Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan-Bahan Untuk Sarang Lovebird

Terkadang breeder pemula sering dibentuk pusing dengan materi untuk masukang lovebird, ya kebanyakan mereka khawatir dengan kualitas masukang binatang peliharaanya. Sebenarnya kualitas materi untuk masukang yang baik yaitu materi yang tidak terlalu licin, kenapa? sebab materi yang terlalu licin akan membuat kaki burung tersebut tidak bisa berpijak dengan baik.

Selain itu masukang dengan materi licin juga akan membuat anakan burung akan mengalami cacat pada cuilan kaki, cacat tersebut sebab kaki mereka tidak bisa untuk berpijak dengan baik di masukang. Lalu apa materi yang baik untuk dijadikan masukang? Untuk membuat masukang yang baik, idealnya harus memakai materi yang baik dan nyaman untuk burung.

Terkadang breeder pemula sering dibentuk pusing dengan materi untuk masukang lovebird Bahan-bahan untuk Sarang Lovebird

Jenis Bahan Untuk Sarang Lovebird 
Membangun masukang lovebird harus di kawasan yang terkena sinar matahari, selain itu kondisi masukang juga harus nyaman. Sedangkan untuk suhunya sendiri idealnya tidak terlalu gerah dan tidak pula terlalu lembab.

Untuk glodoknya sendiri Anda bisa memakai kayu tripleks dengan ketebalan 1 -1,5 cm, sedangkan untuk masukangnya Anda bisa memakai bahan-bahan diberikut:

1. Serabut kelapa 
Anda bisa memakai serabut kelapa untuk dijadikan masukang burung, materi ini dinilai baik sebab akan mempersembahkan kehangatan pada betina yang hendak melahirkan. Selain itu materi ini juga kesat dan kasar, jadi sangat baik untuk anakan burung dalam melatih kaki-kaki kecilnya. Namun untuk mendapat kenyamanan burung, sebaiknya Anda rendam materi ini selama satu malam semoga tidak terlalu berangasan dan lebih nyaman.

2. Kulit jagung 
Kulit jagung yaitu materi yang baik untuk masukang burung, selain sebab bisa menghangatkan materi ini tidak sekasar serabut kelapa. Anda juga bisa dengan simpel meletakan materi ini, selain sebab lebih kecil materi ini juga lebih fleksibel dari serabut kelapa.

3. Daun pisang
Selain kulit jagung, Anda juga bisa memakai daun pisang sebagai masukang burung, namun sebaiknya gunakan daun yang sudah mengering dan sudah tua. Hal ini untuk kenyaman burung, sebab kalau terlalu muda dan masih hijau akan membuat burung tersebut tidak nyaman dan enggan untuk bermasukang.

4. Pelepah kelapa 
Anda juga bisa memakai pelepah kelapa sebagai masukang lovebird, namun untuk kenyamanan sebaik Anda gunakan pelepah kelapa yang sudah dipotong menjadi 20 cm. Selain pelepah tersebut juga harus dikupas dan direndam dalam air selama kurang lebih 5 hari.

5. Serutan kayu 
Anda bisa eksklusif memakai serutan kayu sebagai masukang burung Anda. Selain sebab lebih nyaman dan bersuhu ideal, serutan kayu tidak memerlukan proses pelengkap untuk dijadikan masukang burung.

Dalam menentukan jenis materi untuk masukang lovebird, sebaiknya Anda gunakan bahan-bahan yang mempunyai tingkat kelembaban yang ideal. Selain itu Anda juga harus menentukan materi yang nyaman dan tidak terlalu gerah ketika digunakan. Hal tersebut bertujuan semoga burung merasa nyaman ketika bermasukang, kalau ia merasa nyaman maka ia akan dengan simpel berdiam diri di masukangnya dan diberistirahat disana.

Post a Comment for "Bahan-Bahan Untuk Sarang Lovebird"