Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Burung Kacer Juara

Burung Kacer atau Magpie Robin mempunyai nama ilmiah Copsychus Sechellarum. Ciri-ciri burung ini adalah, bulunya yang berwarna hitam mengkilat dan tampak sangat pekat, serta mempunyai variasi berwarna putih, baik itu di bab perut, akup, dan dibawah ujung. Jenis Madagaskar mempunyai warna kebiru-biruan yang menggantikan warna hitam.

Burung ini sangat tangguh dan bermental juara. Penyebarannya kebanyakan berada di daratan Asia mulai dari India, Cina, Thailand, Filipina, sampai Indonesia.' Burung Kacer dikala ini sudah banyak di lombakan dan membutuhkan perawatan khusus yang sedikit tidak sama dengan burung indukan.

Burung Kacer atau Magpie Robin mempunyai nama ilmiah Copsychus Sechellarum Tips Perawatan Burung Kacer Juara

Merawat Kacer Juara

A. Mastering
Burung Kacer juara bisa diisi dengan banyak sekali master mulai dari, Burung Gereja, Cililin, Cucak Jenggot, Tengkek Buto, Walet, Kapas Tembak, dan lain-lain.

B. Menyediakan Ruangan Khusus
Untuk burung juara sebaiknya disediakan ruangan khusus supaya staminanya tetap terjaga. Dan ketika mengikuti perlombaan di lapangan, burung bisa mengeluarkan tiruana kemampuannya. Selain itu, pemdiberian ruangan khusus juga dimaksudkan supaya burung ini tidak memunculkan sifat fighter-nya ketika berhadapan dengan burung lainnya. Sifat tersebut berdampak tidak baik terutama terhadap stamina pada dikala perlombaan berlangsung.

C. Pemdiberian Makan
Pemdiberian makan rutin berupa voer berkarakter tentu saja dihentikan dilupakan. Namun yang paling penting adalah, pemdiberian extra food. Pemdiberian masakan ekstra berupa jangkrik dalam porsi yang tidak terlalu banyak contohnya 1-3 ujung jangkrik pada pagi hari dan 1-3 ujung jangkrik pada sore hari bisa membuat burung ini tetap mempunyai tenaga yang stabil serta birahi yang tidak meledak-ledak.
Namun, dalam 1 minggu, setidaknya Anda harus mempersembahkan 20 sampai 30 ujung jangkrik yang bisa dibagi menjadi 15 atau 10 ujung setiap 2 kali seminggu.

Selain pemdiberian jangkrik, kroto juga menjadi masakan wajib yang dihentikan dilupakan. Anda harus mempersembahkan kroto secara rutin dalam dosis yang tidak terlalu banyak misalnya, satu sendok makan saja (baca: makanan kacer).

D. Setting Harian
Seperti biasa, pada pagi hari, burung harus diangin-anginkan terlebih lampau sebelum dimandikan. Kemudian, dijemur selama 2 sampai 3 jam. Namun kalau burung akan diikutkan lomba, sebaiknya tidak dimandikan 2 hari sebelum hari lomba.

Untuk bisa mengeluarkan tiruana stamina dan kemampuannya pada dikala lomba, burung harus di istirahatkan full krodong mulai dari H min 2 sampai hari perlombaan.
Satu hari sebelum lomba dimulai, diberikan 20 sampai 30 ujung jangkrik.

Post a Comment for "Tips Perawatan Burung Kacer Juara"