Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Perawatan Lovebird Mabung Lengkap Dengan Cirinya

Lintas Ternak – Memelihara lovebird memang menjadi daya tarik sendiri mengingat burung ini sangat terkenal dikalangan penghobi burung.Selain harganya yang terjangkau burung ini memiliki keistemawaan bulunya yang membersihkan dan memiliki paruh yang bengkok.Namun ketika burung lovebird yang menjadi andalan untuk lomba sedang lagi dalam pross mabung niscaya perasaan anda sangat sedih.Mungkin bagi anda para pemula terdengar absurd dengan kata Mabung.Apa seh mabung itu ? Mabung atau juga disebut dengan Molting yaitu proses alamiah pada burung yang ditandai dengan rontokya bulu pada lovebird dan burung kelihatan sangat tidak bergairah.

Pada proses mabung biasanya burung akan sering membisu hampir tanpa melaksanakan aktifitas termasuk berkicau.Kenapa demikian ? Karena burung lovebird yang mabung sangatlah tersiksa dan perlu banyak tenaga untuk menumbuhkan bulu-bulunya.Namun bagi penghobi pemula yang tidak tahu hal itu malah memaksakan lovebird untuk tetap selalu ngoceh.Tentu hal itu tidak dibenarkan.Biasanya proses mabung pada lovebird terjadi pada dikala mendekati perlombaan.Tentu dalam masa ini lovebird sangat membutuhkan asupan nutrisi dan protein yang cukup untuk memmenolong proses pemulihan bulunya.Untuk diharapkan perawatan yang intensif pada dikala lovebird mabung.

 Memelihara lovebird memang menjadi daya tarik sendiri mengingat burung ini sangat terkenal 6 PERAWATAN LOVEBIRD MABUNG LENGKAP DENGAN CIRINYA

6 PERAWATAN LOVEBIRD MABUNG TANPA RIBET

1.Jangan ditempatkan burung dilokasi keramaian.Usahakan ditempat yang benar-benar sepi biar burung sanggup lebih serius .Dalam proses menumbuhkan bulu pada dikala mabung memang lovebird sangat membutuhkan ketenangan.

2.Untuk menjaga kehangatannya anda perlu mengerodong kandang burung lovebird ,karena bulunya tidak akan sanggup menghangatkan tubuhnya.Namun anda juga harus memantaunya dengan membuka kerodongnya setiap pagi dan sore selama 20 menit.

3.Biasanya para pemula tidak tahu akan hal ini ,pada masa lovebird sedang mabung dihentikan dijemur diterik matahari.Karena pada dikala mabung perlu suhu yang lembab untuk memmenolong mempercepat proses pertumbuhan bulu.

4.Pada dikala bulu-bulu sudah mulai tumbuh anda sanggup memandikan lovebird tapi seminggu sekali ja ya kawan.Karena bila terlalu sering malah akan menghambat proses tersebut.

5.Jangan terlalu memaksakan burung untuk berkicau,biarkan kondisinya pulih menyerupai tiruanla maka lebih baik jauhkanlah lovebird dari burung sekitar dan perhiasan bunyian maupun doping buat lomba.

6.Pemdiberian makanan yang sempurna akan memmenolong lovebird mempercepat masa mabung yaitu dengan mempersembahkan telur rebus dan diberikan biji kwaci,vitamin untuk memmenolong memenuhi nutrisi tubuhnya.

Apabila pada dikala dikerodong burung anda malah stress anda sanggup memakai alternatif lain.Proses mabung aalah proses alami yang hampir dialami oleh tiruana jenis burung.Maka anda harus bersabar untuk menunggu bulunya tumbuh kembali.Semoga dengan klarifikasi diatas sanggup mempersembahkan pengalaman anda untuk merawat dan mengatasi burung lovebird yang sedang mabung.Terima kasih.Salam ngekeek!!

Post a Comment for "6 Perawatan Lovebird Mabung Lengkap Dengan Cirinya"