Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan Dan Pembudidayaannya

Ikan hias neon tetra- Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis ikan hias yang sanggup anda pelihara di dalam aquarium. Mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut, sedangkan untuk ikan hias air tawar terbagi menjadi dua, ada yang hobi memelihara ikan predator air tawar, ada pula yang hobi memelihara ikan hias berukuran kecil tipe pendamai.

Untuk ikan neon sendiri tergolong ikan hias yang berukuran kecil. Spesies neon tetra lebih banyak dipelihara di dalam akuarium mini. Kaprikornus sangat cocok dijadikan binatang peliharaan aquascape. Lalu ibarat apa ikan neon tetra itu?

Ikan Hias Neon Tetra


Jika berbicara ihwal ikan neon tetra tentu kita perlu mengulas banyak hal, mulai dari pengenalan habitat dan asal-usulnya, mengenal ciri-ciri dan karakternya, mengetahui perawatannya, mengetahui jenis makananannya hingga mengilmui bagaimana cara membudidayakan ikan neon tetra itu sendiri.

Baiklah simak poin demi poin di bawah ini, tidakboleh ada yang dilewati ya (senyum).

1. Sejarah ikan neon tetra dan habitatnya


 Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Mengutip dari Wikipedia dan beberapa sumber, ikan neon tetra yakni ikan air tawar yang berukuran kecil terbaik 3 cm dan mempunyai warna yang kontras, ketika malam hari warna ikan tersebut akan semakin terang (mungkin gara gara ini, beliau disebut ikan neon ya gusy?).

Ikan neon tetra masih satu keluarga dengan ikan cardinal tetra, green tetra, black tetra dan lain sebagainya, alasannya yakni mereka tiruana dari famili Characidae ordo Characiformes.

Habitat orisinil neon Tetra yakni perairan Black Water dan Clear Water yang berada di Orinoco dan sungai Amazon belahan Amerika Selatan dan Brazil. Awal mula ikan neon tetra ditemukan  di tepi Amazon belahan barat dan utara, atau lebih tepatnya di wilayah Kolombia, Peru dan Brazil Barat. Lalu dikembangbiakkan dan diperjualbelikan di banyak sekali negara, hingga alhasil ikan tersebut menjadi terkenal dan mendunia.

2. Ciri ciri ikan neon tetra yang manis dan eksotis


 Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Tidak diragukan lagi ikan neon tetra mempunyai keindahan yang luar biasa pada badan dan warnanya. Lihat saja pada gambar di atas, dari ujung hingga kepala mempunyai 3 warna yang terang, terdapat garis merah pada belahan ujung hingga sirip tengah, kemudian di punggungnya dihiasi warna biru secara horizontal, dan di belahan perut terdapat warna perak yang menjadikannya kemilau.

Biasanya pada malam hari warna biru dan merah akan semakin cerah tapi bila sedang itirahat warna terang tersebut menjadi abu-abu atau hitam. Tapi tenang saja warna cerahnya akan kembali ketika beliau aktif kembali di pagi hari.

Ikan neon tetra mempunyai aksara bernafsu dan mempunyai sifat schooling, arti schooling yaitu hidup berkelompok bersama kawan-kawannya. Kaprikornus apabila kalian ingin memelihara neon tetra sebaiknya membeli 6 jenis atau lebih, supaya mereka betah di dalam akuarium sekaligus menambah kecantikan akuarium anda.

3. Jenis pakan ikan neon tetra


 Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Neon tetra yakni ikan hias omnivora, biasanya para hobiis memdiberi masakan buatan pabrik ibarat pelet-pelet kecil. Namun di alam liar sendiri neon tetra terbiasa memakan pakan alami ibarat cacing sutra, artemia atau daphnia. Kaprikornus silahkan kalian boleh memdiberi cacing beku dan kering bloodworms.

4. Perawatan ikan hias air tawar neon tetra


 Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Ikan neon tetra ialah salah satu ikan hias yang praktis dirawat bahkan untuk pemula sekalipun. Yang penting akuarium anda dilengkapi filter sebagai mesin filterisasi semoga kemembersihkanan air tetap terjaga, selain itu suhu temperatur air harus stabil berkisar 25 - 27 derajat Celcius.

Namun syarat di atas tidak mutlak sepenuhnya, banyak kawan-kawan yang memelihara ikan neon tanpa filter spesialuntuk menggunakan aerator atau bahkan tidak sama sekali, di dalam aquarium cuman ada air dan hiasan, namun biasanya yang ibarat itu ikan praktis mati, tidak bertahan lama.

Selain kalian harus menjaga kondisi air supaya tetap membersihkan, kalian juga harus memdiberi makan dengan baik. Lebih bagus sedikit tapi sering daripada didiberi pakan banyak tapi tidak habis. Ketahuilah ikan itu bersifat "kenyang tinggal". Saat beliau sudah kenyang beliau akan berhenti sehingga masakan sisa-sisa yang tidak habis sanggup mengotori akuarium Anda alhasil menjadikan penyakit berbahaya bagi si ikan.

Anda juga dihentikan mencampurkan ikan neon tetra dengan ikan yang lebih galak apalagi ikan jenis ikan predator, ikan neon tetra yakni ikan yang pendamai, sebaiknya anda campurkan dengan ikan yang seukuran atau yang tidak galak seperti, ikan gupy, ikan molly, platy atau jenis ikan lainnya yang bersifat pendamai.

Baca: Daftar Ikan Hias yang Bisa Dicampur dengan Ikan Lainnya di Dalam Akuarium

Ukuran akuarium bebas, tapi usahakan minimal berukuran 40 x 30 x 25. Untuk aquascape anda juga perlu menyediakan komponen utama ibarat tanaman, hardscape berupa kayu, watu atau karang.

