Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Burung Murai Watu Nias

Murai Batu Nias yang dikelompokkan ke dalam spesies copsychus malabaricus melanurus ialah burung ujung panjang berwarna hitam dan biasanya berjumlah 6 pasang. Belakangan, Murai Batu Nias juga dikenal dengan nama Black Tailed Shama atau nama ilmiahnya ialah Copsychus Malabaricus Tricolor.

Murai Batu Nias yang dikelompokkan ke dalam  Mengenal Burung Murai Batu Nias

Asal Murai Batu Nias
Sesuai dengan namanya, Murai Batu ini berasal dari kepulauan di Sumatera Utara yaitu Kepulauan Nias. Murai Batu Nias mempunyai ciri-ciri ujungnya yang sangat panjang mencapai 20 sampai 25 cm dan berwarna hitam.

Di Kepulauan Nias, burung ini disebut Tatohua. Diantara beberapa kelebihan yang dimiliki oleh murai watu antara lain, suaranya melengking dan nyaring serta mengkristal (sangat jernih). Suara burung ini terkadang terdengar unik, yang sebetulnya didapat dari menirukan bunyi burung lain yang berada disekitarnya.

Daya Tarik Murai Batu Nias
Berapa daya tarik dan kelebihan yang dimiliki oleh Murai Batu Nias diantaranya adalah, suaranya yang bening dan melengking. Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai burung yang cerdas sehingga berilmu menirukan suara-suara burung lain. Kemudian, kelebihan lain yang dimiliki oleh burung Murai Batu yang berasal dari kepulauan Sumatera ini ialah mentalnya yang sangat besar lengan berkuasa sehingga cocok apabila dipakai untuk diikutkan dalam perlombaan perlombaan. Dan kelebihannya yang terakhir, tentu saja terletak pada bulu serta ujungnya yang panjang. Bulu ujungnya sanggup mencapai 20 sampai 25 cm, berwarna hitam dan biasanya berjumlah 6 pasang.

Budidaya Murai Batu Nias
Diantara beberapa jenis Murai Batu Nias, Murai Batu Nias Raja ialah yang paling di gemari dan sering dimanfaatkan untuk mengikuti lomba-lomba. Murai Batu Nias populer pandai dan mempunyai mental yang cukup besar lengan berkuasa sehingga bansyak diminati oleh para penggila burung, khususnya Murai Batu.

Dalam pengembangbiakan Murai Batu Nias, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain,
  1. Kandang harus dimembersihkankan secara teratur setiap hari, begitu juga dengan masakan serta minumannya harus diperhatikan apabila sudah waktunya diganti, anda harus segera menggantinya.
  2. Setiap pagi, antara pukul 07.00 sampai pukul 08.00, burung harus dimandikan.
  3. Sebelum dan sehabis dimandikan, burung harus diangin-anginkan lalu dijemur setidaknya selama 1 sampai 2 jam.
  4. Makanan untuk jenis Murai Batu Nias ialah jangkrik. Selain itu, anda juga sanggup mempersembahkannya kroto seminggu dua kali, serta multivitamin seminggu sekali.
Demikian sedikit sharing kali ini terkena murai watu nias, kami masukankan juga sobat akrab untuk membaca artikel terkait tentang cara menjodohkan murai batu.

Post a Comment for "Mengenal Burung Murai Watu Nias"