Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Jenis Burung Cucak Rowo (Cucakrawa) Di Indonesia Lengkap

Jenis Cucak Rowo ada banyak dan tersebar diberbagai negara menyerupai negara-negara Asia Tenggara termasuk juga Indonesia. Di Indonesia sendiri, Cucakrowo mempunyai beberapa istilah. Seperti, orang Sunda menyebut burung ini Cangkurawah. Sedangkan dalam bahasa melayu disebut Barau-barau.
Dalam istilah asing, Cucakrawa disebut Straw Head Bulbul dan nama latinnya yakni Pycnonotus Zeylanicus.

 ada banyak dan tersebar diberbagai negara menyerupai negara Berbagai Macam Jenis Burung Cucak Rowo (CucakRawa) di Indonesia Lengkap

Jenis Cucak Rawa di Indonesia
Penyebaran burung Cucak Rawa di Indonesia mulai dari Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan kemudian di Nusa Tenggara banyak terdapat di pulau Lombok, selanjutnya Kalimantan, dan juga di Sumatera.

Beberapa orang mengkategorikan burung ini menurut asalnya menyerupai burung Cucak Rawa Kalimantan, burung Cucak Rawa Medan, dan lain-lain. Walau demikian, secara spesies burung berasal dari Brinji Emas (Alophoixus Affinis) yang ditemukan dibeberapa pulau Sulawesi dan Maluku. Kemudian pada perkembangan selanjutnya, burung Cucak kembali menghasilkan subspesies yang disebut Cucak Rowo, Cucak Kuning, Cucak Kutilang, Cucak Gunung, Merbah Cerukcuk, Merbah Belukar, dan Empuloh Janggut.

Pengkategorian Berdasarkan Asal

A. Cucak Rawa Kalimantan
Dalam dunia burung kicau, Cucakrawa Kalimantan tidak begitu diminati alasannya yakni beberapa kelemahannya seperti, suaranya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu mempunyai banyak variasi, kualitas bulu yang tidak sebaik burung dari tempat lain, serta ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

B. Cucak Rawa Aceh dan Medan
Di Pulau Sumatera, khusnya Provinsi Aceh juga terdapat burung Cucakrawa yang juga dikenal dengan sebutan burung Cucak Rawa Aceh. Baik Cucak Rawa yang berasal dari Aceh maupun Medan mempunyai kualitas yang hampir sama sehingga sedikit susah untuk membedakannya.

C. Cucak Rawa Jambi dan Riau
Selain dari Aceh dan Medan, burung ini juga terdapat di Jambi dan Riau mempunyai beberapa ciri-ciri, diantaranya adalah, postur yang lebih pendek, kualitas bunyi masih di bawah Cucakrawa Lampung.

D. Cucak Rawa Lampung
Bagi penggemar burung, Cucakrawa Lampung sudah sangat populer sebagai salah satu jenis yang paling diminati alasannya yakni mempunyai bunyi yang bagus, bulu yang rapi dan mengkilat, serta sering dijadikan sebagai indukan untuk dikembangbiakkan.

E. Cucak Rowo Papua
Burung jenis ini yang berasal dari Papua sangat sedikit jumlahnya. Selain alasannya yakni tempatnya yang sangat jauh, peternak juga jarang yang memilikinya. Perawakan Cucak dari Papua sedikit lebih kecil dari perawakan cucak pada umumnya.

Ciri-ciri
Walaupun tidak mempunyai banyak perbedaan, namun burung burung Cucak Rawa yang ada di banyak sekali tempat di Indonesia mempunyai beberapa ciri-ciri tertentu yang dijadikan sebagai patokan umum. Diantaranya adalah:

1. Cucak Rawa Medan
Memiliki badan yang berukuran besar, padat dan mencakup. Pada umumnya burung ini tampak sangat terawat, mempunyai warna bulu hijau keabu-abuan dan terkadang sedikit petang atau berwarna coklat.

2. Cucakrawa Aceh
Perbedaan paling fundamental dan paling mencolok antara Cucakrawa Medan dan Cucakrawa Aceh yakni bulunya. Cucak Rawa Aceh mempunyai warna bulu kehijau-hijauan yang tidak terlalu berpengaruh layaknya Cucakrowo yang berasal dari Medan sebaliknya.

3. Cucak Rowo Lampung
Ukuran badan Cucak Rowo Lampung sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Cucak Rowo Medan maupun Cucakrawa Aceh. Fisik burung yang berasal dari Lampung populer kekar dan mempunyai tulang akup yang kokoh. Memiliki bunyi yang baik dan nyaring serta jernih mengkristal. Bulunya juga licin mengkilat.

4. Cucak Rowo Sumatra Selatan, Jambi dan Riau
Ciri-ciri paling praktis untuk mengenali Cucakrowo yang berasal dari Sumatera Selatan termasuk Jambi dan Riau, yakni bab dadanya yang tidak terlalu bidang.

5. Cucak Rawa Kalimantan
Warna bulu yang kehijau-hijauan tidak tampak mencolok, atau sanggup dikatakan sedikit pudar pada Cucak Rawa Kalimantan, tidak menyerupai Cucak Rawa yang berasal dari Sumatera yang populer dengan bulu dan suaranya yang cantik serta nyaring. Begitu juga dengan ukuran tubuhnya, juga sedikit lebih kecil dibandingkan dengan yang berasal dari Sumatera.

Habitat Cucak Rawa
Burung cucakrawa menyerupai namanya menyukai tempat-tempat menyerupai kebun, rawa-rawa dan tepi hutan dan pinggir sungai. Burung ini makan dari banyak sekali jenis serangga kecil menyerupai belalang, jangkrik, dan menyukai buah-buahan menyerupai pepaya, apel dan tomat.

Post a Comment for "Berbagai Macam Jenis Burung Cucak Rowo (Cucakrawa) Di Indonesia Lengkap"