Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Membedakan Burung Betet, Nuri Dan Kakatua Disertai Gambarnya

Betet, nuri dan kakatua ialah kelompok burung berparuh bengkok yang susah dibedakan, terkhusus di antara betet dan nuri. Tidak sedikit para pemula yang bertanya di grup-grup terkena perbedaan mereka bertiga. Misalnya pertanyaan, "Mastah bagaimana cara membedakan nuri sama betet dan kakatua?"

Namun bahwasanya burung paruh bengkok bukan cuman nuri, betet dan kakatua. Di seluruh dunia hampir ada sekitar 328 spesies burung parung bengkok, dan 78 spesies diantaranya tersebar di Indonesia bab timur menyerupai Papua, Maluku, Halmahera, Sulawesi, Nusa Tenggara dan pulau-pulau kecil yang ada di sana.

Nah biar kawan-kawan tidak kebingungan membedakan burung yang terkenal ini, maka di sini hobinatang akan mengulas perbedaan-perbedaan betet, nuri dan kakatua menurut ciri-ciri dan pembagian terstruktur mengenai ilmiahnya.

Perbedaan Burung Betet, Nuri dan Kakatua dan Gambarnya


 nuri dan kakatua ialah kelompok burung berparuh bengkok yang susah dibedakan 3 Teknik Membedakan Burung Betet, Nuri dan Kakatua Disertai Gambarnya

Membedakan mana yang betet, mana yang nuri dan mana yang kakatua bahwasanya sangatlah gampang, yang penting kalian serius pada goresan pena di bawah ini dan juga pada gambar yang sudah dilampirkan.

1. Perbedaan erdasarkan pembagian terstruktur mengenai ilmiah dari betet, nuri dan kakatua


 nuri dan kakatua ialah kelompok burung berparuh bengkok yang susah dibedakan 3 Teknik Membedakan Burung Betet, Nuri dan Kakatua Disertai Gambarnya

Ini yang paling utama, dari segi kekeluargaan mereka tidak sama. Silahkan lihat pada gambar di atas, di sana ada peta kelompok burung paruh bengkok. Yang paling atas ialah Psittaciformes, kemudian ada superfamili Psittacoidea dan seterusnya. Lalu mereka bertiga golongan yang mana?

a). Burung nuri dan betet


Nah kedua burung ini masih satu keluarga dari Psittaculidae (cocokan sama gambar di atas), maka tak heran bila di wikipedia betet dipanggil nuri begitu juga sebaliknya. Yang membedakan ialah betet biasa masuk ke subfamili Psittaculinae genus Psittacula, sedangkan nuri (seperti nuri kepala hitam) masuk subfamili Loriini, genus Lorius. Jangan bingung-bingung ya! kwkw

Jenis betet juga ada banyak, menyerupai bayan dan lain lain. Tapi bayan juga kadang dipanggil nuri. Baca: ciri ciri nuri bayan dan perawatannya.

Sedangkan jenis nuri juga banyak sekali, yang sudah kami tulis ada jenis nuri kepala hitam dan nuri pelangi.

b). Burung kakatua


Adapun kakatua beda sendiri, ia dari keluarga Cacatuidae, genus Cacatua. Namun mereka bertiga (nuri, betet dan kakatua) masih satu keturunan/ordo/kelompok Psittaciformes. (Lihat fotonya broo). Gimana paham kan?

2. Ciri ciri antara nuri, betet dan kakatua


 nuri dan kakatua ialah kelompok burung berparuh bengkok yang susah dibedakan 3 Teknik Membedakan Burung Betet, Nuri dan Kakatua Disertai Gambarnya

Nah poin kedua ialah cara membedakan burung betet nuri dan kakatua menurut ciri-cirinya. Nuri dan betet hampir sama, namanya juga masih satu famili.

a). Nuri


Sering juga dipanggil kasturi dan perkici. Ciri khasnya berkaki pendek, berjari empat (dua jari menghadap depan dan lainnya ke belakang). Paruhnya melengkung relatif panjang, dan yang utama lidahnya berbulu menyerupai sikat diujungnya sehingga praktis untuk menyerap madu bunga. Tapi masakan utamanya juga buah dan biji. Adapun warna bervariasi, tergantung jenisnya, namun hampir tiruana jenis nuri mencolok.

b). Burung betet


Bisa dikatakan ia juga burung nuri. Untuk bentuk paruh tidak jauh beda sama nuri, warnanya juga cerah. Khusus untuk bayan, warna jantan dan betina tidak sama. Jantan warnanya hijau dan betina warna merah (lihat foto di atas). Dipanggil betet mungkin alasannya ialah suaranya yang "teeeet ... teeeet". hehe. Namun untuk betet lidahnya berbentuk batang agak gepeng.

c). Kakatua


Kakatua paling praktis dibedakan, cukup lihat bulu jambul di kepalanya yang sanggup mengambang dan menutup. Begitu juga warnanya yaitu putih, bubuk abu dan hitam. Untuk ujungnya biasanya pendek, kemudian uniknya ia suka menjerit dan cerewet, sanggup juga menggandakan bunyi insan namun tak seahli beo.

Kalau ciri ciri fisik lainnya kurang lebih sama menyerupai paruh bengkok lainnya, yaitu berbadan gempal, padat, berakup kuat, paruh besar, melengkung dan runcing.

3. Sifat makan nuri, betet dan kakatua


 nuri dan kakatua ialah kelompok burung berparuh bengkok yang susah dibedakan 3 Teknik Membedakan Burung Betet, Nuri dan Kakatua Disertai Gambarnya

Terakhir ialah perbedaan abjad makannya. Namun ini gres pendapat hobis yang pernah memelihara ketiga jenis burung ini.

Katanya nuri/kasturi/perkici suka makan yang mengandung gula, kurang berpengaruh bila menggrogoti kayu (kecuali nuri tanau). Makanya di atas tadi pengecap nuri terdapat semacam bulu sikat.

Adapun betet dan kakatua doyan makan yang keras-keras bahkan sanggup merusak kayu. Jenis pakan tetap sama tiruana hehe. Intinya tiruana jenis paruh bengkok bagus-bagus, tapi tidakboleh asal pelihara, alasannya ialah sebagian jenis ada yang dilindungi undang-undang. Lestarikanlah burung kita. What, burung kita? ixixi

Itulah perbedaan nuri betet dan kakatua. Tulisan ini ditulis menurut penelitian langsung dan pengamatan para ahli. Jika kalian menemukan kesalahan silahkan tulis komentar di bawah, dan dihentikan copypaste tanpa sertakan sumber. Tapi bila mau bagi link di grup-grup sangat dimasukankan. Sekian terimakasih

Post a Comment for "3 Cara Membedakan Burung Betet, Nuri Dan Kakatua Disertai Gambarnya"