Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Burung Cucak Rowo Asal Kalimantan

Cucak Rawa yang dikategorikan menurut asalnya yang banyak dikenal di Indonesia antara lain, Cucak Rowo Papua, Cucak Rowo Aceh, Medan, Kalimantan, dan lain-lain. Khusus untuk Cucak Rowo Kalimantan, ada beberapa perbedaan dengan Cucakrowo dari kawasan lain yang bergotong-royong tidak terlalu signifikan namun tetap saja bisa menjadi alasan mengapa kita menentukan Cucak rawa tersebut.

Ciri Cucak Rowo Kalimantan
Burung Cucak Rowo Kalimantan mempunyai bulu hijau kekuningan yang tidak terlalu petang, layaknya bulu Cucak Rowo yang berasal dari Sumatera. Selain itu, perawakannya juga tidak terlalu besar namun cukup meliputi sehingga ketika dipegang terasa mantap.

Cucak Rawa yang dikategorikan menurut asalnya yang banyak dikenal di Indonesia antara  Mengenal Burung Cucak Rowo Asal Kalimantan

Kondisi lingkungan terperinci sangat kuat terhadap kondisi fisik dari burung tersebut. Cucak Rowo Kalimantan dikenal lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan Cucak Rowo dari kawasan Sumatera. Selain itu, kicauannya juga tidak bisa nyaring atau sekeras kicauan burung dari kawasan lain.

Kicaunya yang lembut dan lemah tersebut kemudian menurunkan nilai serta gengsinya di mata para pecinta burung. Walau demikian sebenernya bunyi lembut tersebut juga bisa menjadi kelebihannya terutama bagi mereka yang menyukai bunyi burung yang tidak cempreng.

Harga Cucak Kalimantan
Burung yang dalam bahasa asingnya dikenal dengan nama Straw Hard Bulbul ini berharga cukup mahal. Untuk anak burung Cucak Rawa Kalimantan, harganya bisa mencapai 2 juta sampai 3 juta rupiah. Belum lagi apabila burung tersebut sudah cukup umur atau sudah pandai ngerol dan menghasilkan kicauan ropel (seri), harganya bisa menampung sampai puluhan juta rupiah.

Perawatan Cucak Rowo Kalimantan
Merawat dan menangkar Cucak Rowo tidak terlalu susah mengingat burung ini juga jarang stres. Walau demikian, setingan harian tetap didiberikan layaknya burung kicau lainnya mulai dari mengangin-anginkan di pagi hari, memandikan, menjemur dan memdiberi pakan ekstra yang terdiri dari jangkrik, buah-buahan menyerupai pisang, dan kroto.

Perawatan rutin tersebut tentu saja kuat terhadap kemampuan Cucak Rawa ngeropel dan cucak rowo gacor.

Post a Comment for "Mengenal Burung Cucak Rowo Asal Kalimantan"