Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan Burung Parkit Yang Baik

Burung parkit pada habitat aslinya sanggup mencari, menemukan, dan menentukan banyak sekali macam jenis masakan yang disukainya. Karena ketersediaan banyaknya jenis pakan di alam bebas, baik jenis biji-bijian, rumput-rumputan, serta buah-buahan dengan sendirinya kebutuhan akan vitamin, protein, karbohidrat, dan mineral dengan gampang sanggup terpenuhi. Berbeda halnya dengan burung parkit yang diternakkan dalam sangkar atau kandang, kebutuhan zat-zat masakan tergantung pada penangkar. Oleh alasannya yaitu itu, penangkar harus mengetahui bagaimana memberi pakan yang benar, baik dalam arti kuantitas maupun kualitas, sehingga si burung mungil ini sanggup melangsungkan proses hidupnya secara normal.
A. Syarat Pakan
Syarat pakan yang baik dan benar untuk konsumsi burung pada umumnya dan burung parkit pada khususnya harus memenuhi unsur karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan air. Apabila hal ini terabaikan sudah barang tentu pertumbuhan dan kesehatan burung parkit akan mengalami kelambatan serta gangguan-gangguan kesehatan.

1. Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi dalam badan burung sebagai sumber energi untuk mendorong melaksanakan gerakan-gerakan organ tubuh. Kelebihan proteksi unsur karbohidrat akan ditimbun dalam bentuk lemak, sehingga burung parkit berakibat menjadi kegemukan lalu malas untuk bergerak. Sebaliknya, kalau kekurangan karbohidrat akan menjadi kurus serta kecenderungannya gampang terjangkit penyakit. Seyogyanya proteksi unsur karbohidrat secukupnya sesuai kebutuhan parkit dalam mengkonsumsi. Pakan burung parkit yang mengandung karbohidrat terdapat pada jagung, jewawut, dan millet.

2. Vitamin
Semua makhluk hidup membutuhkan vitamin dalam proses kehidupannya. Tidak saja insan tetapi juga bangsa binatang di antaranya yaitu burung parkit. Vitamin bagi badan burung parkit berfungsi dalam proses metabolisme sel, mempertahankan kesehatan tubuh, mendorong nafsu makan, dan meningkatkan fungsi alat pencernaan. Pada dasarnya, semua jenis pakan untuk burung parkit sudah terkandung atau memenuhi gizi yang dibutuhkan, alasannya yaitu satu sama lain saling melengkapi.

3. Mineral
Kebutuhan mineral sama pentingnya dengan kebutuhan akan karbohidrat, vitamin, dan protein. Bagi burung, mineral berkhasiat untuk memelihara kesehatan tulang dan bulu-bulu yang menyelimuti tubuhnya, menambah nafsu makan, serta menghindari sifat kanibalisme.

4. Protein
Protein dalam badan burung berfungsi sebagai materi pembangun serta pengganti jaringan sel yang mati dan rusak. Protein sanggup bersumber dari protein nabati dan hewani. Apabila porsi proteksi protein berlebihan, burung akan menjadi kegemukan, sebaliknya akan menjadi kurus kalau kekurangan. Sebaiknya diberikan sesuai kebutuhan.

5. Air
Kebutuhan air bagi burung merupakan faktor penting sebagai pengangkut zat makanan, sebagai materi pelembut makanan. Air sanggup bersumber dari materi masakan maupun disediakan oleh penangkar sendiri.

Post a Comment for "Pakan Burung Parkit Yang Baik"