Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Teknik ternak hamster- Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan. Di samping sanggup menikmati kelucuan dari tingkah lakunya, kita juga sanggup memperoleh laba berupa financial apabila dibudidayakan dan dijual kepada konsumen.

Bagi kami beternak hamster ialah jalan terbaik untuk memulai perjuangan sampingan bagi para hamster lovers di Indonesia. Dimana hari ini popularitas hamster semakin meningkat. Baik untuk kalangan perempuan maupun pria. Baik di kalangan belum dewasa maupun dewasa. Bahkan tidak sedikit forum-forum di media umum yang membicarakan wacana hamster.

Oleh alasannya yaitu itu di sini Hobinatang.com akan mengulas tips lengkap ternak hamster yang baik dan benar bagi pemula. Apa saja langkah langkahnya?

Teknik Beternak Hamster Bagi Pemula


Ternak hamster sama ibarat beternak kelinci hias, marmut atau binatang pengerat lainnya. Di sana ada langkah-langkah penting yang harus kalian perhatikan supaya kalian tidak gagal dalam beternak.

1. Menentukan Hamster Yang akan Diternakan


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Teknik pertama ialah menentukan jenis hamster yang akan dikawinkan. Seperti yang sudah ditulis dalam artikel, [jenis hamster paling lucu di Indonesia dan harganya] bahwa hamster mempunyai bermacam-macam jenis dan setiap jenisnya tidak sama corak warna, sifat dan karakter.

Untuk pemula dimasukankan supaya beternak hamster cambell terlebih lampau. Hamster Campbell ialah hamster kerdil yang paling murah dan tergolong praktis dirawat. Namun mereka sedikit lebih galak dan garang dibandingkan jenis hamster lainnya.

Selain Chambell ada juga jenis winter white, mereka juga kerdil dan praktis dipelihara. Lalu ada hamster sirian, roborovski dan lain sebagainya. Silahkan teman erat pilih sesuai selera dan keinginan. Tapi pada dasarnya usahakan menentukan jenis hamster yang mempunyai corak bagus, sehat dan unik.

2. Menyediakan Kandang Hamster dan Perlengkapannya


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Teknik ternak hamster kedua yaitu mempersembahkan kawasan pulas hamster (kandang). Belikan sangkar berupa akuarium beling atau sangkar khusus hamster. Serta diberilah ganjal berupa serbuk kayu di dalam kandangnya. Pastikan kalian meletakkan sangkar hamster yang jauh dari tikus atau kucing yang nantinya sanggup memakan hamster keakungan anda (hewan predator berbahaya).

Jangan malas mengganti serbuk kayunya supaya hamster tetap kondusif dan sehat selalu. Karena hamster itu binatang pengerat yang menyukai kemembersihkanan. Bila malas memmembersihkankan kandangnya maka hal itu sanggup mengakibatkan hamster stres dan kesudahannya mati. (Pengalaman hehe). Sediakan juga mainan hamster, kawasan minum dan lainnya.

3. Merancang Modal Yang Dibutuhkan Untuk Beternak Hamster


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Perencanaan biaya yang diharapkan juga sangat penting. Sobat harus sanggup menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk membudidayakan hamster. Misalnya di sini saya akan beternak 4 hamster cambell (1 jantan, 3 betina). Hitungannya menjadi:

  • 4 induk hamster @35.000 x 4 = Rp. 140.000
  • 1 sangkar hamster = Rp. 150.000
  • Makanan hamster 1 bulan = Rp. 30.000
  • Substrat (Alas kandang) = Rp. 15.000
  • Perlengkapan kawasan minum dan mainan = Rp. 50.000
  • Total: Rp. 385.000

Nah itu gres biaya utama, belum masakan bulanan dan vitamin. Makara kalau ditotal sanggup menghabiskan Rp. 500.000 untuk 2 pasang. Anda juga sanggup menghemat biaya dengan cara membuat kawasan minum hamster sendiri. Baca panduannya di sini.

Dimasukankan membeli induk yang banyak supaya lebih besar keuntungannya. Disamping itu beternak hamster dan membudidayakannya tidak spesialuntuk cukup sepasang hamster saja. Kalian sanggup membeli hamstr sebanyak 10 buntut dengan kimasukan hamster jantan 2 buntut, sisanya betina. Karena satu hamster jantan sanggup menghamili 1-3 lebih hamster betina.

4. Membeli Indukan Hamster yang Berkualitas dan Sehat


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Poin yang ketiga dalam ternak hamster ini harus kalian perhatikan. Kualitas induk hamster yang baik akan kuat pada anaknya atau keturunannya. Apabila kalian membeli sepasang hamster yang anggun tentu akan melahirkan anak yang anggun pula dan sebaliknya bila kalian membeli hamster yang cacat atau sakit bukan mustahil keturunannya juga akan cacat. Bagaimana cara menentukan indukan hamster yang berkarakter?

