Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Burung Tledekan Jantan Dan Betina

Burung Tledekan yang dikenal selama ini ada beberapa jenis. Diantaranya yakni Tledekan Gunung Jawa atau yang biasa dikenal juga dengan nama Sikatan Cacing. Memiliki nama latin cyornis banyumas. Selain itu, terdapat juga Tledekan Gunung yang dikenal dengan nama Sikatan Bakau, Tledekan Laut atau Sulingan Laut, Tledekan Bambu, dan lain-lain.

Burung Tledekan yang dikenal selama ini ada beberapa jenis Perbedaan Burung Tledekan Jantan dan Betina

Semua jenis Burung Tledekan tersebut mempunyai ciri khas yang tidak sama-beda. Baik burung jantan maupun burung betinanya. Oleh alasannya yakni itu, kita akan mencoba mengulas perbedaan antara burung jantan dan burung betina pada tiruana jenis Burung Tledekan tersebut.

A. Burung Tledekan Gunung Jawa
Burung ini mempunyai nama lain Sikatan Cacing atau dikenal juga dengan sebutan cyornis banyumas. Tidak spesialuntuk berasal dari Pulau Jawa, bekerjsama burung ini juga sanggup ditemukan di Pulau Kalimantan.

Ciri Burung Tledekan Gunung Jawa Jantan
Burung ini mempunyai dominasi warna bulu biru, orange dan hitam. Di bab kepala terutama di atas kepala, di bab punggung dan buntut burung ini dipenuhi dengan warna biru. Kemudian pada bab tenggorokan sampai perut burung Sikatan Cacing jantan berwarna orange. Kemudian pada bab perut sampai bawah buntut terdapat gradasi dari warna orange ke warna putih.

Di bab akup, selain warna biru, kita akan menemukan warna hitam terutama pada ujungnya.
Tledekan jantan mempunyai bunyi kicauan yang nyaring dan ngeroll.

Sangat tidak sama dengan Burung Tledekan jantan, Burung Tledekan Gunung Jawa betina didominasi oleh warna coklat terang dan semburat berwarna biru. Di bab kepala, punggung, akup, dan buntut, tiruananya berwarna coklat. Kemudian pada tenggorokan dan dada serta perut burung ini berwarna orange terang. Warna orange tersebut diselingi dengan warna putih.

B. Tledekan Gunung Kalimantan
Tledekan Gunung Kalimantan disebut juga burung Sikatan Bakau mempunyai nama latin cyornis rufigastra. Banyak peternak menyampaikan bahwa Sikatan Bakau yakni salah satu jenis Burung Tledekan yang rada susah mengeluarkan suara. Namun apabila sudah bersuara, rata-rata Burung Tledekan Bakau menjadi gacor dan ngeroll.

Perbedaan Antara Burung Jantan dan Betina
Burung jantan mempunyai paruh yang berwarna lebih terang dibandingkan dengan burung betina. Bagian kepala, terutama bab atas dan punggung serta awal akup berwarna biru. Di sekitar mata, burung ini mempunyai bulu berwarna hitam.
Mulai dari tenggorokan dada dan sekitar perut warna orange tampak jelas. Dan di bawah perut warna bulunya tampak putih.

Ciri-ciri Burung Tledekan Gunung Kalimantan Betina mempunyai warna bulu biru yang lebih petang dibandingkan dengan bulu jantan. Kemudian pada tenggorokan, dada dan perut, bulunya tampak kusam terlihat merah kecoklat-coklatan dan dipadu dengan warna putih.

C. Tledekan Laut atau Sulingan Laut
Burung Tledekan Laut atau dikenal juga dengan nama Burung Sulingan Laut, beberapa orang menyebutnya juga dengan sebutan Burung Sikatan Biru Putih mempunyai nama latin cyanoptila cyanomelana.

Perbedaan antara burung jantan dan betina diantaranya adalah, Burung Sikatan Biru Putih jantan mempunyai bulu berwarna biru di bab atas kepala, lalu di bab punggung dan akup serta buntut. Warna biru tersebut tampak mengkilat. Kemudian dibawa tenggorokan dan di bab dada terdapat warna biru petang sampai hitam. Mulai dari bawah dada sampai ke perut dan dibawah buntut, burung jantan didominasi dengan warna putih.

Sedangkan burung betina, lebih banyak didominasi mempunyai warna abu-abu kecoklat-coklatan. Mulai dari kepala punggung dan bab dada. Sedangkan di bawah perut sampai buntut, burung betina mempunyai bulu warna putih. Warna biru spesialuntuk ditemukan pada beberapa daerah contohnya di awal akup dan di ujung akup, tempat-tempat tersbut berwarna biru petang. Termasuk juga di bab buntut.

D. Tledekan Biru atau Selendang Biru
Tledekan biru yang dikenal diantaranya yakni Tledekan Biru Muda dan Tledekan Ninon.
Perbedaan antara burung jantan dan betina bekerjsama sangat mencolok. Yang jantan mempunyai warna bulu, mulai dari kepala, leher dan dada serta punggung berwarna biru terang. Sebagian orang menyampaikan burung ini sebagai Sikatan Biru Muda.

Di bawah dada sampai perut, dan di bawah buntut, bulunya didominasi dengan warna abu-abu.
Sedangkan pada burung betina, didominasi bulu berwarna abu-abu putih dan coklat terang.
Hampir tidak ditemukan warna biru pada burung betina. Bagian kepala akup dan buntut burung betina berwarna coklat. Sedangkan pada bab leher dan dada serta perut burung ini berwarna putih.

Jenis Ninon
Untuk burung jenisnya Ninon, bulunya tidak secemerlang atau sejelas Burung Sikatan Biru Muda. Tampaknya burung jantan mempunyai bulu yang kelihatan lebih kusam walaupun sama-sama mempunyai bulu warna biru.

Post a Comment for "Perbedaan Burung Tledekan Jantan Dan Betina"