Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Sun Conure

Sun conure - Burung sun conure ialah salah satu jenis burung kicau paruh bengkok yang mempunyai bunyi yang anggun dan diperhitungkan oleh kalangan kicaumania, terutama penggemar burung paruh bengkok. Suara kicauannya yang bervariasi menjadi alasan mengapa kicauannya menjadi buruan dan dijadikan sebagai materi mastering burung kicau.

 Burung sun conure ialah salah satu jenis burung kicau paruh bengkok yang mempunyai sua Burung Sun Conure

Burung sun conure atau yang nama latinnya Aratinga solstitialis ini berdasarkan para penangkar, perawatannya terbilang gampang. Selain itu, burung ini juga mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya ialah bulu-bulunya yang indah, berilmu dalam menirukan bunyi burung kicau lain, dan termasuk burung kicau yang sering kali penamasukan dan ingin selalu bersuara.

Pada dasarnya, burung sun conure ini berasal dari benua Amerika, tepatnya di Meksiko. Dan banyak juga yang ditemukan di pulau Karibia. Di negara asalnya, sun conure biasa hidup di tempat pepegununganan, persawahan, hutan, dan lain sebagainya. Burung ini termasuk burung yang hidupnya berkelompok, dan bahagia berpindah-pindah tempat.

Sun conure warnanya nampak cerah, alasannya ialah kecerahan warnanya yang silau itulah disebut-sebut sebagai burung dengan warna matahari. Sejak lampau burung ini selalu menjadi perburuan, sehingga populasinya terus menurun sampai era ke-19. Pada tahun 1980-an, burung ini kembali menjadi burung yang fenomenal dan penggemarnya sangat banyak.

Ukuran badan burung sun conure cukup besar, yakni sekitar 30 cm, burung ini sama dengan burung lovebird yakni masih tergolong dalam keluarga Psittacidae. Burung sun conure jantan cukup praktis dikenali, yakni mempunyai bunyi kicauan yang melengking dengan lagu yang bervariasi, sedangkan yang betina lagunya monoton dan suaranya kurang lantang.

Burung sun conure sangat sempurna sekali kalau dijadikan sebagai burung kicau peliharaan di rumah, alasannya ialah salah satu kelebihan suaranya yang lantang, maka sangat cocok menjadi burung satpam penjaga rumah. Sun conure sering kali bersuara keras kalau didekati oleh orang lain, meskipun bahwasanya burung tersebut dalam kondisi ketakutan. Tetapi kita tiruana tahu bahwa burung kicau bisanya akan bersuara keras seolah-olah berani, di alam bebas hal ini dilakukan untuk mengusir burung lain yang mendekatinya.

Sun conure termasuk burung kicau yang praktis dirawat dan praktis menyesuaikan diri dengan lingkungan. Karena pakan yang sanggup didiberikan yaitu berupa: biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang praktis didapatkan di toko terdekat.

Itulah sedikit gosip terkena burung sun conure yang sanggup kami utarakan dalam postingan kali ini buat soat sekalian, agar sanggup menambah wawasan.

Post a Comment for "Burung Sun Conure"