Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Jenis Burung Jalak Yang Paling Terkenal Di Indonesia

Burung Jalak dalam bahasa inggris disebut Starling Bird. Burung ini berasal dari suku burung sturnidae. Burung ini mempunyai panjang badan sekitar 20 sampai 25 cm. Memiliki paruh yang lurus, berpengaruh dan terlihat tajam. Salah satu daya tarik yang membuat banyak orang menyukai burung ini ialah bunyi kicauannya yang sangat keras dan beberapa burung jenis ini bahkan sanggup menirukan beberapa kata yang diucapkan oleh manusia.

Burung Jalak dalam bahasa inggris disebut Starling Bird Berbagai Macam Jenis Burung Jalak Yang Paling Populer Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, dikenal beberapa jenis Burung Jalak. Burung Jalak yang dikenal di Indonesia ada yang dibedakan menurut asalnya, warnanya dan jenisnya. Sebutan untuk Burung Jalak terkadang tidak sama namun dimaksudkan untuk satu burung yang sama.

Jenis Jalak


Berikut ialah beberapa referensi nama-nama jalan yang dikenal di negara kita.

1. Jalak kapas.
2. Jalak rio atau rio-rio.
3. Jalak uren ialah istilah untuk Jalak Suren dari bahasa Jawa.
4. Jalak Suren.
5. Jalak Kerbau.
6. Jalak Kebo.
7. Jalak Bali.
8. Jalak Hongkong.
9. Jalak Cina.
10. Jalak Eropa.
11. Jalak Perak.
12. Jalak Hitam.
13. Jalak Emas .
14. Jalak Ungu.
15. Jalak Putih.

Dari tiruana jenis Burung Jalak yang sudah disebutkan, beberapa diantaranya yang banyak disukai dan bansyak dipelihara oleh breeder di Indonesia antara lain, Jalak Suren, Jalak Kerbau, jarak Bali dan Jalak rio.

Berikut ialah beberapa nama Jalak yang tidak sama untuk satu burung yang sama.
a. Jalak kapas sama dengan jarak cina.
b. Jalak uren ialah istilah dalam bahasa Jawa untuk menyebut Jalak Suren.
c. Jalak Kerbau dikenal juga dengan nama Jalan kebo, Jalak Hitam, Jalak Ungu, dan Jalak Penyu.
d. Jalan perak ialah istilah untuk Jalak kebo yang mempunyai mata berwarna putih. Sedangkan Jalak emas ialah istilah untuk Jalak kebo yang mempunyai mata berwarna kuning.
e. Jalak Suren juga dibedakan menurut asalnya contohnya Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Sumatera dan Jalak Suren Malaysia.

Semua Burung Jalak mempunyai ciri-ciri masing-masing yang membedakan antara satu jenis dengan jenis yang lainnya, termasuk juga ciri-ciri yang membedakan menurut asalnya.
Satu contoh, Jalak Suren Jawa tidak sama dengan Jalak Suren Sumatera, walaupun mempunyai ciri-ciri fisik yang tidak terlalu tidak sama.

Jenis-jenis Jalak yang Populer di Indonesia

A. Jalak Suren
Jalak Suren mempunyai nama ilmiah Sturnus Contra dan biasa dikenal juga dengan nama Jalak Uren. Spesies burung ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan Anak Benua India. Habitatnya ialah lembah dan dataran rendah. Itulah sebabnya tidak mengherankan apabila burung ini sering kita temukan di pedesaan atau di perkampungan.

