Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Pilihan Untuk Sarang Burung Kenari

Sarang ialah kepingan yang penting dan berperan dalam mendukung proses mengerami, penetasan, sampai perawatan kenari indukan untuk anakan. Maka dari itu, artikel kali ini akan mengulas problem bahan-bahan yang sempurna untuk dijadikan masukang burung kenari. Karena tak sedikit pula penghobi kenari yang resah dan menanyakan materi untuk masukang kenari.

Perlu anda tahu, bahwa di alam liar biasanya burung kenari membuat masukang dari dedaunan kecil, rumput yang kering, serabut-serabut yang lembut, dan lain sebagainya. Burung kenari bukan tipe burung yang pemilih, kalau di sekitar terdapat materi yang dianggap cocok atau sesuai untuk dibentuk masukang, maka diambil.

Sarang ialah kepingan yang penting dan berperan dalam mendukung proses mengerami Bahan Pilihan Untuk Sarang Burung Kenari

Kebanyakan juga penangkar kenari tidak terlalu ribet memikirkan materi untuk masukang kenari, sebab yang terpenting yakni sesuai dengan fungsinya Karena setiap penangkar juga mempunyai pendapat dan selera yang tidak sama-beda, maka dari itu kali ini kami akan share bahan-bahan yang cocok untuk masukang kenari. Jadi, semoga sanggup menjadi pilihan buat sobat bersahabat penghobi kenari untuk kenari keakungan anda.

Berikut yakni beberapa bahan masukang kenari yang sanggup anda pilih sesuai dengan selera atau minat anda:

1. Rumput kering
Rumput kering sanggup menjadi pilihan sebagai materi untuk masukang kenari, selain sangat praktis didapatkan juga tentu tanpa harus mengeluarkan biaya, sudah sanggup mendapatkannya di lingkungan sekitar kita. Bisa juga kita mengambil rumut basah, tetapi harus dikeringkan/dijemur lampau sampai kering. Adapun jenis rumput kering yang sanggup digunakan yakni alang-alang, rumput gajah, rumput teki, dan lain-lain.

2. Kapas
Kapas termasuk materi yang sifatnya hangat, dan biasanya penangkar kenari menambahkan kapas pada masukang kepingan atas dengan tujuan biar kenari lebih hangat. Selain itu,kapas juga berfungsi untuk menyerap kotoran anakan, jadi kapas yang kotor sanggup dengan praktis diganti  kapas yang baru. Kapas juga snagat cocok digunakan pada ketika cuaca dingin, atau disaat trend hujan.

3.Karung goni
Karung goni yang biasanya digunakan sebagai wadah jagung, beras, dan sejenisnya sanggup anda gunakan sebagai materi untuk masukang kenari. Tekniknya cukup gampang, yaitu dengan mencucinya terlebih lampau sampai membersihkan, kemudian menjemurnya sampai kering. Selanjutnya ambil serat-seratnya, kemudian taruh di masukang atau di lantai sangkar, dan biar indukan kenari itu sendiri yang mengambilnya.

4. Daun cemara
Daun cemara juga tidak perlu biaya, cukup dengan mencarinya di sekitar lingkungan kita yang tentu lebih banyak berada di kawasan pepegununganan, seperti: malang, bandung, dan lain sebagainya. Di alam liar, burung kenari juga banyak yang masukangnya terbuat dari daun cemara, jadi tentu cocok dijadikan materi masukang untuk kenari milik anda.

5. Serat nanas
Serat nanas ini juga cukup praktis didapatkan, dan bahannya bersifat lentur. Terkadang juga saking lenturnya sanggup menjerat kaki kenari anakan, tetapi itu tidak terjadi bila anda rajin menyidik kondisi masukang.

Nah, biasanya burung kenari betina yang sudah mulai mengambil masukang yakni kenari yang sudah siap untuk kawin dan bertelur. Adapun tips khusus biar burung kenari cepat bertelur sanggup anda baca pada artikel sebelumnya (baca: cara biar kenari cepat bertelur).

Demikianlah ulasan kali ini wacana bahan-bahan yang manis untuk masukang burung kenari, semoga sanggup menjadi pilihan buat sobat bersahabat kenari mania untuk kenari keakungannya (simak juga: suara kenari).

Post a Comment for "Bahan Pilihan Untuk Sarang Burung Kenari"