Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Jenis Jenis Hewan Pengerat

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Menurut wiki, binatang pengerat yaitu salah satu ordo dari binatang menyusui. Bahasa Latinnya Rodentia. Ada sekitar 2000 hingga 3000 spesies binatang pengerat yang ditemukan di tiruana benua kecuali Antarktika. Hewan pengerat mempunyai gigi depan yang selalu tumbuh dan harus diasah dengan menggerigiti sesuatu.

Hewan pengerat sudah dipakai insan sebagai binatang percobaan, diambil kulitnya, untuk makanan, dan juga untuk mendeteksi ranjau. Saya kan sebut sdikit jenis-jenis binatang pengerat ini. Namun, saya akan sebut yang lucu-lucu dan imut-imut saja ya.

Hewan Pengerat yang Bernama Sugar Glider

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Sugar glider yaitu salah satu binatang pengerat yang sangat imut, menggemaskan, lucu dan pintar, tak heran kini banyak orang menginginkan adopsi binatang mungil tersebut. Sugar Glider ini tergolong keluarga marsupial dari keluarga mamalia menyerupai kangguru, dan koala. Hewan ini pantas untuk tiruana usia sebagai binatang peliharaan, dapat untuk anak usia 6 tahun dan lebih tua, akan tetapi untuk anak- anak harus selalu ada pengawasan orang dewasa.

Lebih mengagumkan lagi, Sugar glider mempunyai potensi lebih besar untuk bonding ( ikatan /jinak) dengan pemilik dari pada gerbil atau hamster, Pertimbangkanlah usia sugar glider untuk mulai dipelihara, Habitat orisinil mereka di australia dan papua, mereka binatang sosial, hidup berkelompok 10 hingga 15 ujung, membuat proses ikatan dengan insan sangat alami sebagai binatang peliharaan. Masa hidup sugar glider yaitu 12 - 15 tahun, Hal yang paling disukai dari binatang ini yaitu dapat kita bawa kemana - mana dengan bonding pouch untuk berlibur. Sugar glider mempunyai sifat loyalitas yang tinggi, sehingga apabila ia didiberikan ke orang lain terkadang akan menggigit, ukurannya yang kecil tetapi ia pandai dapat mengingat, ia dapat hadir kepada anda kalau anda panggil.

Baca: Teknik Merawat Sugar Glider

Hewan Pengerat yang  Tupai

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Hewan pengerat diberikutnya yaitu Mas Tupai. Ya, tupai yaitu segolongan mamalia kecil yang mirip, dan kerap dikelirukan, dengan bajing. Secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dari keluarga bajing. Tupai yaitu pemangsa serangga, dan lampau dimasukkan ke dalam bangsa insektivora (pemakan serangga) gotong royong dengan cerurut, sedangkan tupai dan tupai terbang termasuk bangsa Rodentia (hewan pengerat) gotong royong dengan tikus. Selain itu, tupai juga hampir menyerupai dengan suga glider dan tupai terbang. Mirip tapi tak sama.

Jenis-jenis tupai banyak sekali, dan yang paling banyak digemari yaitu tupai besar dan berambut warna-warni. Ada merah, kuning dan lain-lain.

Hamster yang Lucu Juga Hewan Pengerat


Ehem, siapa yang tidak kenal binatang yang satu ini?? Dialah si imut dari ciptaan Allah. Kak Hamster.

Hamster yaitu binatang mamalia yang termasuk keluarga binatang pengerat yang mempunyai bermacam spesies dan hampir ada di tiap negara. Namun, meskipun lucu, hamster seringkali dipakai sebagai binatang percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan binatang pengerat lainnya.

Hamster mempunyai bentuk badan yang lebih bulat, berbulu (tikus nyaris tidak berbulu), mempunyai guaka warna bulu, serta ujung pendek, tertutup bulu dan tidak jorok. Dibandingkan marmut, terang hamster mempunyai ukuran badan yang jauh lebih kecil.

Baca: Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu

Jadi, tidakboleh salah lihat ya? nanti ada tikus malah ditangkap dikira hamster xixi

Landak Juga Termasuk Jenis Hewab Pengerat

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Landak yaitu jenis binatang pengerat yang tidak dapat bergerak cepat dan mempunyai badan yang relatif besar. Dilihat dari parasnya landak menyerupai dengan tikus namun badan landak lebih besar dan yang menjadi ciri khas satwa langka ini yaitu bab tubuhnya yang ditumbuhi rambut yang mengeras berupa duri panjang dan runcing, duri-duri pada bab badan landak ini akan mengembang apabila dirinya merasa terancam.

Secara umum landak mempunyai dua macam rambut yaitu rambut yang halus dan rambut yang mengeras menyerupai duri. Landak ialah mamalia soliter dan banyak beraktifitas dimalam hari (nokturnal). Landang mempunyai 2 indera pendengaran berukuran kecil, ujung pendek, 2 pasang kaki yang pendek, landak mempunyai 4 jari pada setiap kaki depan dan 5 jari pada setiap kaki belakang.

Sebenarnya tikus juga termasuk binatang pengerat, tapi ga imut ya?

Ah, sudah lah. Sekian dari kami klarifikasi perihal Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat. Semoga dapat dipahami.

Post a Comment for "Pengertian Dan Jenis Jenis Hewan Pengerat"