Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ciri Burung Parkit Australia Yang Bagus Dan Istimewa

Banyak dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa Burung Parkit homogen Burung Lovebird atau Burung Nuri bukan ialah burung orisinil Indonesia, melainkan berasal dari luar negari ibarat Australia, Amerika maupun berlari Belanda. Khusus untuk Parkit yang berasal dari Australia, burung ini biasanya disebut dengan nama Budgerigar yang berasal dari bahasa Aborigin, yaitu suku orisinil Australia. Arti kata tersebut ialah “enak dimakan.”

Banyak dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa Burung Parkit homogen Burung Lovebird atau Mengenal Ciri Burung Parkit Australia yang Cantik dan Istimewa

Burung Parkit Australia ialah burung yang banyak di ternak di Indonesia. Memiliki beberapa warna bulu yang mayoritas diantaranya ialah warna biru, kuning, abu-abu, dan ada juga yang mempunyai bulu dengan kombinasi banyak sekali warna (baca: ternak parkit).

Burung Parkit biasanya menyukai sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Begitu juga dengan Parkit Australia yang terkadang memakan batu untuk memmenolong menghaluskan makanan. Burung ini bersifat monogami dan biasanya sangat susah dibedakan antara jantan dan betina. Untuk dapat membedakan burung jantan dan betina bukan dilihat dari kelabuinnya alasannya burung jantan tidak mempunyai alat kelabuin. Melainkan, harus dilihat dari ciri-ciri fisiknya (baca: perbedaan parkit jantan dan betina).

Makanan
Burung Parkit Australia menyukai masakan yang berasal dari biji-bijian ibarat millet. Baik itu millet merah maupun millet putih. Kemudian buah-buahan ibarat buah apel, buah melon dan buah pisang. Burung ini juga menyukai sayuran ibarat brokoli, wortel, jagung, atau sayur bayam.

Reproduksi
Burung Parkit Australia dapat dijodohkan dengan Burung Parkit lain dan apabila melaksanakan reproduksi setelah perkawinan, Burung Parkit akan bertelur sebanyak 4 sampai 6 butir. Sesudah itu, biasanya burung akan mengerami telurnya selama 17 sampai 19 hari.

Anak Burung Parkit dapat dipguan setelah 10 hari, dimana mereka membuka matanya pada hari ke 10. Sedangkan bulu-bulunya biasanya akan mulai tumbuh semenjak mereka berusia 2 minggu. Bulu-bulu tersebut akan tampak lebih tepat setelah burung berusia 1 bulan.

Rata-rata anak Burung Parkit siap meninggalkan masukangnya pada dikala mereka sudah berumur 42 hari. Dan proses perontokan bulu atau yang biasa kita kenal dengan istilah mabung terjadi setelah burung berusia 4 bulan.

Pada usia 5 bulan, Burung Parkit betina biasanya sudah mulai berguru bertelur.
Beberapa ciri-ciri lain Parkit Australia di antaranya adalah, pada dikala mereka berusia 6 bulan akan muncul bundar berwarna putih di sekitar bola mata. Lingkaran tersebut biasanya dikenal dengan nama cincin iris. Cincin iris itu berfungsi untuk mengindikasikan umur burung yang biasanya sudah semakin tua.

Rata-rata hidup Burung Parkit dapat bertahan antara 5 sampai 8 tahun, dan beberapa diantaranya mungkin akan mencapai 10 tahun.

Berapa Burung Parkit yang dilatih ternyata dapat berbicara. Selain dikenal cerdas, burung ini juga sangat populer. Keunikan lahir yang dimiliki oleh Burung ini diantaranya adalah, mereka dapat memutar kepalanya sampai 180 derajat. Tentu saja keahlian tersebut ialah laba yang spesialuntuk dimiliki oleh Burung berilmu ini. Terutama, dalam melindungi dirinya dari predator.
Di alam liar, Burung Parkit Australia biasanya hidup di gurun dan di semak (baca: cara menjinakkan parkit).

Perawatan Burung Parkit Australia
Burung Parkit Australia apabila dirawat dengan baik dapat mempunyai bunyi yang anggun (baca juga: suara parkit). Dan dapat diperdengarkan master dari banyak sekali bunyi burung lain.
  • Perawatan dipagi hari mulai dengan, mengangin-anginkan burung sekitar setengah jam atau satu jam. Kemudian dilanjutkan dengan memandikan burung. Lalu menjemurnya selama satu atau dua jam sembari mempersembahkan masakan pendamping, baik itu buah-buahan, biji-bijian atau sayuran (baca: makanan parkit).
  • Sesudah burung dijemur, burung lalu diangin-anginkan kembali selama kurang lebih setengah jam sebelum dimasukkan untuk diberistirahat.
  • Pada siang hari sampai sore hari, burung dapat kembali diperdengarkan bunyi master untuk melatih memorinya merekam banyak sekali bunyi burung.
  • Pada sore hari, burung harus diangin-anginkan kembali atau dimandikan dan lalu pada malam hari disimpan dengan mengkrodong kandangnya.
  • Pada malam hari anda juga dapat mendengarkan bunyi audio atau MP3 master burung.
  • Yang harus anda perhatikan dikala perawatan adalah, kemembersihkanan sangkar Burung Parkit. Karena burung ini dapat memmembuang kotoran atau poop setiap 10 atau 20 menit sekali (baca: kandang parkit).

Post a Comment for "Mengenal Ciri Burung Parkit Australia Yang Bagus Dan Istimewa"