Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyediakan Sarana-Sarana Pendukung Akal Daya Burung Cucak Hijau

Sesudah anda menyiapkan sangkar budid daya cucak hijau model sangkar maupun penangkaran, langkah selanjutnya ialah menyediakan masukana-masukana pendukung akal daya. Sarana-masukana pendukung tersebut dimaksudkan untuk megampangkan anda dalam menjalankan akal daya, di samping juga menghias sangkar semoga terlihat ibarat habitat aslinya.

Nah, yang termasuk dalam kategori masukana-masukana pendukung akal daya, antara lain sebagai diberikut:

Sesudah anda menyiapkan sangkar budid daya cucak hijau model sangkar maupun penangkaran Menyediakan Sarana-Sarana Pendukung Budi Daya Burung Cucak Hijau

1. Dahan kayu (untuk tangkenteng)
Dahan kayu yang diperuntukkan sebagai tangkenteng cucak hijau perlu disesiakan di dalam sangkar akal daya, baik model sangkar maupun penangkaran.Dahan kayu ini bias dipilih dari pohon asam, manga, mahoni, dan sebagainya. Yang terpenting, dahan kayu tersebut mempunyai permukaan yang halus supaya tidak melukai telapak kaki cucak hijau. Selain itu, diameternya juga harus ideal dengan lingkar telapak kaki cucak hijau supaya tidak cepat membuat lelah telapak kaki cucak hijau. Jumlah dahan kayu yang disesiakan di dalam sangkar akal daya cucak hijau ini bias satu, dua, atau tiga buah, tergantung dari harapan dan luas kandangnya.

2. Box masukang
Box masukang perlu diletakkan di dalam sangkar akal daya cucak hijau, baik model sangkar maupun penangkaran. Box ini diperuntukkan sebagai kawasan bertelur dan membesarkan anak bagi calon indukan cucak hijau betina yang sudah dikawini calon indukan cucak hijau jantan. Untuk itu, ukuran harus ideal, dalam artian bias bias menampung badan calon indukan cucak hijau betina beserta dua atau tiga ujung anaknya. Box masukang ini bias dibentuk sendiri memakai kayu berukuran tipis (tripleks) atau kardus. Tetapi, bagi anda yang tidak mau repot menciptakannya, anda sanggup membelinya di took-toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung dengan harga kimasukan Rp. 5.000 sampai Rp. 7.000. Untuk penempatannya, box diikat. Jangan lupa juga, sebelum box masukang diletakkan di dalam kandang, di dalamnya harus diisi serabut-serabut halus. Tujuannya ialah untuk megampangkan dan mempercepat calon indukan cucak hijaubetina membuat masukang.

3. Wadah pakan
Untuk sangkar akal daya cucak hijau model sangkar, wadah pakan yang dipakai sebaiknya dipilih dari materi dasar plastik. Sementara, untuk sangkar akal daya cucak hijau model penangkaran, wadah pakan yang dipakai sebaiknya dari materi dasar tanah liat. Ukuran dari wadah pakan tersebut tentunya harus sesuai luas kandang. Selain itu, wadah pakan juga harus praktis dipasang dan diambil dari sangkar untuk dimembersihkankan, sehingga tidak menyimpan sisa-sisa pakan yang justru menjadi masukang bibit penyakit berbahaya. Wadah pakan dengan ciri tersebut bias dibeli di took-toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung. Harganya juga relative murah, diberisar antara Rp. 500 sampai Rp. 3.000 rupiah tergantung dari model dan ukuran. Sementara, untuk penempatannya wadah pakan diletakkan di kawasan yang berlawanan dengan wadah minum untuk menghindari terjadinya kontaminasi antara pakan dengan air minum yang disesiakan.

4. Wadah minum
Untuk sangkar akal daya cucak hijau, baik model sangkar maupun penangkaran, wadah minum yang dipakai sebaiknya dipilih dari materi dasar plastic. Wadah minum ibarat ini bias dibeli di toko-toko khusus menjual pakan dan perlengkapanperlengkapan burung. Harganya sangat murah, yakni berkisar antara Rp. 500 sampai Rp. 2.000 rupiah tergantung model dan ukuran. Wadah minum ini diletakkan di kawasan yang berlawanan dengan wadah pakan. Hal ini sekali lagi dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kontaminasi antara air minum dengan pakan dan membuat air minum yang disediakan menjadi keruh, bahkan rasanya berubah, sehingga cucak hijau enggan meminumnya.

5. Tempat karamba
Tempat karamba juga perlu disediakan khusus untuk sangkar akal daya cucak hijau model penangkaran. Tempat karamba difungsikan sebagai kawasan mandi bagi calon pasangan indukan cucak hijau yang berada di dalam sangkar penangkaran, supaya keindahan bulu-bulunya sanggup terjaga dengan baik. Maka, dalam kesehariannya. Kemembersihkanan airnya juga harus selalu dijaga dengan cara rutin menggantinya dua kali sehari, yakni pada ukul 07.30 dan 16.30. Tempat karamba yang diilih sanggup terbuat dari materi dasar seng yang juga sanggup didapatkan di took-toko yang menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung. (penulis: Om Shodiq Gacor)

Post a Comment for "Menyediakan Sarana-Sarana Pendukung Akal Daya Burung Cucak Hijau"