5. Harga ikan neon tetra terbaru


 Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

Ikan mungil yang manis ini biasa dijual di pamasukan seharga Rp1.000 hingga Rp2.000, kalian cukup membawa uang Rp10.000 atau Rp20.000 sudah menerima beberapa ujung ikan neon tetra. Saat ini ikan neon sudah banyak dijual di toko online maupun offline, namun berhubung ikan ini sudah sangat pamasukan sebaiknya anda beli offline saja. Pasti banyak dijual di toko ikan.

6. Peluang bisnis ikan neon Tetra



Berhubung ikan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, maka hal ini menjadi peluang besar bagi anda pelaku bisnis ikan hias. Apalagi ikan neon tetra tergolong praktis dibudidayakan, tidak membutuhkan lahan dengan skala besar, kalian cukup menyediakan area di sekitar rumah anda.

Bagi saya yang sudah berpengalaman budidaya ikan, tetra itu ikan yang praktis dipijahkan, di sisi lain perawatan hingga pengembangbiakan juga gampang, yang penting anda mau disiplin dan banyak mencari gosip baik di sosial media maupun di internet. Atau sanggup pribadi tanya kepada yang sudah berpengalaman.

7. Teknik budidaya ikan neon tetra


 Memelihara ikan hias ialah hobi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan dan Pembudidayaannya

INI yang banyak ditunggu-tunggu. Bagaimana sih budidaya ikan neon tetra untuk pemula?

Untuk membudidayakan neon tetra yang pertama Anda harus menentukan indukan jantan dan betina yang bagus dan berkarakter. Sang induk betina harus unggul. Berikut ciri-ciri indukan ikan tetra yang berkarakter:

  • Ikan Tetra jantan mempunyai badan ramping sedangkan indukan betina terlihat agak gemuk perutnya.
  • Kedua induk dalam kondisi sehat tidak ada penyakit fisik sedikitpun. Misalnya jamuran atau cacat fisik.
  • Garis yang di tengah badan ikan neon terlihat lurus, sedangkan untuk betina biasanya terlihat bengkok.
  • Ikan neon jantan bergerak bernafsu namun untuk ikan betina biasanya agak lamban.
  • Terakhir, ikan neon jantan mempunyai badan yang panjang sedangkan yang betina cenderung pendek dan bundar serta mempunyai perut yang gemuk.

Sesudah anda mengetahui ciri-ciri induk yang berkarakter, selanjutnya persiapkan daerah pemijahan anda. Apa saja langkah-langkahnya?

  • Air yang dipakai harus membersihkan steril.
  • Gunakan air hujan pribadi yang ditampung menggunakan ember.
  • Kemudian rendam airnya selama 1-2 minggu.
  • Air mempunyai tingkat keasaman atau PH air minimal 6,4 dan suhunya diatur sekitar 25 derajat Celcius.
  • Tempat yang dipakai harus membersihkan jika contohnya menggunakan akuarium, maka dicuci dulu.
  • Sesudah air hujan ditampung selama 2 pekan, maka tinggal masukkan ke dalam daerah pemijahan yang sudah disiapkan tadi.
  • Kemudian ditetesi dengan rendaman kayu asam supaya kumannya hilang.
  • Sesudah ditetesi, maka direndam lagi kemudian didiamkan selama 2 hingga 3 hari.
  • Terakhir masukkan daun-daunan atau tumbuhan yg mengambang, berkhasiat untuk meletakkan telur telur neon tetra tersebut.

Jika sudah siap, mari kita melangkah ke proses perkawinan atau pembenihan ikan neon tetra:

  • Teknik pertama Anda harus memasukkan induk tetra jantan dan betina ke dalam wadah pemijahan, namun sebelumnya harus dipisahkan.
  • Jika sudah dimasukkan ikannya, tutuplah daerah itu tapi didiberi lubang cahaya sedikit semoga kalian sanggup melihat gerak-gerik ikan.
  • Apabila engkau melihat ikan jantan dan betina lagi kejaran kejaran, itu tandanya mereka sedang berusaha kawin.
  • Paling tidak usang lagi (sekitar 3 hari) telur-telur akan melekat pada daun daun atau akar tanaman.
  • Sesudah itu ambil induknya semoga tidak memakan telurnya, kemudian ditutup dengan kain hitam supaya tidak ada cahaya masuk.
  • Selang 3 hari biasanya telurnya tersebut akan menetas. Horeee
  • Anaknya yang sudah menetas didiberi pakan infusoria, yaitu kuman pembusukan pada daun kubis dan kol.
  • Selama waktu 2 hingga 3 ahad kalian sudah boleh membuka tutupnya.
  • Pemijahan sebaiknya dilakukan di kondisi yang lembab dan dingin, supaya dalam proses pembenihannya tidak terganggu dan ikan akan tumbuh dengan baik

Selanjutnya yakni tinggal pemamasukan ikan neon tetra, silakan pakai taktik pemamasukan yang bagus. Anda sanggup mengatakan ke pedagang ikan di sekitar Anda. Baca juga: 17 Jenis Ikan Tetra Paling Populer dan Gambarnya

Baik terima kasih itulah klarifikasi lengkap ihwal ikan neon Tetra dari mulai mengenal habitat hingga cara budidayanya, dari kami cukup sekian semoga bermanfaa

Post a Comment for "Ikan Hias Neon Tetra: Mengenal Ciri Ciri, Perawatan Dan Pembudidayaannya"