Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ciri-Ciri Burung Ciblek Kalung

Burung Ciblek ialah burung kicau yang banyak digemari dan dikala ini sudah sering dibuka lomba khusus untuk Burung jenis ini. Berapa orang mengenal burung ini dengan nama Prenjak. Di alam liar, Burung ini hidup di pekarangan, di kebun, di hutan, dan di sawah. Makanannya juga cukup bervariasi mulai dari ulat, hewan kecil ibarat jangkrik maupun belalang atau banyak sekali jenis insect (serangga).

Burung Ciblek yang dikenal secara luas mempunyai beberapa nama atau sebutan diantaranya adalah:
Burung Ciblek Kalung, Ciblek Putih, Ciblek Gunung, dan Ciblek Sawah, dll.
Semua jenis burung tersebut mempunyai banyak persamaan dan juga perbedaan yang tidak terlalu mencolok.

Burung Ciblek ialah burung kicau yang banyak digemari dan dikala ini sudah sering dibuka lo Mengenal Ciri-Ciri Burung Ciblek Kalung

Kelebihan Ciblek Kalung
Ciblek jenis ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah, suaranya yang sangat panjang dan jernih apabila terus dilatih. Selain itu, jenis ini juga dikenal sebagai salah satu burung petarung yang mempunyai mental fight cukup bagus.

Ciri-ciri Umum
Dinamakan Ciblek Kalung alasannya terdapat bulu berwarna abu-abu di bab leher yang tampak seakan-akan ibarat kalung.
Sedangkan ciri-ciri lainnya untuk megampangkan kita membedakan antara burung pejantan dan betina, diberikut ialah beberapa diantaranya.
  1. Burung jantan mempunyai kepala dengan ukuran besar dan tampak lebih lingkaran dibandingkan dengan betina.
  2. Memiliki kaki yang panjang dengan cengkraman yang kuat, sangat mencirikan tipe fighter.
  3. Memiliki paruh berwarna hitam dan mempunyai rongga verbal yang juga berwarna sama.
  4. Warna mata cerah dan berbentuk bulat.
  5. Memiliki buntut panjang dengan ujung berwarna hitam.
Jenis burung ini cenderung lebih disukai dibandingkan dengan Burung Ciblek lainnya alasannya praktis untuk diisi dan mempunyai mental yang cukup baik terutama apabila dijadikan sebagai burung lomba. Kelebihan lain yang dimiliki oleh burung ini ialah kemampuannya untuk berkicau yang bisa mengeluarkan bunyi seakan-akan ibarat senapan mesin (ngebren) (download: suara ciblek ngebren).

Apabila dirawat dengan baik dan diisi dengan master yang bervariasi, burung ini bisa menghasilkan beberapa jenis bunyi layaknya burung masteran lainnya ibarat Burung Lovebird, Burung Murai Batu, dan lain-lain.

Post a Comment for "Mengenal Ciri-Ciri Burung Ciblek Kalung"