Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjodohkan Kenari Betina Dan Jantan

Beternak kenari termasuk sebagai perjuangan bisnis yang cukup menjanjikan. Jika dilihat dari banyaknya penggemar burung kenari, maka tentu prospek kedepannya terlihat cukup bagus. Ternak kenari tidaklah susah, sehingga bagi siapa saja juga sangat cocok untuk mengakibatkan ternak kenari atau budidaya kenari sebagai perjuangan yang sangat menjanjikan. Banyak kalangan awam yang mencari tahu cara beternak kenari, setelah memahami hal-hal penting untuk perawatannya, maka tidak susah bila eksklusif terjun untuk memulai beternak kenari. Bisa dilihat pada artikel yang sudah kami publikasikan yakni mengulas seputar cara ternak kenari bagi pemula.

Beternak kenari termasuk sebagai perjuangan bisnis yang cukup menjanjikan Teknik Menjodohkan Kenari Betina dan Jantan

Dalam berternak kenari semoga sukses tentu harus tahu beberapa hal penting, khususnya bagi pemula. Peternak kenari juga harus tahu jenis-jenis kenari apa saja yang ketika ini sedang terkenal di pamasukan, misanya kenari yorkshire, kenari af, kenari lokal. dan masih banyak yang lainnya. Selain itu juga harus tahu kenari mana yang dapat dibilang langka atau jarang ada di pamasukan, semisal kenari merah. Sesudah mengetahui aneka macam macam jenisnya, tentu tidakboleh hingga ketinggalan juga untuk mengetahui harga kenari terbaru bulan ini, sehingga sobat akrab kenari mania akan lebih praktis menyesuaikan harga dalam hal pembelian kenari maupun penjualannya.

Pada umumnya ketika memulai beternak kenari dimulai dari cara menentukan indukan burung kenari. Tentu sebagai peternak kenari juga harus mengetahui benar indukan yang sempurna untuk diternak itu ibarat apa. Tapi ini juga ialah opsional atau pilihan bagi peternak kenari dalam menentukan indukan, terserah peternak kenari ingin menentukan indukan dari jenis kenari yang mana saja juga bagus-bagus saja. Sebaiknya dalam menentukan indukan kenari juga harus diperhatikan kualitasnya, serta yang banyak dicari para penggemar kenari. Misalnya di pamasukan pada heboh dengan burung kenari jenis yorkshire, maka peternak kenari dapat mencoba mendapat indukan kenari yorkshire yang berkarakter.

Agar sukses dalam beternak kenari, maka diharapkan penjodohan kenari betina dengan kenari jantan. Banyak juga kenari mania pemula yang belum mengetahui cara menjodohkannya, maka akan kami jelaskan. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencodohkan kenari ialah sebagai diberikut:

- Ciri-ciri Kenari Siap Kawin

Berikut ialah ciri-ciri kenari jantan dan betina yang siap untuk dikawinkan:

1. Kenari Jantan
  • Pada burung jantan yang sudah siap kawin biasanya indentik dengan kebiasannya yaitu rajin dalam berkicau atau yang sering disebut dengan istilah gacor. Biasanya dapat dilihat ketika burung kenari jantan berkicau sambil menurunkan kedua akupnya.
  • Biasanya kenari jantan yang siap kawin, maka suaranya akan lebih lantang dari biasanya. Selain itu juga diiringi dengan irama yang panjang, dan tidak terputus-putus (simak: suara kenari).
  • Kenari jantan yang siap kawin biasanya juga ditandai  dengan gerakan naik turun kandang bila didekatkan dengan kenari betina.
2. Kenari Betina
  • Pada kenari betina yang siap kawin biasanya terlihat resah atau gelisah ketika mendengarkan bunyi kicauan dari kenari jantan. 
  • Saat mendegarkan kenari jantan berkicau biasanya kenari betina mengepakkan kedua akupnya sambil berbunyi kecil atu mencicit.
  • Kenari betina yang siap kawin biasanya juga sering kali mengangkut daun-daun kering, kertas, bulu, ataupun homogen benda lembut dan tipis untik dibawa ke atas.
  • Pada bab fisik kenari betina ditandai dengan cara meihat kelabuinnya. Apabila kelabuin kenari betina membengkak atau memerah, maka tandanya sudah siap kawin.
- Teknik Menjodohkan Kenari
Adapun  cara dalam menjodohkan burung kenari dapat disimak poin-poinnya diberikut ini:
  • Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjodohkan kenari ialah mendekatkan kandang kenari jantan dengan kandang kenari betina hingga berdampingan, dengan tujuan semoga keduanya saling mengenal lebih dekat. 
  • Biasanya kenari yang sudah jodoh ditandai dengan agresifnya kenari jantan, dan ini dapat dilihat pada kenari jantan yang rajin berkicau sambil menambrak-nambar ruji sangkar, dan kenari betina yang mendengarkan bunyi kenari jantan akan membisu membungkuk.
  • Biasanya kenari sudah berjodoh ditandai juga pada kenari jantan maupun betina yang saling meloloh. Pada kondisi ibarat ini, maka kenari jantan sudah dapat disatukan dengan kenari betina dalam satu sangkar.
  • Pertama kali disatukan, biasanya kenari jantan semakin bernafsu dengan menyerang dan bertarung dengan kenari betina. Oleh alasannya ialah itu perlu juga pengawasan pada indukan.
  • Apabila selama 2 hingga 3 hari kondisinya masih sering bertarung, maka sebaiknya keduanya dipisahkan kembali, dan mengulang kembali penjodohan kenari dari awal.

Demikianlah sedikit isu tentang cara menjodohkan kenari yang dapat kami tulis dalam blog budidaya kenari ini. Semoga sobat akrab kenari mania yang berniat untuk melaksanakan penjodohan pada kenari jantan dan betina dapat sukses.

Post a Comment for "Cara Menjodohkan Kenari Betina Dan Jantan"