Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merawat Belibis Usia 2 Minggu

Janganlah membiarkan anak belibis yang tertinggal pertumbuhannya atau sakit berada dalam kelompok anak belibis sehat. Sebab anak belibis yang sehat akan gampang tertular penyakit. Ransum yang diberikan pada usia 2 ahad masih tetap untuk memakai konsentrat 144 atau "all mash", alasannya alat pencernaannya masih belum benar-benar besar lengan berkuasa untuk mencerna ransum kasar. Jumlahnya perlu ditingkatkan menjadi 3,10 kg perhari untuk 100 ekor anak bebek.

Pengamatan dilakukan dikala bawah umur belibis diberi ransum. Adakalanya beberapa ekor yang menyendiri dan tidak berrñfsu makan. Terhadap anak belibis yang demikian, perlu dipisahkan dan diperiksa secara saksama. Jika malam hari terdengar bunyi gaduh, hendaknya kita segera memeriksanya. Biasanya mereka dikejutkan oleh kehadiran hewan penganggu, orang abnormal atau lampu pemanas tiba-tiba mati. Jangan dibiarkan supaya bawah umur belibis tidak mengalami stres. Apabila bawah umur belibis mendapat ransum yang cukup bergizi (bermutu) dan perawatan yang baik, tentu akan menampakkan pertumbuhan yang menggembirakan. Tidak hanya tubuhnya berkembang tetapi suaranya juga berubah.

Sehingga sepanjang hari lingkungan peternakan tidak sepi oleh suara-suara bawah umur bebek. Pada umur lebih dari dua minggu, bawah umur belibis sudah terbiasa bermain di atas tanah. Oleh alasannya itu, jangan terlalu khawatir kalau melepaskan anak belibis di pelataran yang luas, asalkan masih diberi pagar pembatas. Setiap 10 ekor anak belibis umur di atas dua ahad membutuhkan pelataran seluas 1 meter persegi.

Boleh juga bawah umur belibis di atas umur dua ahad dilepas di sangkar litter. Pada pagi hari pintu atau pagar sebaiknya dibuka sehingga mereka bermain-main di lahan pelataran (umbaran). Namun perlu diingat, sebelum bawah umur belibis dikeluarkan dari kandang, sebaiknya kita menyelidiki pelataran dan memastikan terbebas dari benda-benda yang membahayakan. Benda-benda itu contohnya plastik, karet, bangkai tikus dan benda lainnya. Bangkai tikus dan katak sangat membahayakan alasannya sanggup menimbulkan maut kalau dikonsumsi oleh hewan piaraan kita.


Jika bawah umur belibis telah dilepas di pelataran maka setiap pagi hendaknya kita periksa air di parit (kolam) buatan. Jika keruh, hendaknya diganti dengan yang gres dan yang lebih bersih. Sepanjang hari sanggup dipastikan bawah umur belibis tersebut bermain di pelataran dan seringkali menuju kolam, sekedar minum atau mandi. Apabila di pelataran tidak tersedia parit, sebaiknya disediakan bak-bak yang diisi air. Namun jangan hingga dibiarkan keruh. Setiap hari harus diganti.

Penempatan wadah ransum diusahakan berjauhan dengan kawasan minum atau kolam buatan. Sehingga keadaan ransum tetap baik (tidak terkena air berlebihan). Jika malam hari udara jelek maka penggalan dinding sangkar yang berkawat ren atau berkisi-kisi ditutup dengan plastik atau terpal. Hal ini untuk menjaga suhu udara di dalam sangkar tetap hangat. Adapun di umur lepas dua minggu, kita boleh memperlihatkan formula ransum dari konsentrat yang dicampur dengan dedak bekatul dengan perbandingan 6:1. Artinya 6 penggalan konsentrat dan 1 penggalan dedak bekatul. Sediakan 4 kg/hari untuk setiap 100 ekor.

Post a Comment for "Merawat Belibis Usia 2 Minggu"