Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Bersahabat Burung Cipoh Yang Mungil Dan Menawan

Burung Cipoh yang mempunyai nama ilmiah aegithina tiphia, ialah burung kecil yang sering dipelihara sebagai burung kicau dan mempunyai banyak peminat alasannya ialah suaranya yang unik (simak: suara cipoh). Tubuhnya mungil didominasi dengan warna hijau kekuning-kuningan (hijau zaitun) serta terdapat juga warna hitam dan putih di bab akup.

 yang mempunyai nama ilmiah aegithina tiphia Mengenal Lebih Dekat Burung Cipoh yang Mungil dan Menawan

Khusus untuk jenis Cipoh Ekor Putih, terdapat juga warna hitam putih dibagian ujung. Di beberapa daerah, burung ini disebut juga dengan nama Burung Cipo, Cito, Cipoh, Sirpu, Sirtu, dan Burung Kunyit Kecil. Disebut burung kunyit alasannya ialah merujuk pada bulunya yang didominasi warna kuning layaknya kunyit.

Asal
Di Indonesia, Burung Cipoh Kacat banyak ditemukan di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Walau demikian, burung ini lebih banyak ditemukan di dua pulau yaitu Pulau Jawa dan Pulau Bali saja.

Selain di Indonesia, burung ini juga banyak ditemukan di negara tetangga ibarat Malaysia. Sedangkan di negara asia yang lainnya, Burung ini ditemukan juga di Philipina, India dan Persia.

Ciri-ciri Burung Cipoh
Burung ini mempunyai ukuran badan kurang lebih 14 cm dengan paruh berwarna abu-abu dan putih, mempunyai bulu yang didominasi warna hijau kekuning-kuningan. Di ujung akup terdapat warna hitam dan dipadukan juga dengan warna putih serta warna kuning.

Burung ini mempunyai bunyi yang khas. Siulan yang panjang dan diakhiri dengan nada kaget di bab akhirnya.

Habitat
Pada umumnya, Burung Cipoh ditemukan di tempat-tempat terbuka ibarat perkebunan, hutan sekunder dan tepi pantai. Burung ini jarang terlihat berjalan atau mencari makan di atas tanah. Dan, kebanyakan menghabiskan waktunya di cabang-cabang pohon yang rendah. Selain itu, burung juga menyukai semak-semak dan perbukitan dengan ketinggian 1500 sampai 2000 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Makanan
Di alam liar, burung ini sering mencari makan di semak-semak dan di dahan-dahan pohon. Diantara beberapa masakan yang disukai antara lain, telur serangga, serangga, nektar bunga dan biji-bijian. Sedangkan apabila dikembangbiakkan oleh para peternak, burung ini biasanya didiberikan makan voer, kroto atau jangkrik berukuran kecil.

Siklus Hidup
Burung Sirtu sering membuat masukang di tempat-tempat yang tidak terlalu tinggi. Ukuran masukang tersebut biasanya spesialuntuk 2,5 inchi dengan kedalaman sekitar 15 sampai 20 inci. Burung ini biasanya bertelur sebanyak dua sampai tiga butir. Proses pengeraman akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu. Warna telur burung ini cukup bervariasi. Mulai dari warna abu-abu, terdapat bercak berwarna merah, warna putih dan ada juga yang berwarna merah jambu.

Jenis Burung Cipoh
Sebenarnya ada empat jenis Burung Cipoh yang dikenal. Namun di Indonesia spesialuntuk terdapat dua jenis saja yaitu:

1. Cipoh Kacat yang mempunyai nama ilmiah aegithina tiphia, dan
2. Burung Cipoh Jantung yang biasa dikenal dengan nama aneh Green Iora. Jenis Burung Cipoh jantung lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan Cipoh Kacat.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Bersahabat Burung Cipoh Yang Mungil Dan Menawan"