Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Burung Jalak Suren Mabung (Molting)

Setiap binatang, terutama burung biasanya akan melalui sebuah proses pergantian bulu atau dikenal dengan istilah moulting dalam bahasa asing, dan mabung dalam bahasa jawa. Sedikit tidak sama dengan burung kicau lainnya, ketika berganti bulu (mabung), burung Jalak Suren biasanya tidak berganti bulu secara total melainkan spesialuntuk sebagian saja.

Proses pergantian bulu atau yang dikenal dengan istilah mabung tersebut membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Baik itu perawatan, pemdiberian masakan dan vitamin yang diharapkan (baca: makanan jalak suren).

 terutama burung biasanya akan melalui sebuah proses pergantian bulu atau dikenal dengan i Tips Perawatan Burung Jalak Suren Mabung (Molting)

Ciri-ciri Burung Mabung
Burung mabung biasanya ditandai dengan rontoknya bulu bulu dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Bulu-bulu tersebut kemudian akan digantikan dengan bulu gres yang lebih bagus.
Pergantian bulu yang pertama biasanya akan terjadi pada ketika burung berusia remaja atau pada ketika burung tersebut menginjak usia dewasa.

A. Fase Pertama
Masa mabung yang pertama akan merontokkan bulu bulu burung dan kemudian digantikan dengan bulu gres yang membutuhkan banyak protein. Sehingga, kita harus tetap mempersembahkan suplai masakan yang mengandung banyak protein ibarat jangkrik maupun masakan lainnya yang memang dikhususkan untuk burung.

B. Fase Kedua
Saat bulu-bulu burung sudah mulai tumbuh dan terlihat lebih besar lengan berkuasa biasanya burung membutuhkan protein yang mengandung asam amino untuk membangun sel. Oleh alasannya ialah itu, makanannya pun harus diimbangi dengan masakan yang banyak mengandung protein terutama yang mengandung keratin yang akan pertumbuhan bulu semakain lancar.

melaluiataubersamaini kata lain, selama proses mabung burung membutuhkan energi sampai dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan energi yang diharapkan pada hari-hari biasanya.

Lama Pergantian Bulu
Pergantian bulu pada burung atau mabung biasanya berlangsung antara 6 atau 7 minggu. Selama proses pergantian bulu pada beberapa faktor yang sanggup menghipnotis diantaranya adalah:
a. Cuaca
b. Pemdiberian makan
c. Umur burung, dan
d. Kadar hormon yang dimilikinya.

Pemdiberian masakan yang kurang tepat, contohnya masakan yang tidak bergizi sanggup menjadikan beberapa persoalan seperti: burung sakit atau terkena virus dan parasit. Atau bulu burung menjadi tidak anggun ibarat simpel patah, terlihat berwarna kusam, keriting atau melintir dan lain sebagainya.

Tips Merawat Burung Mabung
Berikut ialah salah satu cara untuk menjaga supaya masakan burung tetap bergizi serta kebutuhan protein tetap terpenuhi selama proses mabung.

Pertama, kita harus mempersiapkan beberapa materi diberikut ini untuk menciptakankan masakan ekstra (EF).

Bahan
1. Kacang tanah yang sudah ditumbuk atau dihaluskan.
2. Tepung tulang ikan atau anda juga sanggup mendapatkannya di toko-toko burung yang sudah jadi.
3. Tepung udang. Teknik pembuatannya, udang terlebih lampau dikeringkan atau dijemur atau anda juga sanggup memakai Oven kemudian ditumbuk sampai halus.
4. Sediakan satu butir telur ayam atau telur bebek.
5. Tepung daging sapi.
6. Voer untuk ayam

Teknik Pembuatan
1. Campuran tepung tulang ikan, tepung udang, tepung kacang tanah dan tepung daging sapi dalam sebuah wadah, kemudian diaduk sampai rata.
2. Sesudah itu masukkan voer ayam. Aduk sampai rata.
3. Ambil satu butir telur kemudian aduk sampai rata kemudian masukkan dan adonan dengan bahan-bahan sebelumnya.
4. Sesudah diaduk dan dicampur sampai rata. Selanjutnya sanggup dijemur dengan menempatkannya di bawah sinar matahari atau dikeringkan dengan memakai Oven.
5. Sesudah kering, materi masakan tersebut kemudian digoreng dengan api sedang dan gunakanlah minyak yang tidak terlalu banyak, cukup untuk membuat supaya pakan tidak lengket di wajan.
6. Goreng sampai kering atau di sangrai dengan api sedang.
7. Sesudah itu pindahkan masakan tersebut di wadah yang tertutup dan sanggup didiberikan setiap hari selama burung mabung.

Yang Perlu Diperhatikan
Selama mabung atau berganti bulu, burung sebaiknya tidak dimandikan dan hindarilah gangguan-gangguan baik dari anda maupun dari hewan yang lainnya. Tempatkan burung di daerah yang hening dan terhindar dari pemangsa atau jauh dari bunyi mencakupk.

Bila perlu diberikan vitamin komplemen yang berfungsi memmenolong mempercepat proses mabung secara aman, yaitu dengan obat herbal OrBird.

Demikian sekilas sharing terkena perawatan burung jalak suren mabung, semoga artikel ini menambah wawasan bagi kita tiruana (baca: ciri jalak suren jantan dan betina).

Post a Comment for "Tips Perawatan Burung Jalak Suren Mabung (Molting)"