Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Agama Islam

Manfaat memelihara kucing- berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya. Kucing ialah binatang nomor satu yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Keberadaannya sering muncul hampir dijumpai di mana-mana. Tingkah lakunya yang lucu dan mimik wajah yang menggemaskan, membuat orang tidak ragu untuk merawatnya di rumah.

Di samping itu banyak juga yang bertanya terkena manfaat memelihara kucing berdasarkan Islam. Karena mungkin sebagian mereka khawatir bila apa yang selama ini beliau lakukan (yakni, memelihara kucing) tidak ada keuntungannya dalam Islam.

Perlu teman erat ketahui bahwa mempunyai binatang peliharaan menyerupai kucing ialah keistimewaan tersendiri bagi kehidupan manusia. Karena dikatakan dalam hadis nabi bila kucing ialah salah satu binatang keakungan teman erat nabi yang mulia, yaitu Abu Hurairah.

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ketika itu saya sudah ditanya oleh seorang teman dekatnya, "Mengapa engkau disebut Abu Hurairah?"

Abu Hurairah menjawaban, "Aku lampau bekerja menggembalakan kambing keluargaku dan di sisiku ada seujung kucing kecil (dalam bahasa Arab disebut "Hurairah").

Lalu ketika malam datang saya menaruhnya pada sebatang pohon, bila hari sudah siang saya pergi ke pohon itu dan saya bermain-main dengannya (kucing kecil), maka saya didiberi nama kunyah Abu Hurairah (artinya, bapaknya si kucing kecil)." [Jaami' At-Tirmidziy no. 3805]

Adapun pendapat orang terkena kucing peliharaan nabi, hingga kini belum ditemukan hadits shahih wacana hal itu. Namun yang terang kucing mempunyai keistimewaan sendiri dalam Islam.

Apa saja manfaat memelihara kucing?

Manfaat Memelihara Kucing Menurut Islam


 berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Di bawah ini kami akan menuliskan beberapa poin wacana laba memelihara kucing dalam agama Islam dan hukumnya. Supaya pencinta kucing Indonesia bisa lebih semangat lagi untuk merawat kucing keakungannya dengan baik.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Ras Paling Lucu Beserta Harga Terbaru 2018

1. Tidak Ada Larangan Memelihara Kucing


 berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

INI yang paling utama, nabi sekalipun tidak pernah melarang umatnya untuk memelihara kucing. Kaprikornus aturan memelihara kucing sangat diperbolehkan dalam Islam. Hal ini tidak sama dengan binatang anjing.

Meski ada sebagian jenis anjing yang berwajah lucu dan menggemaskan, tapi tetap saja nabi melarang keras umatnya memelihara binatang itu. Maka sebagai umat muslim, harus patuh dan taat dengan apa yang disampaikan nabi.

2. Kucing Hewan yang Suci


 berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Keuntungan kedua dalam memelihara kucing ialah status kesuciannya. INI yang mengakibatkan kucing boleh dipelihara dan anjing dilarang dipelihara. Sudah banyak medis yang pertanda bila dalam air liur anjing terdapat banyak basil penyakit berbahaya, sedangkan pada kucing justru terdapat manfaat bagi badan manusia. (akan kami bahas pada poin diberikutnya)

Dalam hadits sendiri, sangat terang dikatakan kalau kucing suci namun haram untuk dimakan. Diriwayatkan oleh Abu Qotadah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

"Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing ialah binatang yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita." (HR. At Tirmidzi. Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil no. 173 berkat kalau hadits ini shohih/benar)

Kaprikornus mitra kawan tidak perlu khawatir bila suatu ketika terkena air liur atau bulunya. Karena statusnya suci. Bahkan apabila ada air yang habis digunakan minum kucing, air tersebut masih suci dan boleh untuk wudhu. Adapun kotorannya, terang haram.

3. Kucing Hewan yang Bersih


 berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Agama Islam sangat menyukai sesuatu yang membersihkan. Sama halnya yang terjadi pada kucing. Menurut hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang dilakukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa binatang kucing lebih membersihkan dibandingkan manusia.

Dokter George Maqsud pimpinan laboratorium di rumah sakit binatang Batarah, mengatakan, "Pada pengecap kucing yang kasar, hampir tidak terdapat kuman maupun bakteri. melaluiataubersamaini pengecap tersebutlah si kucing melaksanakan self grooming (memmembersihkankan diri sendiri dengan menjilati tubuhnya).

Baca juga: Teknik Merawat Kucing Kampung biar Sehat dan Bersih

Selain itu sudah banyak para dokter yang menyampaikan bila kucing mempunyai perangkat pemmembersihkan yang paling bagus. Dia sangat menjaga kemembersihkanannya dari hal-hal yang lembab. makanya kucing tidak menyukai air alasannya ialah air ialah kawasan yang sangat disukai bakteri.

Kucing selalu menghindari genangan-genangan air kotor. Tidak menyerupai anjing, Dr. Gen Gustafsir menegaskan kalau kuman yang paling banyak terdapat pada anjing.

4. Mengusir Tikus Dari Rumah


 berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Kucing juga bisa mengusir hama menyebalkan yang berjulukan tikus. Apabila di rumah ada kucing biasanya tikus tidak betah tinggal di rumah tersebut. Namun teman erat juga harus mengawasi biar kucing tidak makan tikus. Meskipun itu spesialuntuklah kucing kampung.

Sebab berdasarkan penelitian ternyata tikus sangat tidak baik bagi si kucing itu sendiri. Seperti yang sudah pernah kami tulis di artikel, Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

5. Kucing Hewan yang Menyenangkan


 berbicara wacana binatang yang satu ini memang tidak ada habisnya Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Bentuk dan karakternya yang lucu bisa sangat senang pemiliknya. Sehingga binatang yang setia ini bisa membuat keluarga lebih harmonis. Misalnya di rumah engkau ada kucing, di sana ada anak dan istri engkau yang sangat senang bermain dengan kucing. Setiap engkau pulang kerja, engkau bisa bersenang-senang bermain kucing bersama anak dan istri.

Yuk tonton juga video kucing yang sangat lucu bikin ngakak di bawah ini hehe. Dilike juga ya Onthy


Baca juga: Teknik cepatdangampang Membuat Kucing Senang dan Bahagia

Itulah manfaat memelihara kucing yang terakhir dalam pandangan Islam. Karena momen keharmonisan ialah momen yang paling disukai oleh Islam. sepertiyang prinsip yang kita kenal, sakinah mawadah warohmah.

Demikianlah pembahasan kami terkena apa saja manfaat mempunyai kucing peliharaan di rumah. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kawan-kawan. Jangan malas untuk merawatnya ya Onty..

Post a Comment for "Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Agama Islam"