Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Erat Burung Jalak Nias Beserta Ciri-Cirinya

Sebelumnya sudah kami ulas terkena tips ternak burung jalak Suren, kali ini kami akan mengulas wacana burung jalak Nias. Burung Jalak termasuk juga ke dalam keluarga Burung Beo sehingga tidak mengherankan apabila beberapa di antara jenis-jenis Jalak yang ada, dapat dilatih untuk berbicara. Itulah alasan mengapa burung ini banyak diburu selain untuk ditangkar. Beberapa jenis Burung Jalak yang sudah mulai terancam punah di antaranya yakni Burung Jalak Suren dan Burung Jalak Bali.

Burung yang populer mempunyai kecerdasan di atas rata-rata burung lain, dan akil menirukan banyak sekali bunyi burung serta bunyi insan ini menyebabkannya banyak diperjual-belikan di Indonesia. Jalak Nias atau yang mempunyai nama ilmiah achridotheres tristris ini bahwasanya masih berada di bawah Beo dalam hal keahlian berbicara. Hanya saja burung ini apabila terus dilatih dapat menirukan kalimat-kalimat atau ucapan-ucapan pendek yang berasal dari manusia.

Sebelumnya sudah kami ulas terkena tips  Mengenal Lebih Dekat Burung Jalak Nias Beserta Ciri-Cirinya

A. Ciri-ciri Burung Jalak Nias
Burung Jalak Nias mempunyai beberapa ciri-ciri umum diantaranya adalah, mempunyai dominasi bulu warna coklat hampir di seluruh tubuhnya. Walau demikian, beberapa belahan badan lainnya ada juga yang berwarna hitam, putih, dan kuning gading.

Bagian paru dan kulit mata tanpa bulu berwarna kuning gading, begitu juga dengan kaki-kakinya. Sedangkan di belahan kepala sampai ke belahan tenggorokan burung ini didominasi dengan warna hitam keabu-abuan. Warna hitam juga dapat kita temukan di belahan tubuhnya yang lain menyerupai di belahan ujung akup dan buntut.

Warna perut dan pantat serta di bawah buntut kebanyakan didominasi oleh warna putih.
Panjang badan burung ini untuk jantan sekitaran 23 sampai 25 cm.

B. Asal dan Habitat Jalak Nias
Burung ini banyak ditemukan di Asia Tenggara menyerupai Indonesia. Tidak spesialuntuk itu, bahwasanya burung ini juga bahkan ditemukan di beberapa daerah lain seperti, dataran Afrika dan Eropa.
Burung ini sering dijumpai mencari makan di pohon-pohon besar dan di perkampungan. Tidak jarang burung ini terlihat mencari biji-bijian dan memakan buah-buahan.

C. Perawatan Burung Jalak Nias
Tujuan utama dari penangkaran atau pemeliharaan burung ini yakni untuk melatihnya berbicara. Bagi anda yang tertarik untuk membeli burung ini dan ingin melatihnya berbicara atau untuk melatihnya berkicau, diberikut yakni beberapa tips yang dapat anda ikuti.

1. Perhatikan Kemembersihkanan
Pertama, kemembersihkanan sangkar dan kemembersihkanan burung harus selalu terjaga. Burung ini sangat suka dengan air sehingga anda harus secara rutin memandikannya atau apabila anda meletakkannya di dalam sangkar yang besar, tidakboleh lupa untuk menempatkan bejana atau kolam berukuran besar yang diisi dengan air.

2. Mandi
Kemudian sebelum didiberi makan, burung juga sebaiknya dimandikan contohnya pada siang hari dan pada sore hari. Teknik memandikannya, anda dapat melakukannya dengan metode semprot sampai burung lembap kuyup. Metode ini dipercaya dapat membuat burung menjadi lebih jinak dan lebih berteman bersahabat dengan manusia.

3. Pakan
Sesudah dimandikan burung kemudian didiberikan makanan berupa hewan binatang kecil atau serangga serangga kecil menyerupai jangkrik, kroto, cacing dan lain-lain. Selain makanan tersebut anda juga dapat mempersembahkannya buah-buahan menyerupai buah pisang atau buah pepaya yang sudah matang.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Erat Burung Jalak Nias Beserta Ciri-Cirinya"