Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh Atau Pulang Kampung

Bagi hobiis, keberadaan binatang peliharaan begitu berarti. Entah itu hamster, kucing atau sugar glider. Sehingga tidak sanggup kalau mereka ditinggal begitu saja oleh pemiliknya dikala bepergian jauh. INI tantangan berat bagi hobiis yang tinggal di perantauan.

Saat isu terkini pulang kampung lebaran atau natal, mau tidak mau kita harus pulang kampung untuk bertemu sanak family di rumah. Di sisi lain kita juga tidak sanggup membiarkan binatang peliharaan sugar glider di rumah sendirian tanpa ada yang ngurus. Jika dijual akung, mau dititipkan juga akung. Inginnya pulang kampung bersama sama.

Yang jadi masalah, kita kebingungan bagaimana cara membawa sugar glider berpergian jauh, pulang kampung atau mudik. Apalagi membawa sugar glider ke pesawat terbang. Belum kebayang kan?

Nah untuk itulah di sini hobinatang.com akan mempersembahkan tips buat kalian yang ingin membawa pulang sugar glider. Baik melalui jalur pesawat terbang atau alat transportasi lainnya.

Teknik Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung


 keberadaan binatang peliharaan begitu berarti Teknik Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Sugar glider itu binatang peliharaan yang mempunyai badan kecil. Untuk membawanya ke perjalanan tergolong lebih gampang. Tidak menyerupai membawa binatang anjing, kucing atau kelinci. Berikut ini langkah langkah yang wajib kalian lakukan kalau ingin membawa SG pulang kampung atau berpergian jauh:

1. Memakai Mobil Pribadi


 keberadaan binatang peliharaan begitu berarti Teknik Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Kalau kalian menentukan membawa pulang sugar glider menggunakan mobil. Pertama silahkan kemas-kemas barang-barang yang diharapkan SG. Baik dikala perjalanan maupun dikala di rumah. Apa saja yang harus dibawa:

  • Membawa kandang, tapi kalau tidak terlalu usang cukup membawa trevel cage.
  • Wadah makan dan minum sugar glider.
  • Trevel pouch.
  • Makanan sugar glider, kalau menggunakan kendaraan langsung sanggup dikasih makan dikala dalam mobil.
  • Gliderade (jika SG kelihatan lesu kasih ini)
  • Pipet buat jaga jaga kalau harus memdiberi makan dengan pipet.

Bila tiruana alat tersedia, letakkan sugar glider ke dalam travel cage. Pastikan kalian sudah meletakkan kain/sleeping pouch. Taroh beberapa masakan di dalamnya. Apabila ingin dibawa keluar dari sangkar sanggup menggunakan pouch.

2. Membawa Sugar Glider Lewat Kereta dan Bis


 keberadaan binatang peliharaan begitu berarti Teknik Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Perlengkapan yang dibawa tidak beda jauh dengan di atas. Untuk sangkar kalau sanggup beli di kampung saja, tidak perlu dibawa. Repot nanti. Cukup pakai travel cage. Tapi harus hati-hati, kadang petugas suka ngecek bawaan kita.

Pengalaman saya taroh di bawah kursi, dikasih makan yang banyak biar sanggup diam. Tapi umumnya kereta dan bus itu ber-AC. Kaprikornus sangat dingin, mengatasinya silahkan kalian masukan ke dalam pouch sambil digenggam menggunakan tangan. Itulah laba membawa binatang mungil. Tidak begitu repot.

Jangan khawatir dilihat orang-orang. Percaya diri saja, mustahil dihina. Sebab binatang yang kita bawa lucu, malah kebanyakan memuji dan pingin memegang. (Pengalaman).

3. Teknik Membawa Sugar Glider di Pesawat


 keberadaan binatang peliharaan begitu berarti Teknik Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

INI yang paling rumit. Pengamanan pada pesawat terbang lebih ketat dibandingkan kereta dan bis. Bagi rumahnya yang sangat jauh hingga menyebrang pulau, tentu mau tidak mau harus menggunakan pesawat biar cepet nyampe. Untuk pesawat sendiri biasanya menyediakan 2 kawasan bagi pembawa binatang. Yaitu di bagasi dan cargo.

Namun mungkin ada sebagian Airlines yang melarang pengangkutan binatang sebagai bagasi. Intinya mau bagasi atau cargo niscaya dikenakan biaya. Umumnya sih cargo lebih murah dibanding bagasi.

So dikala ingin membawa sugar glider makai pesawat, pertama kalian harus menentukan dulu apakah mau diangkut pakai bagasi atau cargo. Soalnya ini bekerjasama dengan biaya dan persyaratan pembawaan binatang peliharaan. Sedangkan waktu mekanisme penerimaan cargo atau bagasi minimal 8-10 jam sebelum agenda keberangkatan.

Selanjutnya kalian harus mencari isu wacana syarat dan ketentuan pengangkutan binatang hidup di masing-masing Airlines. Sebab setiap Airlines biasanya mempersembahkan kebijakan dan biaya yang tidak sama terkait hal ini. Jangan hingga kalian sudah membeli tiket semenjak jauh-jauh hari semoga sanggup berlibur bersama binatang keakungan anda, ternyata pihak pesawat melarang membawa binatang diangkut dibagasi/tidak diizinkan.

Jika sudah menerima informasi, silahkan penuhi syarat-syaratnya. Umumnya binatang hidup yang diangkut dengan pesawat terbang harus memenuhi surat-surat sebagai diberikut:

  • Melengkapi surat keterangan Dokter Hewan bahwa sugar glider Anda sehat dan tidak mempunyai penyakit menular.
  • Memdiberikan surat izin membawa binatang peliharaan dari kantor karantina setempat.
  • Terakhir membawa surat pembebasan tanggung jawaban.

Sebaiknya kalian melaksanakan pengurusan surat-surat di atas minimal 1 hari sebelum kalian pergi menggunakan pesawat terbang. Dalam mengurus surat surat di atas kalian akan mengeluarkan biaya yang lumayan. Kira-kira sanggup habis sekitar Rp300.000. Tergantung kepada kebijakan masing-masing Airlines.

4. Tips Membawa Binatang Sugar Glider Perjalanan Jauh Biar Aman


 keberadaan binatang peliharaan begitu berarti Teknik Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Sesudah tahu bagaimana cara membawa SG pulang mudik, kami ingin memdiberi tips biar aman. Tanpa stres. Pastikan kalian membawa travel cage yang menyerupai tas, di dalamnya didiberi kain atau pouch biar hangat. Usia suggy kalau sanggup 5 bulan ke atas. Kasian kalau masih kecil. Terakhir letakkan di kawasan yang kondusif dan nyaman.

Baca juga: Ciri Ciri dan Teknik Mengatasi Sugar Glider Stres

Sayangnya kalau di pesawat kita tidak sanggup memastikan petugas meletakkan di kawasan yang aman. Banyak yang kecewa alasannya sangkar beserta binatangnya di taroh bagasi barang. Duh kasian.

Demikianlah panduan lengkap membawa binatang peliharaan menyerupai sugar glider bepergian jauh atau pulang kampung. Yang terpenting yakni menyediakan perlengkapan untuk dipakai dikala di rumah ataupun di perjalanan. Untuk menghindari stres, setelah hingga rumah mohon untuk tidak diganggu dulu supaya damai sekaligus menyesuaikan diri di lingkungan barunya.

Post a Comment for "Cara Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh Atau Pulang Kampung"