Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kebotakan Murai Batu

Murai Batu (MB) yaitu salah satu burung dengan skill berkicau yang sangat baik (baca: suara murai batu), selain itu Ia juga mempunyai bulu-bulu yang indah. Walaupun tidak seindah Lovebird, namun MB tetap membutuhkan bulu-bulu tersebut untuk menunjang penampilannya biar terkesan gagah dikala Ia berkicau. Akan tetapi, ada dikala dimana burung ini akan mengalami masa kebotokan atau kerontokan bulu.

Yang pertama yaitu dikala mabung, dan yang kedua yaitu lantaran benjol jamur. Jika penyebabnya yaitu mabung, maka itu bukanlah problem bagi brung tersebut. Tapi, jikalau kebotokan tersebut disebabkan lantaran jamur, maka Anda harus melaksanakan tindakan penanganan dengan segera.

 yaitu salah satu burung dengan skill berkicau yang sangat baik  Teknik Mengatasi Kebotakan Murai Batu

Berbicara terkena kebotakan Murai Batu yang disebabkan jamur, problem ini haruslah ditangani sedini dan sesegera mungkin. pasalnya, jikalau tidak ditanggulangi dengan segera maka dapat jadi burung Anda akan kehilangan bulu-bulu tersebut selamanya. Lalu, bagaimana cara mengatasi dan menangani problem ini?

Tips Mengatasi Kebotakan Murai Batu
Ada sebuah metode yang sudah populer ampuh untuk mengatasi problem kebotakan pada Murai, sedangkan materi yang dipakai dalam metode tersebut yaitu kunyit dan daun sirih. Lalu, apa dan bagaimana penerapan metode ini untuk mengatasi kebotakan pada Murai?

Untuk menerapkan metode ini, ada beberapa cara dan step yang harus Anda lakukan seperti:

1. Memmembersihkankan jamur
Teknik pertama untuk mengatasi kebotakan pada Murai kerikil yaitu dengan memmembersihkankan jamur yang bermasukang di badan Murai. Untuk melakukannya Anda dapat memakai obat khusus, sedangkan untuk nama obatnya sendiri yaitu Freshhave. Anda dapat memakai 5 gram Freshhave dan mencampurkannya dengan 1 liter air hangat, setelah tergabung Anda dapat mengaduk keduanya biar benar-benar tergabung dengan baik. Sesudah itu Anda dapat menyemprotkan larutan ini pada pecahan badan Murai yang mengalami kebotakan, setelah itu tunggu hingga satu hari.

2. Mengusap kulit Murai yang botak
Sesudah satu hari, Anda dapat melanjutkan proses diberikutnya. Proses tersebut yaitu proses pengangkatan jamur, sedangkan caranya yaitu dengan mengusap-usapkan kulit Murai yang botak tersebut hingga jamurnya benar-benar terlepas. Untuk melakukannya Anda dapat memakai tangan Anda sendiri, spesialuntuk saja sebelum menyentuh pecahan badan yang botak tersebut sebaiknya Anda harus mencelupkan tangan Anda kedalam air hangat untuk mensterilkan dan mempergampang prosesnya.

3. Melakukan terapi kunyit dan sirih
Teknik mengatasi kebotakan Murai Batu diberikutnya yaitu dengan memakai daun sirih dan kunyit. Tekniknya yaitu dengan mengoleskan daun sirih dan kunyit yang sudah dihaluskan pada badan Murai. Perlu Anda ingat, pastikan seluruh badan terolesi secara merata dari ujung kaki hingga ujung kepala. Selain itu Anda juga harus melaksanakan terapi ini selama 3 hari berturut-turut,baru setelah 3 hari Anda dapat memmembersihkankan sisa kunyit dan daun sirih tersebut. Bahan-bahan ini akan membasmi jamur yang menempel dan menempel ditubuh burung Anda, selain itu materi ini juga akam mempercpat pertumbuhan bulu burung.

Sedangkan untuk mencegah kebotakan pada Murai Batu, sebaiknya Anda diberikan asupan nutrisi yang baik pada burung ini. Jika sudah timbul kerontokan, maka sebaiknya Anda segera melaksanakan tindakan penanganan dan mempersembahkan asupan protein yang cukup. Tujuannya biar bulu yang rontok tidak terlalu banyak dan bulu pun cepat untuk tumbuh kembali. Memdiberikan vitamin OrBird juga efektif dalam mengatasi kebotakan.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kebotakan Murai Batu"