Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Pepaya

Apabila dilakukan penyebaran eksklusif maka bibit/biji pepaya tersebut kita masukkan saja ke dalam lubang dengan dalam rata- rata 1,5 cm atau paling tidak dua kali tebal biji pepaya. Kalau saja kita sebar tangsung di lapangan, maka setiap lubang hendaknya kita isi dengan paling sedikit tiga butir biji, dengan jarak rata-rata 5 cm. Selanjutnya persemaian harus diberi jarak rata-rata antara 10 - 15 cm. Kemudian jarak antara larikan sekitar 10 cm pula.


Waktu
Untuk tempat Jawa Barat memang sudah biasa menanam pepaya dengan cara berbagi eksklusif di lapangan dalam waktu 4 - 5 bulan sebelum hujan datang. Hingga dengan demikian maka pada waktu trend penghujan datang, pohon pepaya itu sendiri telah berbunga ataupun bahkan berbuah.
Sudah jelas dengan cara ini pun memerlukan ketekunan dalam penanamannya, alasannya ialah dalam jarak 2 hingga 3 ahad lalu biji-biji yang disebar itu akan mulai tumbuh.

Kalau saja kita telah menyebar, maka yang harus dijaga adalah, jangan hingga tanah tersebut menjadi kering. Sebaiknya biji yang telah kita sebar itu eksklusif saja di tutup dengan rumput yang telah kering, dengan demikian berarti kita telah melindungi tanah agar 
tidak cepat kering.


Jarak dan Lubang Tanaman
Pohon pepaya dalam pertumbuhan pertamanya haruslah terjamin subur dan cepat berbuah. Karena itu sudah masuk akal jikalau pepaya ini minta tempat yang subur dan memenuhi persyaratan untuk sanggup mengembangkan akarnya yang cepat meluas. Adapun syarat-syarat untuk keperluan tersebut adalah:
1. lubang tumbuhan yang cukup luas,
2. tanah yang menjadi dasarnya tidak berpadas/cadas,
3. di dalam lubang harus tersedia pupuk sangkar yang telah tua,
4. di samping pupuk sangkar yang menjamin tanah tetap gembur dan sanggup mengandung air, maka harus ada pupuk aksesori berupa pupuk buatan yang mengandung zat N, P, dan K. Keseluruhan dari pupuk-pupuk inilah yang lalu kita sebutkan sebagai pupuk dasar. Pupuk aksesori sanggup kita berikan nanti sesudah sebulan biji ditanam.

Jarak Tanam
Jarak tanam yang baik untuk setiap pohon dengan pohon yang lainnya berdasarkan penyelidikan dan pengalaman para petani pepaya yang telah berhasil ialah sekitar 2,5 - 3 meter. Ada pula petani pepaya yang menanamnya dengan jarak tanam lebih dari 4 meter. Hal ini dikarenakan di antara pohon pepaya akan ditanami tumbuhan sela. 

Ukuran Lubang

Lubang ukuran yang normal biasanya ialah 0,5 x 0,5 x 0,5 meter.


Post a Comment for "Cara Menanam Pepaya"