga sanggup mempersembahkan variasi kuliner ibarat pisang setiap hari atau pepaya 3 kali seminggu. Atau anda juga sanggup menggantinya dengan apel.

b. Selain pada pagi hari, jangkrik juga sanggup didiberikan pada sore hari. Misalnya 3 sampai 5 ujung. Jangkrik yang akan didiberikan terlebih lampau harus dimembuang kakinya supaya megampangkan burung dalam memangsa binatang kecil tersebut. Atau kalau anda ingin mempersembahkan orang-orang, kelabang, atau yang lainnya. Bisa dilakukan memakai menolongan sumpit atau lidi.

c. Khusus untuk burung Cucak Rowo, pemdiberian kroto sebaiknya dilakukan tidak terlalu sering. Misalnya, 3 atau 4 kali seminggu sebanyak satu sendok makan.

Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin
Secara umum, Cucak Rowo harus didiberikan pakan atau kuliner yang mengandung cukup nutrisi, vitamin serta mineral. Diantara beberapa vitamin yang dibutuhkan adalah, vitamin A vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin D. Vitamin-vitamin tersebut sanggup berasal dari buah-buahan ibarat buah pepaya, yang banyak mengandung vitamin C, buah apel banyak mengandung vitamin B dan buah pisang populer banyak mengandung magnesium dan kalsium sebagai sumber vitamin D. Atau selain dari buah, anda sanggup mempersembahkan vitamin khusus yang tersedia di toko burung.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, burung sanggup didiberikan kroto dan jangkrik yang memang kaya akan protein.

Solusi lainnya yang lebih simpel ialah dengan mempersembahkan pelengkap OrBird yang kaya akan nutrisi yang bermanfaa untuk kesehatan burung.

Makanan cucak rowo memang harus memenuhi kebutuha gizinya, tentu harus mengandung gizi yang tinggi. Sekian kami akhiri postingan seputar pakan cucak rowo kali ini, semoga bermanfaa untuk sobat bersahabat pecinta burung cucak rowo.

Post a Comment for "Makanan Pilihan Burung Cucak Rowo"