Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Persemaian Biji Pepaya

Pepaya merupakan buah enak yang kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata. 
Cara penanaman biji pepaya ini dapatlah dilakukan dengan aneka macam macam yaitu dengan jalan: 1. disebarkan eksklusif di lapangan, 2, disemaikan terlebih dahulu di persemaian, 3. persemaian dalam kantong plastik.

1) Disebarkan Langsung di Lapangan
Apabila kita tilik untung dan ruginya menanam pepaya dengan cara menyebar eksklusif dalam lubang tumbuhan yang telah tersedia, maka yakni sebagai berikut. Keuntungan Persemaian pepaya tidak mengalami kerusakan akar baik itu akar pancar ataupun akar mayangnya, sanggup tumbuh eksklusif tanpa ada kendala dalam pertumbuhan akar pancar maupun batangnya, pohon yang tumbuh dari cara ini akan cepat berbuah,  tidak memerlukan biaya komplemen untuk menciptakan persemaian, biaya pemindahan, dan ekstra penyulaman.
Kerugian
memerlukan banyak biji, memerlukan penjagaan ekstra. apabila tak ada air yang gampang diangkut maka mustahil menyebar pada animo kemarau. memerlukan pemeliharaan yang serius dan terutama dalam bidang penyiraman.


2) Disemaikan Terlebih Dahulu di Persemaian
Dengan jalan penyemaian terlebih dahulu, ini berarti menjamin ketersediaan bibit yang sanggup disebarkan setiap waktu. Tentu saja dengan cara ini maka memerlukan biaya ekstra bila dibandingkan dengan jalan penyebaran langsung. Selain itu, pemindahan dari persemaian ke kebun pepaya, maka akan menjadikan pertumbuhan pohon itu sendiri agak terlambat. Apa lagi bila pemindahan ini dilakukan pada animo kemarau dan membutuhkan pohon pelindung.

Logis bila setiap aktivitas ada kerugiannya, maka ada juga keuntungannya. Keuntungan tersebut yakni kita sanggup mencari bibit yang lebih besar dan cocok untuk ditanam di kebun. Hingga dengan demikian pohon pepaya yang tumbuh, usianya sama.

3) Persemaian dalam Kantong Plastik
Persemaian dalam kantong plastik ini sanggup kita lakukan dalam setiap waktu. Kalau saja kita ingin merencanakan penanaman di awal animo kemarau, maka dengan enak kita sanggup menanamnya. Kemudian bila kita bandingkan dengan persemaian biasa, maka persemaian dalam kantong plastik ini tidak akan merusak akar dari pohon pepaya itu sendiri. Tanah dalam plastik itu pun sanggup kita buat sama kesuburannya. Untuk keperluan tersebut, kita harus menentukan kantong plastik yang berwarna hitam dan berukuran antara 10 cm lebarnya dan 20 cm dalamnya. 

Apabila dikehendaki biar agak usang di dalam kantong plastik maka harus dicarikan kantong plastik yang lebih besar lagi. Kalau kita menyemaikan dalam kantong plastik, maka penanaman pohon ini kelak di kebun haruslah kita usahakan semoga jangan dinantikan hingga akar pancarnya melingkar di dalam plastik.

Post a Comment for "Cara Persemaian Biji Pepaya"