Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird

Lovebird yaitu salah satu jenis burung yang banyak digemari akhir-akhir ini, banyak orang yang melaksanakan budidaya (breeding) atau sekedar memelihara untuk diikutsertakan dalam lomba. Burung ini selain cantik, juga mempunyai bunyi (kicauan) yang merdu. Banyak orang yang menyukai gaya burung ini dalam berkicau, hingga banyak dari mereka yang mengadakan kejuaraan untuk burung jenis ini.

Berbicara terkena burung, tahukah Anda jikalau ada 9 jenis lovebird yang ada di dunia ini? Kesembilan jenis itu mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Lalu apa saja jenis burung paruh bengkok ini? diberikut penjelasannya.

Lovebird yaitu salah satu jenis burung yang banyak digemari selesai 9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird

Jinis-jenis Lovebird 
Setidaknya ada 9 jenis burung lovebird yang biasanya dijadikan peliharaan bagi mereka yang suka dengan burung ini. Dan diberikut yaitu usalasan lengkapnya.

1. Red-Faced Lovebird (Agapornis Pullarius)
Jenis ini yaitu jenis yang paling besar diantara jenis-jenis yang lain, ukuran burung ini berkisar antara 15 hingga 16 cm. Jenis ini mempunyai ciri khusus, ciri tersebut terdapat pada bulunya yang tiruananya berwarna hijau dan pada potongan wajah mempunyai warna merah. Warna merah ini untuk betina cenderung lebih sedikit, sedangkan untuk jantan cenderung lebih banyak dari betina. Habitat burung ini berada di potongan Afrika Tengah dan Afika Barat.

2. Grey-Headed Lovebird or Madagascar Lovebird (Agapornis Canus) 
Jenis ini yaitu satu-satunya jenis lovebird yang berasal dari madagaskar, ciri utama pada jenis ini yaitu warna abu-abu pada potongan punggung, kepala, leher dan paruhnya. Sedangkan untuk potongan perut dan akup burung ini berwarna hijau petang. Panjang burung ini berkisar antara 13cm hingga 14cm, jikalau dibandingkan red-faced burung jenis ini cenderung lebih kecil. Habitat burung ini ada pada pulau Madakaskar sebelah benua Afrika.

3. Fischer's Lovebird (Agapornis Fischeri) 
Untuk jenis ini Anda akan mendapati banyak sekali macam warna pada bulunya, ya burung ini mempunyai warna hitam di kepala, merah di paruh, putih di mata, hijau di akup, jingga di potongan leher, dan biru untuk potongan pantatnya, sedangkan untuk ukuran burung ini mempunyai panjang sekitar 14 cm.  Habitat orisinil burung ini ada di kawasan Tanzania di Benua Afrika.

4. Black-collared Lovebird atau Swindern's Lovebird (Agapornis Swindernianus) 
Jenis  ini mempunyai lebih banyak didominasi warna hijau pada tubuhnya, spesialuntuk saja pada potongan lehernya berwarna coklat, untuk tengkuknya berwarna hitam, paruhnya berwarna coklat kehitaman, sedangkan untuk ukuran Ia mempunyai panjang sekitar 13,5 cm. Habitat orisinil burung ini ada di Afrika Tengah dan Barat.

5. Lilian's Lovebird Nyasa Lovebird (Agapornis Lilianae) 
Jenis ini mempunyai warna hijau pada seluruh badannya. Namun untuk potongan kepala burung ini mempunyai warna jingga, paruhnya berwarna merah, sedangkan untuk matanya berwarna putih. Untuk ukuran burung ini berkisar sekitar 12 hingga 13 cm. Habitat orisinil burung ini ada di Tanzania, Malawi, dan Mozambique di kawasan Afrika.

6. Jenis Sayap hitam (Agorpornis Taranta) 
Burung ini mempunyai warna hijau untuk tubuhnya dan warna hitam pada potongan bawah akupnya. Untuk membedakan yang jantan dan betina biasanya dibedakan dengan warna jingga pada potongan kepala, sedangkan untuk ukuran burung ini sekitar 13 samapi 14 cm. Ia mempunyai habitat orisinil di kawasan Ethiopia di benua Afrika.

7. Jenis Muka Salem (Agorpornis Roseicollis) 
Umunya burung ini mempunyai warna hijau untuk tubuhnya, namun Ia mempunyai warna kuning di potongan paruh, dahi dan mata yang berwarna merah, akup potongan belakang yang berwarna biru, dan kaki yang berwarna abu-abu. Burung ini mempunyai tipe albino dengan warna bulu yang putih dan warna mata yang merah, tipe lutino dengan warna tubuh kuning dan warna mata yang merah, dan tipe cinamon yang mempunyai warna coklat, dan masih banyak tipe burung lain yang berjenis muka salem ini. Untuk habitatnya sendiri Ia ada di kawasan Afrika.

8. Jenis Muka Topeng (Agorpornis Prosantha) 
Jenis lovebird ini memilki warna hijau untuk potongan tubuhnya, warna kuning untuk potongan leher, warna coklat kehitaman untuk potongan pipi, warna merah untuk potongan paruh, warna htam untuk potongan wajah, dan warna putih untuk potongan mata. Sedangkan untuk habitat orisinil burung ini yaitu di Afrika sebelah barat daya.

9. Jenis Kacamata Pipi Hitam (Agorpornis Nigrigenis) 
Burung ini mempunyai warna tubuh hijau dan mempunyai warna coklat kehitaman pada skema dahi. Sedangkan untuk potongan dada atas berwarna jingga, paruh berwarna merah, sedangkan untuk kaki dan ujung berwarna abu-abu dan warna putih pada potongan matanya. Sedangkan untuk habitat aslinya ada di kawasan Zimbabwe dan Zambia di benua Afrika.

Mayoritas burung Lovebird berasal dari benua Afrika, dan satu dari mereka berasal dari pulau Madagaskar. Walaupun burung impor tapi peminatnya sangat banyak di Indonesia, hal itu dilihat dari banyaknya orang yang memelihara burung ini dan menjadiknya sebagai burung untuk kejuaraan dan lomba.

Post a Comment for "9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird"