Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyerbukan Buatan Pada Pepaya



Penyerbukan Buatan
Kalau kita ingin menjamin adanya pembibitan yang sanggup menghasilkan tumbuhan pepaya yang sifat-sifatnya menyerupai apa yang kita kehendaki maka yang harus diperhatikan sebagai berikut.

  1. Pepaya yang sanggup berbuah sepanjang tahun dengan tidak ada kekosongan.
  2. Bentuk buahnya merata dalam sebuah kebun, misalnya saja bentuk elongata yang hanya sanggup dihasilkan oleh bunga petandria tepat atau khusus jenis pepaya jingga.

Hasilnya tiap bulan sanggup diharapkan, dan tak ada waktu yang kosong sebagai jawaban dari animo kemarau. Mutu buahnya baik artinya: rasanya bagus dagingnya sanggup bertahan usang dan tidak cepat lembek jikalau sudah masak. Untuk inilah maka penyerbukan buatan perlu dilakukan. Sedangkan untuk keperluan tersebut pelaksanaannya gampang saja. Kita sanggup mengerjakan sendiri dengan cara: mencari pohon pepaya yang berbuah terus-menerus; menentukan bunga yarg bakal buahnya elongata dan terletak pada ujung bunga beragam dan yang sudah hampir mekar.

Selanjutnya buanglah bunga lainnya yang berada di bawahnya; mengambil bunga jantan yang setangkai dengan bunga yang dibungkus, ini dilakukan 1 ahad sebelum penyerbukan; pilihlah bunga jantan yang belum membuka dan sudah berwama Putih; sesudah kita menentukan bunga betina dan lalu bunga betina yang terpilih ini ditutup dengan kantong kain dan diikat rapat-rapat.

Sehari sebelum bunga yang dibungkus itu membuka, maka serbukkanlah dengan tepungsari dari bunga jantan tersebut. Bunga jantan yang telah disimpan satu ahad lamanya pada ketika penyerbukan, tepung sarinya telah tampak bergumpal pada benang sari. Untuk mempermudah penyerbukan buatan ini, maka terlebih dahulu kita harus membuang semua daun bunganya.

Setelah penyerbukan final maka tutuplah dengan kantong dan lalu diikat erat-erat. Sepuluh hari sesudah itu kantong dibuka; maka tampaklah akan ada perubahan dalam pertumbuhan bakal buahnya. Dengan demikian, maka selesailah kiprah kita untuk menciptakan perkawinan buatan untuk pepaya kita ini. Perkawinan ini disebut perkawinan bunga tepat diserbuk sendiri. Supaya berhasil dalam penyerbukan, maka harus memiliki syarat: diketahui orang tuanya/ asal pohon,
sifat-sifat orang tuanya/pohon asalnya, sanggup dihitung, berapa banyak pohon pepaya yang berkelamin betina dan yang sempurna. Perkawinan ini akan menghasilkan tumbuhan yang perbandingan sexnya 1 jantan :2 hermaphrodit : O betina.


Post a Comment for "Penyerbukan Buatan Pada Pepaya"