Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Makanan Kesukaan Kelinci Yang Sehat

Makanan kelinci yang sehat- Jika sobat akrab berencana untuk memelihara kelinci baik sekedar hobi ataupun untuk bisnis, sebaiknya sobat akrab harus banyak berguru seputar perawatan kelinci. Dan salah satu yang paling penting untuk dipelajari ialah mengetahui jenis masakan kesukaan kelinci yang menyehatkan. Sebab bila kita salah dalam pemdiberian pakan, bukan mustahil kelinci sanggup sakit atau malah mati.

Selain itu pemdiberian pakan juga akan menghipnotis perkembangan, stabilitas, dan kualitas kelinci. Makara sobat akrab harus benar-benar memperhatikan duduk perkara ini, lantaran jujur saja hari ini banyak sekali pemula-pemula yang salah kaprah dalam memahami masakan untuk kelinci. Mereka beranggapan sayur ialah masakan utama, selain sayur spesialuntuk sampingan dan bila sudah makan sayur tidak butuh minum. Keadaan ini diperparah dengan adanya situs-situs yang membenarkan pemahaman sesat ini.

Emmt padahal di alam liar sendiri ia jarang menemukan sayur-sayuran, paling hay, rumput atau jerami. Nah oleh lantaran itu di sini hobinatang.com akan sharing gosip terkait masakan kesukaan kelinci yang sehat dan cocok untuk tiruana jenis, entah kelinci pedaging atau hias menyerupai rex dan anggora. Apa saja masakan kelinci?

Makanan Kelinci yang Sehat


Daftar masakan kelinci diberikut ini kami urutkan mulai dari yang paling pokok dan yang paling banyak mengandung nutrisi serta gizi tinggi. Yang niscaya sangat cocok didiberikan pada kelinci Anda. Bagi yang mempunyai kelinci masih umur di bawah 2 bulan silahkan baca: 5 jenis masakan kelinci yang masih kecil.

1. Pakan Rumput dan Hay


 sebaiknya sobat akrab harus banyak berguru seputar perawatan kelinci Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

 sebaiknya sobat akrab harus banyak berguru seputar perawatan kelinci Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Makanan pokok kelinci yang pertama ialah rumput dan hay. Apa itu hay? Hay ialah homogen jerami kering atau rumput yang dikeringkan sehingga tidak ada kadar airnya. Hay sanggup dari rumput alfafa atau timothy. Yang terperinci di Eropa sendiri hay banyak digunakan untuk pakan sapi lantaran memang sangat manis untuk binatang pemakan flora (herbivora).

Banyak orang yang beranggapan rumput dan hay (jerami) kurang sehat buat kelinci, padahal hampir 80 % kelinci membutuhkan jenis pakan yang satu ini apalagi untuk kelinci betina yang sedang hamil atau menyusui. Rumput hijau banyak mengandung serat yang sangat baik bagi kelinci. Terutama rumput jenis alfafa dan timothy.

Namun berdasarkan sebagian sumber, rumput alfafa tidak cocok didiberikan kelinci remaja dan bagusnya didiberikan kepada kelinci masih kecil. Bagi kami sih opini ini belum terbukti dan masih sekedar pendapat jadi didiberi saja tidak mengapa asal tidak keseenteng dan tidakboleh hingga memdiberi hay atau rumput yang mengandung pestisida. Baca artikel ini juga: 8 Jenis Rumput Pakan Kelinci yang Bagus Beserta Gambarnya

2. Makanan Kelinci Sayuran Hijau atau Wortel


 sebaiknya sobat akrab harus banyak berguru seputar perawatan kelinci Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

 sebaiknya sobat akrab harus banyak berguru seputar perawatan kelinci Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Pakan kelinci yang satu ini juga baik untuk pertumbuhan kelinci, namun kalau dibandingkan rumput dan hay masih bagusan rumput. Sayuran juga majemuk ada yang hijau dan ada yang tidak, menyerupai wortel. Nah selain wortel masih ada sayuran lainnya yang baik dan sehat di antaranya:

  • Sayuran hijau kangkung
  • Sayuran sawi
  • Wortel dan daunnya (30 mg)
  • Sayuran kubis (94 mg)
  • Sayur lobak (105 mg)
  • Sayur selada air (40 mg)
  • Sayur daun turi
  • Sayur lamtaro
  • Kacang panjang
  • Daun ubi jalar
  • Dll yang penting tidak mengandung pestisida

Apa manfaat sayuran bagi kelinci? Manfaatnya ada banyak salah satunya sanggup mencegah diare, kekurangan cairan tubuh dan penyakit lainnya. sepertiyang yang sudah dibahas dalam artikel, jenis penyakit kelinci dan pengobatannya.

3. Makanan Buatan Pelet


Jenis masakan kelinci yang ketiga ini bukanlah masakan alami alias pribadi dari alam. Namun masakan buatan insan dengan banyak sekali materi racikan yang sudah diubahsuaikan gizi, nutrisi, protein dan seratnya. Meski demikian dimasukankan supaya pemdiberian pakan pelet bila memang terpaksa atau dibatasi spesialuntuk 20%.

Sebab kadang tekstur dari pelet sangat tidak sesuai dengan kondisi sistem pencernaan kelinci. Terlebih lagi beberapa pakan yang dijual di pasar ialah pakan buatan rumahan yang kualitasnya tidak terjamin. Makara kalau memang terpaksa carilah pelet dengan merek populer dengan komposisi yang pas buat kelinci hias maupun pedaging.

Pemdiberian pelet paling banyak terdapat di kota-kota besar, mungkin lantaran belum sempurnanya rumput atau malas memakai rumput. So hindari penerapan pelet secara berlebih. Jika kelebihan pelet umumnya kelinci akan sering mencret, kekurangan cairan tubuh dan kesannya mati.

4. Buah-Buahan untuk Kelinci


 sebaiknya sobat akrab harus banyak berguru seputar perawatan kelinci Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Pada hakikatnya kelinci tidak makan buah-buahan, meskipun berada di alam liar. Mengapa? lantaran buah-buahan mengandung gula yang berlebih, sehingga tidak cocok dijadikan masakan pokok untuk si kelinci. Tapi bolehlah bila didiberikan sesekali sebagai cemilan, namun pilihlah buah yang kadar gulanya rendah, menyerupai pisang, nanas, apel, pepaya dan kesemek. Itupun cukup sebagai cemilan saja, bukan sebagai masakan pokok.

Minuman Sehat untuk Kelinci


Jika berbicara minuman, hampir tiruana makhluk bernyawa butuh minum untuk bertahan hidup. Nah begitu juga dengan kelinci, walaupun ia sudah memakan sayuran yang banyak mengandung air, ia tetap butuh minum supaya tidak dehidrasi. Lalu apa minuman yang manis buat kelinci?

Minuman kelinci spesialuntuk air putih saja, tapi lebih baik lagi kalau ditambah vitamin khusus yang sanggup anda beli di pet shop. Perhatikan cara memdiberinya, tidakboleh diletakkan di mangkuk lantaran biasanya simpel dimasuki bubuk dan kotoran.

Waw kesannya selesai juga pembahasan masakan kesukaan kelinci yang menyehatkan. Yang penting sobat akrab perhatikan benar poin-poin di atas. Jangan hingga ternak kelinci kalian gagal gara-gara pemdiberian pakan yang tidak tepat. Untuk panduan ternak, baca: cara beternak kelinci yang baik dan benar.

Post a Comment for "Daftar Makanan Kesukaan Kelinci Yang Sehat"