Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Cincin (Ring) Pada Kaki Ciblek

Burung Ciblek ialah burung yang cukup berprestasi. Kualitasnya di atas kontes membuat banyak orang yang memakai burung ini jadi peliharaan, dan beberapa di antaranya menimbulkan burung ini menjadi burung kontes. Karena alasan tersebut, tidak jarang dari mereka yang melaksanakan perawatan ekstra dan super ketat untuk burung mereka. Dan hasilnya, tentu saja burung-burung itu pun menang kontes.

Burung Ciblek ialah burung yang cukup berprestasi Teknik Memasang Cincin (Ring) pada Kaki Ciblek

Namun ada yang unik dari sebuah kontes burung, entah itu latber atau kontes umum. Ya, cincin yang dikenakan burung. Cincin tersebut biasanya dipakai sebagai pengenal dari seorang pemilik. Jadi, apabila Anda melihat beberapa burung dengan abjad dan cincin yang sama, itu berarti pemilik dan instruktur burungnya juga sama.

Tapi, tidak tiruana burung dapat dipasangi cincin. Karena umumnya, cara memasang cincin/ring pada kaki Ciblek spesialuntuklah dilakukan pada burung yang masih anakan. Alasannya, kaki anakan burung cenderung lebih lentur, jadi sangat pas untuk dipasangi cincin atau pun ring.

Tapi harus diingat, kaki mereka juga masih ringkih dan simpel patah. Jadi, selain Anda harus hati-hati dalam memang cincin, Anda pun harus memperhatikan kaki burung yang sedang Anda pegang. Pastikan kaki burung nyaman ketika Anda pegang.

Karena kalau tidak, kaki burung akan selalu gerak-gerak,  pemasangan cincin akan terganggu. Dan yang lebih parahnya lagi, ketika pemasangan ini tidak berjalan dengan baik, kaki burung pun dapat saja keseleo atau patah.

Teknik Memasang Cincin Pada Kaki Ciblek yang cepatdangampang dan Aman
Berikut yaitu cara-cara yang harus dilakukan untuk memasangkan cincin pada kaki burung anakan:
1. Siapkan cincin dengan ukuran yang pas dan minyak.
2. Sesudah itu, ambillah burung yang masih berusia muda, yaitu sekitar 5 – 10 hari.
3. Kemudian lumasi kaki burung dengan minyak pelicin secara merata.
4. Sesudah itu, masukan cincin pada kaki burung.
5. Mulailah dengan mamasukan cincin ke 3 jari burung terdepan. Sedangkan jari yang satunya Anda tekuk ke atas, atau ke batang kaki.
6. Masukan ring tersebut secara perlahan. Pastikan  burung nyaman ketika Anda lakukan hal ini.
7. Teruslah tarik cincin tersebut hingga ke atas kaki. Jika tersendat, olesi kaki dan cincin dengan minyak, kemudian lanjutkan kembali.
8. Jika cincin sudah hingga di atas kaki burung, Anda dapat kembalikan posisi tiruana kaki burung ke posisi tiruanla.

Teknik memasang cincin/ring pada kaki Ciblek ini baiknya dilakukan ketika kondisi burung sedang tenang. Jika kondisi belum tenang, sebaiknya hindari aktivitas ini, alasannya sangat beresiko untuk keamanan dan kesehatan burung.

Post a Comment for "Cara Memasang Cincin (Ring) Pada Kaki Ciblek"