Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Tledekan Laut

Burung Tledekan bergotong-royong bukan orisinil endemik Indonesia. Hadir dalam aneka macam jenis mulai dari Tledekan Laut, Tledekan Gunung yang dibedakan menjadi 2, yaitu Tledekan Gunung Jawa dan Tledekan Gunung Kalimantan, lalu terdapat juga Tledekan Kembang, dan Tledekan Bambu untuk sebutan lain dari Tledekan Gunung (baca selengkapnya: jenis tledekan).

Burung Tledekan bergotong-royong bukan orisinil endemik Indonesia Ciri-Ciri Burung Tledekan Laut

Burung Tledekan Laut atau yang mempunyai nama latin cyanoptila cyanomelana termasuk ke dalam famili burung muscicapidae dikenal sebagai burung yang kicauannya merdu dan lembut tetapi tidak sekeras kicauan Tledekan Gunung.

Beberapa orang menyebut Tledekan Laut dengan nama lain seperti, Sulingan Laut. Dikatakan sulingan Laut alasannya ialah burung ini mempunyai bunyi yang lembut ibarat siulan atau ibarat dengan bunyi seruling. Walaupun kicaunya tidak keras dan variasinya tidak begitu banyak, namun beberapa orang menyukainya alasannya ialah suaranya yang lembut tersebut.

Burung ini sejatinya berasal dari Negara Cina, Rusia dan Korea Utara. Beberapa diantaranya bahkan berasal dari Jepang serta Korea Selatan. Mereka hadir ke Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya ibarat Filipina, Sri Langka, dll biasanya untuk mencari lingkungan yang suasananya hangat. Terlebih, bila negara-negara yang sudah disebutkan sebelumnya berada pada demam isu dingin.

A. Makanan Tledekan Laut
Burung Tledekan Laut tentu saja tinggalnya juga di pinggir Laut ibarat di hutan-hutan bakau atau mangrove. Hal tersebut sanggup dilihat dari kebiasaanya membangun masukang menggelantung di pohon-pohon bakau. Burung ini sangat menyukai tawon, buah-buah kecil, larva, kumbang, dan aneka macam jenis ulat.

B. Ciri-ciri Tledekan Laut
Paruh Burung Tledekan Laut berwarna hitam pekat untuk burung jantan. Sedangkan burung betina tampak lebih terang.

Di bab dagu, lalu leher belakang, dan leher depan, serta di bab dada, burung ini didominasi dengan bulu berwarna hitam.

Warna putih tampak begitu kontras dengan badan burung yang terlihat mulai dari dada, perut, dan di bawah buntut.

Warna biru tampak pada bab atas kepala, di punggung dan di awal akup serta bab buntut.
Sedangkan untuk burung betina, kebanyakan mempunyai warna bulu abu-abu mulai dari kepala, leher, bahkan di dada. Bagian perut dan bawah pantat biasanya berwarna putih. Kita akan melihat akup burung ini sedikit berwarna biru dan bab ujung akup tersebut biasanya berwarna hitam.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Burung Tledekan Laut"