Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beternak Kacer Dada Putih

Kacer dada putih yaitu salah satu dari spesies Kacer yang belakang ini mulai marak dipelihara. Burung ini mempunyai keunikan dan ciri khusus, terutama dari segi skill berkicau dan penampilannya. Ya, burung ini yaitu jenis burung yang mempunyai kemampuan berkicau yang baik. Tidak spesialuntuk itu, Ia pun mempunyai tampilan yang gagah dengan bulu yang indah dan menawan. melaluiataubersamaini segala keunggulan ini, maka tidak heran banyak orang yang memilihara dan mengikut sertakan burung ini ke kontes.

melaluiataubersamaini banyaknya orang yang memelihara burung ini, membuat beberapa orang sengaja melaksanakan ternak dan budidaya burung ini (baca juga: ternak kacer). Selain untuk mendapat keuntungan, mereka juga beranggapan bahwa dengan beternak Kacer dada putih ini mereka bisa melestarikan burung yang satu ini.

Kacer dada putih yaitu salah satu dari spesies Kacer yang belakang ini mulai marak dipeli Teknik Beternak Kacer Dada Putih

Adapun cara beternak burung yang satu ini yaitu sebagai diberikut:

1. Kandang Kacer
Dalam melaksanakan ternak Kacer, Anda harus memperhatikan urusan kandang. Pasalnya, kalau Anda salah dalam membuat dan mendesain kandang, maka besar kemungkinan burung akan stres dan sakit. maka dari itu sangkar harus dibentuk senyaman mungkin.

Adapun spesifikasi dari sangkar Kacer itu sendiri yaitu sebagai diberikut:

a. Memiliki panjang 90 cm, lebar 90 cm, dan tinggi 180 cm.
b. Kandang haruslah nyaman untuk ditinggali.
c. Terhindar dari gangguan hewan lain, termasuk hewan yang bisa memangsa Kacer.
d. Memiliki tangkenteng, glodok, dan masukang.
e. Terdapat cepuk dan keramba.

2. Pemilihan indukan
Teknik beternak Kacer dada putih lainnya yaitu dengan memperhatikan indukan Kacer. Pasalnya, kalau Anda salah menentukan indukan, maka besar kemungkinan ternak tersebut akan gagal. kalau sudah begini, tentu Anda akan rugi.

Maka dari itu, dalam melaksanakan pemilihan indukan sebaiknya lakukan pemilihan dengan mempertimbangkan hal-hal diberikut:

a. Pilihlah indukan yang sehat dan bugar.
b. Pastikan badan indukan tersebut segar dan tidak cacat.
c. Pilihlah indukan yang rajin bunyi.
d. Pastikan indukan tersebut sudah memasuki masuk dalam periode birahi burung, periode tersebut umumnya terjadi ketika burung berusia 10 bulan.
e. Pilihlah indukan yang gesit, aktif, dan lincah.

3. Penjodohan
Untuk urusan penjodohan, sebaiknya lakukan proses ini ketika burung sudah matang dan cukup birahi. Apabila Kacer belum juga birahi, maka Anda bisa menyiasatinya dengan mempersembahkan extra food yang cukup.

4. Masa bertelur
Sesudah indukan betina Anda kawinkan dengan indukan jantan, maka tidak usang indukan tersebut akan mengandung telur dan siap untuk bertelur. Umumnya setelah final kawin betina akan bertelur sebanyak 2-3 buah.

5. Pengeraman
Teknik semoga beternak Kacer dada putih sukses, ketika masa pengeraman sebaiknya Anda diberikan nutrisi dan masakan yang cukup bagi indukan. Sedangkan untuk lamannya masa pengeraman sendiri kurang lebih sekitar 14 hari. setelah itu barulah masuk ke fase penetasan.

Selain cara-cara di atas, Anda juga harus memperhatikan cara melolohkan anakan Kacer. Sedangkan untuk caranya sendiri sama dengan burung lain, yaitu dengan mempersembahkan pakan hidup berupa jangkrik, ulat, dan kroto. Sedangkan untuk masa menyapihnya sendiri, Anda bisa lakukan ketika usia anakan sudah mencapai 5 minggu. Yaitu ketika burung ini sudah siap untuk hidup sendiri, dan bisa makan sendiri.

Post a Comment for "Cara Beternak Kacer Dada Putih"