  • Indukan hamster sudah berusia 5 bulan ke atas, lantaran di usia tersebut alat reproduksi dan mental sudah siap. Sehingga anak yang akan dilahirkan pun sanggup sehat dan selamat.
  • Sebaiknya membeli hamster yang sehat, tidak cacat dan tidak ada lecet sedikitpun di area tubuhnya.
  • Kondisi mata dan hidung sehat tidak berair dan tidak ada kotorannya. Sebab sanggup jadi cairan tersebut yaitu penyakit berbahaya.
  • Bulu hamster membersihkan secara keseluruhan, lantaran hal itu menawarkan bagusnya perawatan dari peternak sebelumnya.
  • Jangan mengawinkan indukan hamster yang sedarah dan berlawanan jenis. Karena nanti akan menjadikan kelainan genetik pada bayinya.

5. Membedakan Hamster Jantan dan Betina


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Sebelum mengulas proses mengawinkan hamster, langkah awal yang harus teman erat lakukan yaitu mengetahui jenis kelabuin hamster jantan dan betina. Bagaimana caranya?

Ada 2 cara yang pertama telentangkan hamster di atas telapak tangan anda lalul amati kelabuinnya. Jika ada 2 lubang yang terpisah dan pecahan bawah lebih memanjang berarti ia hamster jantan. Adapun hamster betina mempunyai 2 lubang yang berdekatan serta mempunyai 4 buah puting susu.

Teknik yang kedua masukkan hamster ke dalam plastik kemudian lihat melalui piring, amati perlahan lahan kelabuinnya. Namun, untuk cara yang kedua ini pastikan usia hamster sudah 3-4 minggu. Jika belum terperinci silahkan buka artikel, "4 Perbedaan Menonjol Antara Hamster Jantan dan Betina". Di sana sudah dijelaskan secara panjang lebar beserta gambarnya.

6. Mengawinkan Hamster


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Jika sudah mengetahui kelabuinnya maka cara selanjutnya anda tinggal mengawinkannya. Satukan hamster jantan dan betina pada satu kandang. Biasanya sebelum kawin mereka akan kejar kejaran terlebih lampau. Jika hamster betina sudah lelah maka ia akan pasrah untuk dikawini si jantan.

Proses ini berlangsung selama 3 ahad atau sanggup juga cuma sehari perkawinan si betina eksklusif hamil. Jika hamster betina sudah hamil maka segera pisahkan ia dengan jantan. Hamster yang sedang hamil cenderung lebih sensitif dan galak. Sehingga ia harus hidup sendiri dan tempatkan pada sangkar yang nyaman serta jauh dari hamster yang lain.

Lalu bagaimana ciri ciri hamster yang sedang hamil? Anda sanggup melihat dari bentuk perutnya yang mulai membulat serta perlakuannya semakin garang atau galak. Jika bayi hamster sudah lahir segera pisahkan ia dengan  induknya untuk menghindari kanibalisme. Hamster betina sekali melahirkan sanggup hingga 8 buntut anak. 

Bila kurang jelas, Anda sanggup membaca klarifikasi lebih lengkap di artikel:


7. Menyediakan Makanan Hamster


 Memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan Teknik Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap

Tidak diragukan lagi kalau tiruana makhluk hidup membutuhkan makanan. Untuk budidaya hamster maka sangat kami rekomendasikan pemdiberian pakan yang mengandung banyak protein, nutrisi dan gizi tinggi serta diberikan vitamin B untuknya.

Adapun untuk jenis-jenis masakan hamster sangatlah banyak dan mustahil kami bahas di sini, jadi silahkan baca: Daftar Makanan Untuk Hamster Lengkap

8. Kemembersihkanan Kandang


Teknik yang terakhir dalam beternak hamster yaitu dengan memperhatikan kemembersihkanan kandangnya. Jangan malas mengganti ganjal serbuk dan memandikan hamster supaya tidak pesing atau wangi tak sedap. Kalau sangkar sudah berair dan kotor segera ganti dengan yang baru. Demi kenyamanan induk hamster dan anaknya supaya tidak stres serta menghindari ajal akhir bakteri.

Baca juga: cara merawat hamster supaya sehat dan tidak bau

Baiklah itu saja ulasan dari kami wacana cara ternak hamster yang praktis dan benar buat pemula. Semoga sedikit ulasan trrsebut bermanfaa bagi anda terutama bagi yang gres memelihara hamster. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Ternak Hamster Yang Baik Untuk Pemula Lengkap"