Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakter Unik Burung Anis Merah

Dari tampilan fisik luarnya, anis merah termasuk burung monomorfik (bukan dimorfik). Anis merah jantan maupun betina tidak mempunyai perbedaan yang terang baik warna bulu maupun ukuran fisiknya. Untuk burung yang sudah dewasa, bab bulu kepala, leher, dada, dan bab di atas perut berwarna jingga atau merah bata. Bagian akup, punggung, dan buntut bab luar berwarna hitam sedikit keabu-abuan. Pada bab bahunya atau akup luar bab atasnya terdapat sedikit bab bulu berwarna putih. Bagian mata dan paruhnya berwarna hitam.

 Anis merah jantan maupun betina tidak mempunyai perbedaan yang terang baik warna bulu maup Karakter Unik Burung Anis Merah

Rata-rata anis merah sampaumur mempunyai panjang badan sekitar 22 cm, dengan panjang bab buntut sekitar 10 cm. bab buntutnya itu sendiri terbagi menjadi dua bagian. Ekor bab luar berwarna hitam dan berukuran lebih panjang, sedangkan buntut bab dalam berwarna putih dan berukuran pendek. Ketika sedang terkejut atau sedang berkicau, bab buntut tersebut akan ditekuk ke bawah atau digerakkan membuka dan menutup sehingga akan terlihat menarikdanunik.

Di mata kalangan penghobi burung kicau, anis merah dianggap sebagai burung yang mempunyai abjad unik, baik dari segi suara, gayanya sewaktu bernyanyi, hingga sifat-sifatnya (simak: suara anis merah).

Karakter unik anis merah tersebut antara lain:

1. Sangat sensitif
Secara umum, orang menilai anis merah sebagai burung yang sangat sensitif. Sedikit perubahan mulai dari suasana kandang, suhu udara, perubahan setelan pakan, melihat benda yang guah, hingga pergantian pemilik atau perawat sanggup membuat burung ini stress hingga mogok atau macet bunyi.

2. Berkicau sambal “teler”
Salah satu abjad unik yang dimiliki anis merah yaitu saat sedang gacor atau sedang rajin bernyanyi, anis merah akan memamerkan suaranya sambal bergaya menyerupai sedang mabuk atau teler, yakni dengan mendoyongkan tubuhnya ke kanan dank e kiri sambal mengangkat kedua akupnya dan menekuk lehernya ke bab bawah, yang kemudian oleh para penghobi burung kicau dikenal dengan istilah “teler”.

3. Tingkat berahi simpel naik
Rata-rata anis merah jantan sampaumur mempunyai tingkat berahi yang relative cenderung simpel naik. Pemdiberian pakan pemanis atau ekstra (extra fooding) secara berlebih, penjemuran yang terlalu sering, atau melihat pribadi anis merah betina sanggup dengan cepat menaikkan tingkat berahinya.
Sering macet berkicau sehabis masa mabung

Rata-rata anis merah jantan simpel macet berkicau sehabis final mengalami masa rontok bulu atau mabung, khususnya mabung pertama hingga mabung kedua atau saat burung masih di bawah usia 1,5 tahun. (Suryo S.)

Post a Comment for "Karakter Unik Burung Anis Merah"