Ukuran burung ini tidak terlalu besar, terbaik sekitar 25 cm dengan warna bulu lebih banyak didominasi hitam dan putih. Beberapa ciri-ciri fisik umum yang dimiliki oleh burung ini antara lain, bulu di belahan perutnya berwarna putih, kemudian belahan punggung, tenggorokan dan dada mempunyai bulu warna hitam. Iris matanya berwarna abu-abu dan di sekitar matanya biasanya tidak terdapat bulu. Beberapa penyebutan Jalak Suren menurut asalnya, diantaranya adalah: Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Sumatera, dan Jalak Suren Malaysia

B. Jalak Kerbau
Burung ini mempunyai nama ilmiah Acridotheres Javanicus. Di Indonesia Burung Jalak Kerbau dikenal juga dengan sebutan, Jalak Kebo, Jalak Ungu, Jalak Penyu dan Jalak Hitam.
Burung ini tersebar di Asia Tenggara termasuk di Indonesia terutama di, Pulau Sumatera, Bali, Pulau Jawa, Sulawesi dan Semenanjung Malaya. Selain itu, burung ini juga ditemukan di beberapa wilayah Asia Timur.

Ciri-ciri Jalak Kerbau di antaranya adalah, mempunyai ukuran badan sekitar 25 cm dengan bulu berwarna abu-abu petang, sebagian berwarna ungu atau hitam terutama dibagian ujung, kepala dan akup.

Burung ini mempunyai jambul yang tidak terlalu panjang, ujung ujung dan tungir berwarna putih. melaluiataubersamaini warna paruh kuning gadiang.
Jenis Jalak Kerbau di bagi menjadi dua yaitu, mata kuning dan mata putih. Ada juga yang menyebutnya dengan Jalak Emas untuk mata kuning dan Jalak Perak untuk mata putih.

C. Jalak Putih
Jalak Putih mempunyai nama latin Acridotheres Melanopterus atau Sturnus Melanopterus. Selain dikenal dengan nama Jalak Putih, burung ini juga mempunyai sebutan lain ibarat Jalak Dada Putih atau
Beo Sayap Hitam. Sedikit lebih kecil dibandingkan Burung Jalak yang sudah disebutkan sebelumnya, panjang badan burung ini biasanya terbaik spesialuntuk 23 cm dengan bulu lebih banyak didominasi berwarna putih dan beberapa belahan terdapat warna hitam. Orang Sunda menyebut burung ini dengan sebutan Jalak Bodas. Warna hitam pada burung ini spesialuntuk terdapat di belahan ujung akup dan ujung ujungnya.

D. Jalak Bali
Sesuai dengan namanya, burung ini banyak ditemukan di Pulau Bali. Ciri-ciri burung ini mempunyai warna bulu putih hampir di sekujur tubuhnya kecuali belahan ujung akup dan ujung. Ciri-ciri burung yang sudah disebutkan tersebut sangat tidak sama dengan burung Jalak Putih.
Yang membedakan, di sekitar mata terdapat kulit tanpa bulu berwarna biru cerah. Burung ini juga mempunyai jambul di belahan kepala dengan panjang yang tidak teratur.

E. Jalak Hongkong
Jalak hongkong mempunyai nama ilmiah Sturnus Nigricollis. Burung ini mempunyai ciri-ciri ukuran badan yang lebih besar dibandingkan dengan burung lokal lainnya. Selain ukuran tubuhnya yang lebih besar, kicauannya juga dikenal lebih kencang. Burung ini berakal menirukan bunyi manusia. Selain dikenal dengan nama Jalak Hongkong, burung ini juga banyak dikenal dengan istilah/nama Jalak Thailand.

F. Jalak Nias
Burung Jalak Nias banyak ditemukan di Pulau Sumatera mempunyai beberapa ciri-ciri fisik diantaranya adalah, bulu lebih banyak didominasi berwarna hitam dengan paruh dan kaki berwarna kuning. Warna putih spesialuntuk kita temukan dibagian pantat dan bawah ujung. Walaupun berjulukan Jalak Nias dan banyak ditemukan di Pulau Sumatera, namun bukan berarti burung ini spesialuntuk berada di kawasan tersebut saja. Burung ini ternyata juga ditemukan di beberapa kawasan lain seperti, di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Post a Comment for "Berbagai Macam Jenis Burung Jalak Yang Paling Terkenal Di Indonesia"