Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Bersahabat Burung Kacer Poci Atau Sekoci

Burung Kacer Dada Putih atau yang dikenal juga dengan nama Burung Kacer Poci ialah salah satu jenis burung petarung yang banyak ditemukan di hutan-hutan serta mempunyai sifat yang agresif. Burung ini dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang susah dijinakkan. Walau demikian, suaranya juga sanggup di-master sehingga mempunyai peminat yang cukup banyak. Namun dikala ini burung sedikit langka di pamasukan sebab pasokannya yang terus berkurang.

Di Indonesia, Burung Kacer sanggup ditemukan di beberapa pulau ibarat Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali dan juga Pulau Jawa.

Burung Kacer Dada Putih atau yang dikenal juga dengan nama Burung  Mengenal Lebih Dekat Burung Kacer Poci atau Sekoci

Di tempat Jawa Barat, burung ini dikenal dengan nama Kacer Priangan, lalu di Kalimantan burung ini dikenal dengan nama Kacer Bulan. Burung Kacer Poci sangat disukai sebab mempunyai bunyi yang jernih kolam kristal dan lebih baik dibandingkan dengan Kacer Hitam.

Ciri Burung Kacer Poci
Beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki oleh Burung Kacer Poci jantan maupun betina diantaranya adalah,
  • Memiliki warna bulu hitam mengkilat, baik di pecahan kepala sampai ke pecahan dada dan di pecahan punggung.
  • Dinamakan Kacer Poci sebab mempunyai warna putih di pecahan perut sampai ke pecahan pantat, Kemudian terdapat juga dibawah buntut, warna putih juga sanggup kita lihat di pecahan akup.
  • Burung ini mempunyai paruh berwarna hitam yang cukup lancip dengan buntut panjang yang melebar di ujungnya.
Perawatan
Secara umum, burung ini memang galak dan diharapkan kesabaran dari pemiliknya. Perawatan burung ini mencakup perawatan sangkar atau sanggar, masakan dan juga minuman serta setting harian.

A. Kandang
Idealnya, sangkar burung untuk Kacer berukuran antara 40 cm x 40cm x 60 cm. Selain memakai sangkar segi empat, anda juga sanggup membuat sangkar melingkar yang berdiameter 40 cm dengan tinggi 60 sampai 80 cm. Di dalam sangkar anda harus menyediakan tempat nangkring berupa batang pohon atau kayu.

B. Pakan
Di alam liar, burung ini menyukai serangga, belalang, ulat bambu, cacing dan beberapa hewan kecil.
Namun, para penangkar biasanya mempersembahkan voer untuk burung ini dan mempersembahkan beberapa masakan ekstra berupa kroto, ulat hongkong, jangkrik, orong-orong, dan lain-lain.

C. Setting Harian
Setting harian Burung Kacer Poci tidak tidak sama dengan burung kicau lainnya seperti, Burung Lovebird, Burung Murai Batu, dll.
  • Pada pagi hari burung sebelum dimandikan harus diangin-anginkan terlebih lampau, kemudian
  • Dimandikan dengan metode keramba atau semprot. Sesudah itu
  • Burung di jemur dan diangin-anginkan kembali.
  • Pada dikala burung dijemur, burung sanggup didiberikan extra food atau masakan pemanis yang bergizi ibarat jangkrik masakan ekstra lainnya.
  • Burung ini tidak harus dikerodong. Namun, sebaiknya pada malam hari dilindungi dari pemangsa lain atau untuk lebih amannya sanggup di krodong biar tidak diganggu nyamuk dan dingin.
Menjinakkan Burung Kacer
Menjinakan Burung Kacer ialah pecahan dari perawatan untuk menghasilkan burung yang akan di jadikan sebagai gacoan atau dijadikan sebagai induk dalam proses breeding. Setiap orang tentu saja mempunyai caranya sendiri sendiri dalam menjinakkan burung. Namun ada beberapa tips umum yang sanggup anda ikuti diantaranya adalah,

Selengkapnya sanggup nada simak terkena cara merawat burung kacer.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Bersahabat Burung Kacer Poci Atau Sekoci"