Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doc Ayam Kampung : Pemilihan Bibit Dan Membedakan Jenis Kelamin

Lintas Ternak Teknik Memilih DOC Ayam Kampung Unggul dan Teknik Membedakan Jenis Kelamin Anakan Ayam Kampung.Usaha ternak ayam kampung kini sangat terkenal dikalangan masyarakat ternak.Budidaya ayam kampung sanggup dilakukan tiruana orang,selain modalnya tidak terlalu besar,pemeliharaannya juga relatif gampang.Jika perjuangan ini dilakukan dengan sungguh-sungguh,maka tak heran sanggup menghasilkan omzet ratusan juta rupiah setiap bulannya.Permintaan daging maupun telur ayam kampung dipamasukan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan,namun para peterak belum sanggup memenuhi kuota tersebut.Sehingga bisnis ini masih terbuka lebar bagi siapapun.

Untuk menjalankan perjuangan ternak ayam kampung tentu ada syarat dan langkah-langkah yang harus anda tempuh,misalnya pemelihaaraan,mempersembahkan pakan yang baik,vitamin dan nutrisi dan menentukan DOC (bibit) ayam kampung yang baik.Pemilihan bibit yang berkarakter ialah salah tips sukses beeternak ayam kampung.Banyak peternak pemula yang gagal dalam menjalankan perjuangan ini.Hal ini disebabkan kesalahan dalam menentukan DOC (bibit) ayam kampung.Dalam menentukan DOC ayam kampung,harus mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut :

1.Keadaan sehat dan terperinci indukannya (tidak cacat)
2.Kaki kuta,bulu mengkilap dan sanggup bangun sendiri dengan baik
3.Pergerakannya lincah
4.Keadaan dubur kering dan bulu doc halus
5.Ketika masa brooding ayam tak selalu mendekati sumber gerah

Anakan ayam kampung yang mempunyai ciri-ciri diatas termasuk kategori bibit anakan ayam kampung (DOC) yang mempunyai kualitas unggul.Selain membedakan jenis kelabuin bibit jantan dan betina juga sangat penting anda lakukan.Karena hal ni sangat besar lengan berkuasa terhadapat tujuan anda membudidayaknnya.Apakah anda bertujuan untuk ayam kampung pedaging atau ayam kampung petelur ?

 Teknik Memilih DOC Ayam Kampung Unggul dan Teknik Membedakan Jenis Kelamin Anakan Ayam Kampun DOC Ayam Kampung : Pemilihan Bibit dan Membedakan Jenis Kelamin

Biasanya untuk membedakan jenis kelabuin bibit ayam kampung jantan dengan betina dilakukan dengan 2 cara yaitu  :

1.Pengamatan Dari Segi Fisik

melaluiataubersamaini mengamati DOC ayam kampung dari segi fisik.Fisik anakan ayam kampung sanggup anda patokan untuk membedakan jenis kelabuin anakan ayam kampung  betina maupun jantan.Adapun acaranya sebagai diberikut :

a.) Biasanya anakan ayam kampung yang sehat,baik betina maupun jantan memang lincah tapi ayam jantan suaranya lebih nyaring.

b.) Pertumbuhan bulu dan bulu ujung ayam jantan lebih cepat dibandingkan dengan anakan ayam betina.

c.) Anakan ayam engkaung jantan matanya lebih bercahaya sedangakn betina caanya matanya lebih lemah.

d.) Untuk anakan ayam jantan bentuk tubuhnya lebih besar,pada ,gagah dan tinggi.Sedangkan yang betina tubuhnya lebih pendek dan lembek.

2.Pengamatan Pada Bagian Kloaka

melaluiataubersamaini menggunakan metode melihat kloaka atau lubang posterior dibelakang tubuh,namun metode ini membutuhkan ketrampilan dan pengalaman.Dari cara tersebut kita sanggup melihat apakan DOC tersebut jantan ataupun betina.Organ kelabuin jantan akan tampak kecil sekali ,bentuknya mirip mirip kepala jarum.Sedangkan pada betina bentuk itu jarang ditemukan.Adapun caranya ialah sebagai diberikut atau lihat pada gambar diatas.

a.)    DOC yang akan diperiksa jenis kelabuinnya dipegang dengan tangan kanan.

b.)    Pada cuilan lehernya diapit jari tengah dan manis.

c.)    Posisi tubuh DOC diarahkan ke bawah, sementara perut cuilan bawah diraba menggunakan jempol dan kelingking tangan kiri.

d.)    Bagian punggung DOC diketuk semoga kotorannya keluar dari kloaka.

e.)    Bagian bawah anus ditekan dan telunjuk diletakkan di cuilan kloaka.

f.)    Buka lubang kloaka semoga cuilan dalamnya menonjol keluar.

g.)    Amati secara seksama cuilan kloaka apakah ada titik. Jika ada, sanggup dipastikan bahwa DOC yang sedang dicek berjenis kelabuin jantan. Begitu pula sebaliknya.

Catatan : (DOC ialah abreviasi dari Day Old Chick yang ialah istilah yang dipakai dalam dunia unggas yang masih berumur 1 hari).

Demikianlah Teknik Memilih Kualitas DOC Ayam Kampung Unggul dan Teknik Membedakan Jenis Kelamin Bibit Ayam Kampung.Semoga dengan adanya artikel diatas sanggup menambah pengalaman anda wacana ayam kampung.Semoga anda tidak salah dalam menentukan bibit (DOC) ayam kampung dan hasil ternak yang anda jalankan sanggup sukses.Terima kasih

Post a Comment for "Doc Ayam Kampung : Pemilihan Bibit Dan Membedakan Jenis Kelamin"