Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia 1 Hari Hingga Panen

Lintas TernakPanduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia 1 Hari Sampai Pguan - Ayam Kampung Super atau yang disebut dengan joper yaitu salah satu persilangan genetik ayam kampung dengan ayam-ayam lain yang mempunyai genetik lebih dibandingkan dengan ayam kampung pada umumnya.Ayam kampung masa pguan lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung asli.Biasanya umur 2 bulan lebih dikit sudah dapat dipguan.Ayam kampung super mulai dilirik para pengusaha ternak,selain tidak membutuhkan daerah luas ,kandang tidak bau,pemeliharaan lebih praktis dibandingkan dengan ternak lainnya,Permintaan ayam jawa super di pamasukan juga sangat banyak.

Mungkin khususnya bagi pemula akan menjadi permasalahan tersendiri alasannya belum memahami huruf dari ayam tersebut.Biasanya hal paling susah dialami pemula ketika memelihara DOC ayam joper umur 1 – 21 hari.Umur ini memang sangat rentan terhadap kematian,anda harus benar-benar mempersembahkan perhatian ekstra pada usia ini.Memang fase ini disebut-sebut fase paling susah dan banyak dipertanyakan oleh peternak ayam jawa super pemula.Untuk itu admin akan mempersembahkan Panduan Pemeliharaan Ayam Jawa Super Umur 1-21 hari dan 21 Hari Sampai Pguan.

Panduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia  Panduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia 1 Hari Sampai Pguan

Hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika DOC ayam joper datang hingga umur ke 21 hari .Perhatikan dibawah ini :

1.Kondisi dalam kotak indukan air minum didiberi obat antibiotic dan vitamin.Pakan siapkan di feeder chick dan lantai koran.

2.Lakukan vaksinasi tetes ND B1 (pada bab hidung ,mata,mulut) satu tetes saja namun harus anda pastikan vaksin tersebut benar-benar masuk.

3.Sesudah final vaksin ,tutup indukan dengan rapat

4.Jauhkan dari lokasi bawah umur dan predator lainnya dan tidakboleh hingga membuat gaduh dilokasi kandang.Sebaiknya anda taruh lokasi sangkar tersebut ditempat tenang.

5.Pakan harus anda perhatikan,tidakboleh hingga kehabisan dan ketika mempersembahkan makan tidakboleh kebanyakan.Untuk masalaha air minum setiap hari harus diganti.Gunakan air membersihkan.

6.Pada hari pertama daerah minum DOC didiberi watu biar DOC tidak renang didalamnya dan tidak terjadi kematian.Pada hari kedua atau ketiga anda dapat ambil kerikil-kerikil tersebut.

7.Sekitar seminggu tutup harus rapat .Hari ke -8 hingga ke-21 lihat kondisi ayam ,apabila kondisinya ungkep atau kegerahan dapat dibuka sedikit penutupnya.

8.Hari ke-7 diberikan vaksinasi HN Lsota lewat air minum.Puasakan DOC antara 1 ampe 2 jam sebelum dilakukan vaksin.Hal ini bertujuan biar pada ketika vaksinasi biar habis terkonsumsi .Kemudian diberikan air minum dan vitamin.

9.Pada hari ke-10 – 14 lakukan vaksinasi gumboro B lewat air minum .Pada mempersembahkannya menyerupai point 9.

10.Sesudah DOC umur 15 – 21 hari ayam dapat dilepas dari kotak indukan (Hal ini tergantung cuaca)

Hal-hal yang perlu anda perhatikan setelah DOC lepas dari indukan dalam pemeliharaan ayam super umur 21 hari hingga pguan :

1.Berikan lampu penerang dan cukup menerangi sangkar sehingga ayam isa dengan praktis melaksanakan kegiatan makan dan minum.

2.Ingat untuk pemdiberian makan dan minumharus teratur dilakukan setiap hari.

3.Air minum dan pakan harus tersedia setiap hari.Pakan dan air minum tidakboleh boleh telat.

4.Pada ketika pemdiberian pakan dihentikan asal-asalan,anda harus memperhatikan kemembersihkanannya.

5.Tempat pakan 1 buah untuk kapasitas ayam 50 – 100buntut.Tempat minum didiberikan secukupnya biar tidak hingga kehabisan sekali periode pemdiberian minum.

6.Pemdiberian empon-empon atau obat tradisional boleh dilakukan setiap hari melalui air minum.

8. Bila ada gejala ayam sakit segera dipisahkan tidakboleh ditunda-tunda dengan alasan apapun untuk perlakuan selanjutnya biar kondisi tidak lebih parah dan menular ke ayam lain atau sangkar lain.

9. Lakukan pengamatan kondisi ayam setiap hari, gejala ayam sakit contohnya nyekukruk, tidak bregas, ngorok , pilek, kepala bengkak, mata menutup ke atas atau ke bawah, kanibal , konsumsi pakan atau minum menurun dibanding hari biasanya, kematian, dll.Segera dipisahkan dan diobati

Demikianlah Hal-hal yang harus anda perhatikan DOC Ayam Kampung Super Mulai dari Usia 1 Hari hingga Masa Pguan.Pemeliharaan yang sempurna memang menjadi salah satu faktor kunci sukses mebudidayakan ayam jawa super.Selalu gal pengalaman untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada ayam jawa super.Semoga sukses

Post a Comment for "Panduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia 1 Hari Hingga Panen"