Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Metode Perawatan Molting (Ganti Bulu) Pada Burung Ciblek

Burung Ciblek sejatinya tidak jauh bertidak sama dengan burung-burung pada umumnya. Baik itu perawatan, petes, atau pun penyakit, burung ini mempunyai kesamaan dengan burung lainnya. Tapi untuk urusan pakan, mungkin beberapa burung mempunyai sedikit perbedaan. Tapi perlepas daripada itu, hampir tiruana burung mempunyai kesamaan. Salah satunya yaitu sama-sama mengalami molting.

Molting sendiri ialah proses normal yang dialalami burung untuk mencapai kedewasaan. Biasanya, burung yang mengalami molting akan kehilangan bulunya secara bertahap. Tapi sehabis proses ini berakhir, burung akan mempunyai bulu-bulunya kembali.

Burung Ciblek sejatinya tidak jauh bertidak sama dengan burung 4 Metode Perawatan Molting (Ganti Bulu) pada Burung Ciblek

Sesudah melewati proses ini, bulu burung akan tumbuh dan lebat dengan sendirinya. Hanya saja, jikalau berbicara kapan, tiruana tergantung pada metode perawatan molting pada Burung Ciblek itu sendiri, apakah efektif atau tidak.

Perlu diketahui, beberapa perawatan mungkin terbilang efektif sebab sudah banyak yang menggunakan. Tapi sebagian lainnya, belum terbukti ampuh untuk mempercepat proses molting. Artinya, perawatan-perawatan ini belum banyak digunakan, dan keefektivitasannya pun masih dipertanyakan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir akan perawatan yang efektif dan teruji. Karena diberikut yaitu beberapa metode perawatan yang sudah terbukti ampuh sanggup mempercepat proses molting pada burung:

1. Perawatan dengan full kerodong
1.1. Petama, pindahkan burung ke daerah yang lebih hening dan diberikan full kerodong selama Ia dalam kondisi molting.
1.2. Berikan asupan extra food (EF)/makanan ekstra yang lebih banyak dari biasanya, khususnya pemdiberian kroto.
1.3. Penjemuran baiknya dilakukan 2 ahad sekali, setiap pagi, selama 30 menit.
1.4. Hindari perawatan mandi selama kondisi burung sedang molting.
1.5. Maksimalkan proses pemasteran dengan bunyi Kenari.

2. Metode perawatan dengan mandi dan berjemur
2.1. Selama proses molting,burung boleh dimandikan dan dijemur, namun dengan durasi yang lebih sedikit.
2.2. Perawatan molting pada Burung Ciblek ini pun sanggup dilakukan dengan proses mandi enteng, atau mandi yang spesialuntuk dilakukan dengan penyemprotan sprayer, tanpa membuat burung berair kuyup.
2.3. Penjemuran sanggup dilakukan tiap hari,yaitu dari jam 7 – 8 pagi. Durasinya pun dilarang lebih dari 1 jam. Cukup 30 – 45 menit setiap pagi.
2.4. Sesudah penjemuran selesai, burung sanggup diangin-anginkan, kemudian dikerodong dan digantang di daerah yang lebih tenang.
2.5. Pemdiberian pakan sanggup dilakukan dikala proses penggantangan. Pakan sendiri terdiri bermacam-macam EF, sanggup berupa jangkrik atau pun kroto.
2.6. Pengangin-anginan juga dilakukan jam 1 siang selama 15 menit. Sesudah proses ini selasai, burung sanggup kembali dikerodong hingga jam 4 sore.
2.7. Saat jam 4 sore, burung didiberikan pakan berupa setengah sendok teh kroto segar. Sesudah itu kembali dikerodong dan biarkan Ia diberistirahat.
2.8. Metode perawatan molting pada Ciblek ini baiknya dilakukan tiap hari hingga bulu-bulu halus muncul dan tumbuh.

3. Metode perawatan minyak ikan tanpa mandi dan berjemur
3.1. Saat proses molting, burung dianjurkan dalam kondisi full kerodong, tanpa mandi atau pun berjemur.
3.2. Pakan baiknya didiberikan tiap hari, yaitu pagi dan sore, dengan hidangan tawaran berupa ½ sendok makan jangkrik dan 2 ujung jangkrik.
3.3. Pemdiberian minyak ikan atau anak ikan pun sanggup didiberikan tiap hari untuk merangsang pertumbuhan bulu.
3.4. Penggantangan juga mesti dilakukan setiap hari, baiknya dilakukan di daerah lembab dan tenang. Proses ini juga sanggup dibarengi dengan proses pemasteran bunyi Kenari.
3.5. Sesudah bulu halus mulai tumbuh, burung sanggup rutin didiberikan perawatan mandi.

4. Metode perawatan dengan karantina dan suplemen
4.1. Metode perawatan molting pada Burung Ciblek ini haruslah dilakukan berjauhan dengan burung sejenis, atau burung yang sanggup merangsang kegiatan berkicau.
4.2. Baiknya tempatkan burung pada ruangan kosong, tenang, dan sedikit lembab.
4.3. Jangan lupa untuk lakukan perawatan full kerodomg biar burung lebih hening dan tidak stres.
4.4. Pemasteran juga sanggup dilakukan tiap hari, yaitu dikala kondisi sedang hening dan rileks dikala digantang.
4.5. Berikan juga EF secara rutin, baik itu pagi dan sore hari.
4.6. Untuk mempercepat proses, Anda sanggup gunakan multivitamin burung yang mempunyai kegunaan untuk mempercepat proses molting dan membuat kondisi burung tetap fit dikala molting.

Itulah tadi 4 metode perawatan molting pada Burung Ciblek. Anda sanggup menerapkan perawatan ini dikala kondisi burung sedang molting. melaluiataubersamaini menerapkannya, diperlukan proses molting akan berjalan lancar dan sempurna.

Post a Comment for "4 Metode Perawatan Molting (Ganti Bulu) Pada Burung Ciblek"