Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membawa Bibit Anis Merah Ke Lokasi Baru

Mungkin anda yakni salah satu sobat bersahabat penggemar anis merah yang berniat untuk membeli anis merah. Nah, jikalau dari pasar burung hingga rumah jaraknya sangat jauh, maka tentu diharapkan taktik bagaimana caranya semoga burung yang dibeli itu tetap dalam kondisi normal dan datang di rumah pun tidak hingga terjadi masalah.

Mungkin anda yakni salah satu sobat bersahabat penggemar anis merah yang berniat untuk membeli anis  Tips Membawa Bibit Anis Merah Ke Lokasi Baru

Sewaktu membeli burung baik bakalan maupun burung dewasa, burung harus dibawa dengan hati-hati supaya ketika hingga rumah tidak mengalami cedera fisik maupun terganggu mentalnya.

Langkah-langkah dalam membawa burung dari pasar atau lokasi pembelian hingga hingga rumah adalah:

1. Beli obat anti stress ke dalam minuman
Sebelum burung diangkut ke rumah atau lokasi baru, burung sanggup terlebih lampau didiberi minum yang ke dalamnya sudah dimasukkan atau dicampur obat anti stress. Tujuan pemdiberian obat ini yakni untuk meminimalisir resiko munculnya stress tanggapan perjalanan selama pengangkutan, hingga proses pembiasaan burung terhadap daerah tinggalnya yang baru. Tindakan serupa juga dilakukan ketika burung sudah hingga di daerah tujuan.

2. Burung sanggup dimasukkan ke dalam kandang dan dikerondong
Sebagai catatan, hingga ketika ini sebagian orang sewaktu membeli burung kicau dari pasar ataupun penangkar, biasanya akan memasukkan burung burung tersebut ke dalam kantong kecil berbahan bekas kantong semen yang sudah dicuci dan dikeringkan. Namun, sekalipun sudah membersihkan, gotong royong kemasan dengan memakai materi bekas kantong semen tersebut tidak baik bagi kesehatan burung yang ada di dalamnya. Bahan kantong semen tersebuttetap meninggalkan sisa anyir dari semen yang kemungkinan besar akan terhirup oleh burung sehingga sanggup mengganggu kesehatannya.

3. Burung Dimasukkan ke dalam kardus yang sudah dirancang
Sangat dimasukankan sewaktu membeli burung, pembeli memasukkan burung tersebut ke dalam kemasan kardus yang memang sudah dirancang untuk burung dengan lubang-lubang kecil untuk ventilasi udara, atau akan lebih baik lagi apabila burung dimasukkan ke dalam kandang kemudian dikerondong. Masukkan burung ke dalam kandang yang dikerondong ini akan jauh lebih nyaman bagi burung, baik itu untuk perjalanan bersahabat maupun jauh sehingga resiko stress ataupun kelelahan selama perjalanan sanggup diminimalisasi.

4. Gantangkan kandang di daerah yang teduh dan sejuk
Begitu hingga di daerah tujuan, kandang burung eksklusif digantangkan di daerah yang teduh dan sejuk. Kerondong kandang tidakboleh eksklusif dibuka atau dibuka sebagian saja, setidaknya hingga satu jam kemudian semoga burung lebih mendapat angin segar. Akan lebih baik apabila burung digantang di bersahabat sumber air atau terdapat bunyi air yang jatuh, missal di bersahabat pancuran kolam ikan. Perlakuan semacam ini akan megampangkan proses pembiasaan burung terhadap suasana lingkungan daerah tinggalnya yang baru.

5. Letakkan kandang di lokasi tersendiri (soliter) atau jauhkan dari burung lain
Selain itu, ketika gres dating, burung sebisa mungkin digantang di lokasi tersendiri atau soliter sehingga jauh dari kandang burung yang lain. Burung yang gres dating biasanya minder atau simpel stress apabila melihat ataupun mendengar bunyi burung lain di dekatnya.

6. Didiberi pakan serangga atau cacing tanah segar
Burung yang gres dating sebaiknya tidakboleh eksklusif didiberi pakan voer. Biasnaya nafsu makannya turun alasannya stress dan kelelahan tanggapan perjalanan jauh. Untuk itu, pakan yang eksklusif didiberikan yakni pakan jenis serangga ibarat jangkrik, kroto, dan ditambah sedikit (biasanya satu buntut) cacing tanah. Alasannya, pakan jenis tersebut memang sangat disukai anis merah, dan sekaligus sanggup mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan gizi burung. Sesudah selang beberapa jam, burung sanggup didiberikan pakan voer dan juga pakan buah-buahan serangga kebutuhan unzur gizinya benar-benar tercukupi.

7. Jangan eksklusif dimandikan
Burung yang gres saja dating, tidakboleh eksklusif dimandikan. Tapi, cukup diangin-anginkan saja dengan digantang di daerah yang teduh dan sejuk. Burung membutuhkan proses pembiasaan dengan lingkungan gres dan sekaligus pula proses pemulihan dari kelelahan tanggapan perjalanan. proses memandikan burung sanggup dilakukan seletah setidaknya 2-3 jam kemudian. (Suryo S.)

Post a Comment for "Tips Membawa Bibit Anis Merah Ke Lokasi Baru"