Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Makanan Ikan Mas Biar Cepat Besar

Makanan ikan mas- Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini? Ikan mas ialah salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebab dagingnya bertekstur lembut, empuk dan rasanya yummy serta bergizi tinggi.

Maka tak heran apabila banyak peternak ikan yang membudidayakannya demi meraup laba yang besar. Dan tidak sedikit pula para pembudidaya ikan mas yang terus mencari cara biar ikan yang dipeliharanya cepat besar. Sehingga sanggup segera dipguan dan dijual di pasar dengan harga yang sangat tinggi.

Baca: cara budidaya ikan mas yang benar untuk pemula

Bagaimana cara biar ikan mas sanggup cepat besar?

Salah satu cara mempercepat pertumbuhan ikan mas yaitu dengan memperhatikan faktor makanannya. Oleh lantaran itu di sini hobinatang.com akan mengulas apa saja kuliner ikan mas biar cepat besar dan sehat.

Makanan Ikan Mas


 Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Sebenarnya jenis pakan ikan mas sendiri hampir sama dengan jenis pakan mas koki. Hanya saja di sana ada sedikit perbedaan antara kuliner ikan mas biasa dan ikan mas koki. Baiklah pribadi saja diberikut jenis-jenis pakan ikan mas supaya cepat besar.

1. Makanan Ikan Mas Pelet

 

 Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Kebanyakan dari pembudidaya ikan mas menggunakan pakan buatan untuk mempercepat pertumbuhan si ikan. Salah satu pakan buatan tersebut yaitu pelet.

Pakan pelet sangat cocok sekali didiberikan pada ikan mas baik yang masih anakan atau dewasa. Rata-rata peternak ikan mas menimbulkan pelet sebagai kuliner utamanya. Karena takaran gizi dan nutrisi di dalam kuliner buatan ini sudah diubahsuaikan dengan kebutuhannya.

Sehingga tidak tiruana produk pelet mempunyai fungsi yang sama. Ada yang berfungsi mempercepat pertumbuhan dan ada pula fungsi lainnya. Nah, biar cepat besar sebaiknya menentukan produk pelet yang proteinnya tinggi di atas 32%. Atau sanggup juga kalian menanyakan pribadi kepada penjualnya wacana brand pelet yang sanggup mempercepat pertumbuhan ikan mas.

2. Cacing Tanah


 Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Kadang tidak selamanya kita sanggup membeli pakan pelet. Lambat laun kita akan kesusahan mengeluarkan biaya untuk pakan buatan menyerupai pelet. Apalagi kalau pengeluaran kita tidak seimbang dengan hasil penjualan ikan masnya. Maka sebagai alternatif lainnya kita sanggup menggunakan pakaian mas alami menyerupai cacing tanah.

Selain pelet, cacing tanah juga sangat baik bagi pertumbuhannya. Sebab cacing tanah mengandung protein sampai 40% atau lebih. Kaprikornus sanggup memmenolong pertumbuhan ikan mas.

Disamping itu ikan mas juga sangat menyukai pakan cacing tanah alias kuliner kesukaannya. Dan untuk mendapatkannya pun cukup gampang, sobat akrab sanggup mencarinya di kebun atau daerah berlumpur. Akan tetapi bila kalian mau mempersembahkan cacing tanah pada ikan mas sebaiknya dicuci lampau biar tidak membuatkan bibit penyakit yang menimbulkan selesai hayat pada si ikan.

3. Ulat Daun Pisang


 Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Makanan ikan mas yang ketiga yaitu ulat daun pisang. Ulat daun pisang diyakini mempunyai kandungan nutrisi sangat banyak sehingga sanggup memmenolong pertumbuhan ikan mas dengan baik. Kalian sanggup menjadikannya sebagai kuliner pokok atau sampingan.

Untuk mendapatkannya kalian sanggup mencari di penggalan daun pohon pisang yang tergulung. Kemungkinan besar di dalamnya terdapat ulat.

4. Cacing Sutera


 Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Pakan ikan mas alami cacing sutera juga sangat direkomendasikan lantaran mengandung gizi dan nutrisi lengkap. Proteinnya saja mencapai 45% dan lemak 13%. Umumnya cacing sutra didiberikan pada ikan yang masih kecil atau bibit.

Habitat cacing sutera berada di perairan yang kotor. Maka dari itu kalian harus hati-hati ketika mempersembahkan  cacing sutra pada ikan mas. Dimasukankan biar dicuci dulu dan direndam di dalam air membersihkan selama 3 hari berturut turut. Jika tidak ingin repot pribadi saja beli pada penjual cacing sutra tanpa mencucinya.

5. Kroto 


 Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Makanan terakhir ikan mas supaya cepat besar yaitu kroto. Kroto ialah telur tiruant rang rang dan berukuran cukup besar. Kroto juga mengandung protein yang tinggi loh. Dan untuk mendapatkannya kalian sanggup mencari di pohon-pohon atau kalau malas sanggup membelinya pada peternak kroto. Karena kini sudah banyak yang menernaknya.

Itulah kelima jenis makanan ikan mas supaya cepat besar dan menyehatkan. Tapi yang terpenting yaitu kalian harus memperhatikan administrasi pemdiberian pakan pada ikan mas. Dan setiap umur tidak sama-beda polanya. Misalnya untuk pembemasukan, takaran pelet yang harus kalian diberikan berkisar 3-5% dari bobot ikan. Sedangkan frekuensi pemdiberiannya sebanyak 3-7 kali dalam sehari.

Baca juga: Teknik Budidaya Ikan Gurame biar Cepat Besar dan Pguan

Terkait administrasi pemdiberian kuliner sanggup kalian temukan pada tutorial cara budidaya ikan mas konsumsi.

Post a Comment for "5 Makanan Ikan Mas Biar Cepat Besar"