Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Gelatik Batu

Burung gelatik watu termasuk burung kicau yang mempunyai banyak kelebihan, dan termasuk burung yang digemari di negeri ini. Gelatik batu mempunyai bunyi yang sangat merdu, sangat manis bila suaranya tersebut dijadikan materi untuk melatih bunyi burung kicau (download: suara gelatik batu). Burung gelatik watu juga tampilan fisiknya cukup indah, maka terlihat nampah sangat istimewa. Maka, masuk akal sekali bila banyak yang berminat untuk mempunyai burung ini.

Burung gelatik watu termasuk burung kicau yang mempunyai banyak kelebihan Ciri-Ciri Burung Gelatik Batu

Banyak yang menganggap bahwa burung gelatik watu ini hampir sama dengan gelatik Jawa, padahal ada perbedaan. Kalau gelatik watu lebih menyukai pakan dari jenis serangga, sedangkan gelatik jawa menyukai pakan berupa biji-bijian, dan gelatik jawa juga termasuk dalam jenis burung pipit.

Meskipun burung ini postur fisiknya sangat mungil sekali, tetapi tidakboleh salah, bahwa bunyi kicauan gelatik jawa sangat unik sekali. Burung ini sangat simpel menyesuaikan diri dengan lingkungan, jadi termasuk burung yang tidak simpel stres. Selain itu juga perawatan harian cukup gampang, alasannya yakni bukan tipe burung yang anyi-anyi atau malas makan bila dikasih pakan kesukaannya. Pakan kesukaan gelatik watu yakni jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, dan lain sebagainya.

Gelatik watu genusnya yakni genus parus, dan nama ilmiahnya yakni parus major, sedangkan dalam bahasa inggris disebut coal tit. Burung ini kalau dimaster sanggup juga disandingkan dengan burung kicau lain seperti: ciblek, kacer, pleci, dan lain sebagainya. Selain alasannya yakni simpel beradaptasi, juga memilii mental yang tangguh.

Burung gelatik watu saat di alam bebas hidup di kawasan pepegununganan yang banyak pepohonan tinggi. Burung ini hidupnya bahagia berkelompok, bantu-membantu mencari makan, selain itu juga termasuk burung yang berenergic, sangat lincah.

Adapun ciri-ciri gelatik watu diantaranya ialah sebagai diberikut:
  • Tubuhnya mungil, berukuran 13 cm.
  • Tubuh berwarna hitam, abu-abu, dan putih. 
  • Bagian kepala berwarna hitam.
  • Kerongkongan juga warna hitam.
  • Terdapat bercak putih di sekitar wajah.
  • Mata berwarna hitam legam.
  • Terdapat garis-garis putih di bab akupnya.

Demikianlah sekilas gosip terkena burung gelatik watu yang sanggup kami ulas pada peluang kali ini, supaya menjadi wawasan bagi kita tiruana akan ragam burung kicau di Indonesia. 

Post a Comment for "Ciri-Ciri Burung Gelatik Batu"