Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebab Telur Kacer Tidak Menetas Dan Cara Mengatasinya

Menetasnya telur Kacer yaitu salah satu hal yang paling dinantikan oleh tiruana peternak Kacer. Pasalnya, dikala telur ini menetas, seorang peternak haruslah mulai untuk merawat dan memperhatikan piyik Kacer yang masih ringkih tersebut. Tapi di luar itu tiruana, menetasnya telur ini juga menjadi awal dari laba finansial dari seorang peternak.

Tapi terlepas dari tiruana laba di atas, proses pengeraman telur sering sekali meninggalkan masalah, dan terkadang menjadikan telur-telur tersebut tidak menetas. Jika sudah begini, seorang peternak niscaya akan merugi. Lalu, bersama-sama apa faktor penyebab telur Kacer tidak menetas dan cara mengatasinyab itu menyerupai apa?

Menetasnya telur Kacer yaitu salah satu hal yang paling dinantikan oleh tiruana peternak Kace Faktor Penyebab Telur Kacer Tidak Menetas dan Teknik Mengatasinya

Penyebab Telur Kacer Tidak Menetas
Di samping lantaran proses pengeraman telur yang buruk, masih ada beberapa hal lain yang mengakibatkan telur-telur Kacer tidak jadi menetas. Maka dari itu, untuk meminimalisir telur yang tidak menetas, sebaiknya Anda hindari beberapa penyebab tersebut.

Adapun penyebab-penyebab yang dimaksud yaitu sebagai diberikut:

1. Telur tidak dibuahi pejantan
Hal menyerupai ini sering sekali terjadi pada pengembang biakan Kacer. Menurut beberapa orang yang sudah mengalami hal ini, telur-telur tersebut tidak dapat menetas lantaran tidak mempunyai embrio Kacer di dalamnya. Dan penyebab dari hal ini sendiri umumnya terjadi lantaran telur tidak dibuahi oleh sel sperma pejantan.

2. Pengeraman telur yang tidak optimal
Penyebab utama telur Kacer tidak menetas yaitu lantaran telur-telur tersebut tidak menjalani proses pengeraman yang baik. hal tersebut umumnya terjadi lantaran indukan Kacer segan mengeram dan tidak betah berada di sangkar.

3. Kondisi kandang yang kurang kondusif
Kondisi kandang yang tidak aman juga menjadi lantaran lain telur Kacer tidak menetas. Pasalnya, kalau kondisi kandang kurang nyaman dan tidak kondusif, itu akan mengakibatkan indukan Kacer enggan untuk mengeram.

Teknik Mengatasi Telur Kacer yang Tidak Menetas
Teknik mengatasi telur Kacer tidak menetas bersama-sama dilakukan menurut penyebabnya. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telur yang tidak menetas ini yaitu sebagai diberikut:

1. Berikan asupan pakan Kacer dengan porsi dan nutrisi yang cukup.
2. Meterbaikkan proses penjodohan antara indukan jantan dan betina Kacer.
3. Memmembuang setidaknya 3 telur pertama Kacer, lantaran ketiga telur tersebut disinyalir yaitu telur-telur infertil.
4. Meminimalisir gangguan untuk indukan Kacer yang sedang mengerami telur.
5. Membuat masukang yang nyaman dan yummy untuk ditempati.
6. Mengkondisikan lingkungan sekitar masukang biar senantiasa aman dan nyaman bagi indukan Kacer yang sedang mengerami telur.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi telur Kacer yang tidak menetas. Oh ya, selain untuk Kacer, cara-cara  di atas juga dapat dipakai untuk beberapa jenis burung kicau lainnya. Hanya saja, untuk jenis burung yang lain, Anda harus lakukan beberapa pembiasaan dalam hal pakan dan masukangnya.

Post a Comment for "Faktor Penyebab Telur Kacer Tidak Menetas Dan Cara Mengatasinya"