Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Ihwal Sugar Glider

Sugar glider- Masyarakat hari ini sudah mulai banyak yang mengenal binatang sugar glider, khususnya di kalangan pencinta binatang peliharaan. Sehingga sugar glider semakin terkenal dimana-mana. Tapi, mungkin bagi kalian yang gres mendengar nama ini, baik dari saudara, rekan atau orang lain niscaya akan bertanya, "Apa itu sugar glider?"

Sugar glider (Petaurus Breviceps) yaitu salah satu binatang pengerat yang berasal dari negara kita, yaitu Indonesia atau lebih tepatnya di Papua. Dia termasuk keluarga mamalia kecil, spesies omnivora kelas marsupial yang nokturnal. Artinya binatang ini berkembang biak dengan cara melahirkan dan mempunyai ciri-ciri badan kecil dan berkantong ibarat kangguru serta bersifat nokturnal (aktif di malam hari).

Ukuran badan sugar glider hampir ibarat mirip hamster, yaitu sekita 24-40 cm, dengan berat 4-7 ons. Selain tubuhnya yang kecil dan manis, sugar glider juga mempunyai abjad dan tabiat yang unik, lucu, bakir serta menggemaskan. Maka masuk akal saja kalau binatang ini banyak dipelihara baik oleh masyarakat Indonseia sendiri atau di serpihan dunia lainnya.

 Masyarakat hari ini sudah mulai banyak yang mengenal binatang sugar glider Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Tentang Sugar Glider

Orang-orang banyak yang menganggap sugar glider yaitu bajing terbang, lantaran beliau mempunyai akup di sampingnya, tapi bekerjsama keduanya sangat tidak sama. Perbedaan yang menonjol ada pada bentuk tubuh, warna dan bulunya. Sugar glider terlihat lebih kecil daripada bajing dan juga bulunya lebih halus, bulu ujung lebih ramping serta warnanya terang lebih indah dari bajing terbang.

Mengapa binatang ini dipanggil sugar glider?

Dinamakan sugar glider lantaran beliau bagus dan bisa terbang, kalau kita pisahkan maka artinya menjadi (sugar) "gula" dan gula mempunyai sifat manis, kemudian (glider) bermakna "terbang". Sehingga apabila disatukan "sugar glider" menjadi (si bagus yang bisa terbang).

Tapi ada juga yang beropini bahwa penamaan sugar glider lantaran beliau menyukai yang manis-manis, tapi yang terang binatang ini bagus dan suka yang manis-manis. Dah gitu aja biar adil.

Usia Sugar Glider


Usia sugar glider cukup lama, beliau bisa bertahan hidup hingga 12 hingga 15 tahun. Dari segi umur atau usia, sugar glider terbagi menjadi dua, yaitu usia joey dan ada juga usia dewasa. Apa itu sugar glider joey dan dewasa?

 Masyarakat hari ini sudah mulai banyak yang mengenal binatang sugar glider Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Tentang Sugar Glider

Joey yaitu sugar glider yang masih anakan berumur 0-3 bulan. Selama 0-2 bulan si joey akan tinggal di dalam kantong ibunya ibarat anak kangguru dan istilah ini disebut dengan IP (In Pouch), kemudian setelah 2 bulan, si joey akan keluar dari kantongnya dan proses ini disebut dengan OP (Out Pouch). Sedangkan sugar glider cukup umur yaitu yang berusia di atas 3-4 bulan, dan kalau sudah mencapai 5-6 bulan sudah bisa dikawinkan.


Mereka dikenal dengan sikap yang ramah dan berteman dekat, Mereka binatang peliharaan yang aktif suka melompat, berpegangan dan meluncur. Sugar glider membutuhkan perawatan khusus dan perhatian. Mereka tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan, dan pemilik (owner) juga harus mempersembahkan perawatan yang cukup dan konstan berupa cinta dan perhatian kepada binatang peliharaan ini biar tetap sehat dan ramah. Sugar glider yaitu binatang peliharaan yang indah asalkan terjaga dan dirawat dengan Baik dan benar.

Selain itu, sugar glider juga memliki banyak jenis, mulai dari gray, albino, leucistic, mozaik dan lain-lain. Setiap jenisnya mempunyai abjad dan harga jual yang tidak sama, untuk lebih lengkapnya silahkan baca, Jenis-Jenis Sugar Glider Paling Lucu di Indonesia

Fakta Menarik Tentang Sugar Glider


 Masyarakat hari ini sudah mulai banyak yang mengenal binatang sugar glider Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Tentang Sugar Glider

Ada aneka macam hal-hal yang menarikdanunik dari binatang ini, apa saja?

1. Sugar Glider cepatdangampang Dirawat


Ya, binatang ini memang simpel dirawat, alasannya yaitu tidak membutuhkan daerah yang luas untuk meletakkan kandangnya sehingga tidak memakan tempat. Untuk makanannya pun tidak terlalu menguras kantong, kalian cukup membeli pisang atau bubur bayi sebagai pakannya. Tapi perlu diingat ketika kalian memelihara binatang ini, kalian harus bisa menjaga memmembersihkankan kandangnya supaya tidak bau, dan sering mengajaknya bermain. Sebenarnya masih banyak lagi panduan perawatan sugar glider, tapi lantaran keterbatasan waktu kami tidak bisa mengulasnya di sini. Silahkan baca saja artikel sebelumnya, cara merawat sugar glider yang benar.

2. Sugar Glider Berteman bersahabat dan cepatdangampang Dijinakkan


Apabila anda sering kesepian, maka sugar glider solusinya. Mengapa? Karena mereka bisa menjadi sobat bersahabat yang baik dan sangat setia pada pemiliknya, so kalian tidakboleh khawatir untuk diputuskan sebagaimana pacar anda tetapkan anda.

Selain itu, uniknya binatang unyu ini sangat simpel dijinakkan bahkan bisa bonding. Apa itu bonding? bonding yaitu keterikatan dengan pemiliknya, sehingga kalau dipanggi dengan namanya, beliau akan mendekat ke sumber suara. Waaw sangat senang sekali! ets tunggu sebentar sob, membondingkan sugar glider juga ada ilmunya loh. Nih, baca saja di sini.

Baiklah hingga sini saja klarifikasi terkena apa itu sugar glider dan fakta-faktanya. Semoga dengan kalian membaca ini akan menambah minat anda terhadap binatang yang lucu ini, silahkan share kalau dirasa goresan pena ini bermanfaa dan like juga facebooknya. Terimakasih

Post a Comment for "Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Ihwal Sugar Glider"